Rekomendasi Makanan Untuk Kucing Menyusui

Induk kucing yang menyusui tentu membutuhkan asupan makanan dan nutrisi yang lebih banyak dibandingkan dengan makanan yang dimakan oleh kucing pada normalnya. Agar induk dan bayi yang menyusu mendapatkan nutrisi yang cukup dan layak, sobat bisa memberikan beberapa pilihan makanan untuk kucing menyusui yang akan diulas dibawah ini.

Berikut ini beberapa prioritas nutrisi yang harus dikonsumsi oleh induk kucing yang sedang menyusui:

  • Kalsium dan fosfor untuk menunjang pertumbuhan tulang bayi kucing serta untuk menambah produksi air susu.
  • Kalori untuk pertumbuhan bayi kucing dan produksi air susu serta energi untuk induk kucing.
  • Kaya Protein hewani tinggi untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan bayi-bayi kucing.
  • Lemak untuk menunjang energi induk yang menyusui.
  • Makanan dengan kadar air yang cukup.
  • Asam lemak omega-3 dan omega-6.
  • Karbohidrat.

Semua kebutuhan nutrisi diatas terutama Protein bisa ditemukan pada makanan yang diformulasikan untuk anak-anak kucing. Makanan anak kucing memiliki kandungan Protein yang paling banyak karena memang berfungsi untuk menunjang pertumbuhan anak-anak kucing yang cepat.

Berikut ini beberapa merk makanan kucing yang sangat direkomendasikan untuk induk yang sedang menyusui. Pilih saja makanan yang mudah dibeli dan sesuai dengan kemampuan finansial yang sobat miliki.

Makanan Untuk Kucing Menyusui

Royal Canin Mother & Baby Cat

Makanan untuk kucing menyusui
Royal Canin Mother & Baby Cat (sumber gambar Royan Canin Indonesia)

Makanan kucing premium yang diformulasikan khusus untuk induk menyusui dan anak-anak kucing yang mulai belajar makan. Mengandung antioksidan, DHA dan asam lemak Omega-3 yang berfungsi untuk menunjang pertumbuhan anak-anak kucing.

PRO PLAN Kitten

Makanan untuk kucing menyusui
PRO PLAN Kitten untuk induk kucing yang menyusui

Makanan khusus anak kucing namun sangat ideal dikonsumsi oleh indukan yang sedang menyusui. Memiliki formulasi khusus untuk membantu kesehatan pencernaan anak kucing serta Kolostrum untuk menjaga dan memperkuat kekebalan tubuh bayi-bayi kucing.

Kitchen Flavor Baby Cat And Kitten

Makanan untuk kucing menyusui
Kitchen Flavor Baby Cat And Kitten untuk induk kucing menyusui

Kitchen Flavor Baby Cat And Kitten juga sangat bagus diberikan kepada induk kucing yang sedan menyusui bayi-bayi kucing. Kandungan protein yang tinggi akan membantu tumbuh kembang bayi-bayi kucing dengan cepat. Makanan kelas premium dengan harga terjangkau serta mampu memberikan hasil yang memuaskan bagi kucing.

Royan Canin Kitten

Makanan untuk kucing menyusui
Royan Canin Kitten untuk induk menyusui

Makanan anak kucing dengan kandungan tinggi protein, kandungan antioksidan, dan berbagai Vitamin pendukung. Ideal diberikan sebagai makanan untuk kucing menyusui meski sebenarnya diformulasikan khusus untuk anak-anak kucing.

Im Organic Kitten Baby & Mom

Makanan untuk kucing menyusui
Im Organic Kitten Baby & Mom untuk kucing menyusui (sumber gambar Tokopedia)

Im Organic Kitten Baby & Mom adalah makanan yang ideal diberikan kepada induk kucing yang sedang menyusui. Formulasi nutrisi dan gizi pada makanan ini seperti kandungan vitamin C dan E yang bagus untuk menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh, kandungan DHA, minyak ikan, serta kandungan Protein yang sangat tinggi. Dari segi harga juga cukup terjangkau.

Felibite Mother & Kitten

Makanan untuk kucing menyusui
Felibite Mother & Kitten

Felibite Mother & Kitten adalah makanan kucing multifungsi yang diformulasikan khusus untuk indukan selama hamil dan menyusui serta untuk anakan. Diperkaya dengan minyak salmon dan susu tinggi kalsium untuk masa pertumbuhan anak kucing serta masa hamil dan menyusui bagi induk (sumber).

Royal Canin Pro Queen

Makanan untuk kucing menyusui
Royal Canin Pro Queen untuk indukan menyusui

Royal Canin Pro Queen adalah makanan khusus kucing betina yang diformulasikan untuk mendukung proses persiapan menjadi induk kucing. Nutrisi yang terdapat pada makanan ini diolah sedemikian rupa agar kucing betina menjalani proses birahi, hamil, melahirkan dan kemudian menyusui dengan baik. Sangat direkomendasikan sebagai makanan untuk kucing menyusui.

Baca juga: Rekomendasi Makanan Anak Kucing Berkualitas dan Bergizi

Kucingmania.net

Makanan Alami

Selain memberikan makanan kucing seperti yang sudah disebutkan diatas, ada beberapa makanan alami yang sangat baik diberikan kepada kucing yang sedang menyusui, yaitu:

  • Ikan tuna kukus.
  • Daging sapi (daging giling).
  • Daging ayam kukus (ayam suwir atau ayam giling).
  • Ikan salmon kukus.
  • Hati ayam kukus.
  • Hati sapi kukus.
  • Ayam kalkun kukus.
Makanan untuk kucing menyusui
Ikan tuna sangat baik untuk kucing menyusui

Tips dan Hal Penting

Beberapa hal penting yang harus diperhatikan ketika induk kucing sedang menyusui adalah:

  • Pastikan induk kucing minum dengan cukup. Ketika menyusui, tubuh induk kucing akan selalu kehilangan cairan dalam jumlah banyak.
  • Berikan makanan dengan kandungan air yang cukup.
  • Jika hanya makan makanan kering, pastikan minumnya juga lebih dari cukup.
  • Jangan sampai makanannya kosong, pastikan induk kucing cukup mendapatkan makanan.
  • Rutin berikan kuning telur setidaknya setiap dua hari.
  • Memberikan kaldu ayam juga sangat baik bagi induk kucing yang menyusui.

Kesimpulan

Induk kucing yang menyusui membutuhkan porsi makanan lebih besar jika dibandingkan dengan porsi makanan kucing normal pada umumnya. Berikan makanan yang mengandung nutrisi tepat agar induk kucing tetap fit dan mampu memproduksi air susu yang cukup untuk bayi-bayi kucing. Selain itu pastikan juga induk kucing mendapatkan makanan dan minuman yang lebih dari cukup.

Bagikan di:

Tinggalkan komentar