Cara Memberikan Kuning Telur Pada Kucing

Kuning telur memiliki beberapa manfaat bagi kucing. Apa saja manfaat dan bagaimana cara memberikan kuning telur pada kucing bisa sobat baca disini.

Selain memberikan makanan, salah satu tambahan lain yang bisa kita berikan kepada kucing adalah memberikan mereka nutrisi tambahan diluar makanan pokok. Memberikan kuning telur kepada kucing memiliki beragam manfaat. Namun sobat mungkin masih bingung bagaimana cara memberikan kuning telur pada kucing?

Cara Memberikan Kuning Telur Pada Kucing
Cara memberikan kuning telur pada kucing

Telur memiliki kandungan kalori dimana bagian terbanyak kalori terkandung di kuning telurnya. Kalori adalah sumber energi bagi siapapun yang mengkonsumsinya. Kandungan lain adalah protein yang sangat bagus untuk membantu perkembangan.

Semua manfaat tersebut juga berlaku jika kita memberikan kuning telur kepada kucing. Berikut ini beberapa manfaat kuning telur bagi kucing:

  • Menjaga dan meningkatkan nafsu makan
  • Membantu dan menjaga pertumbuhan bulu
  • Membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi
  • Telur juga mengandung Omega-3 yang sangat baik untuk kucing
  • Menambah stamina
  • Menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh
  • Baik untuk membantu kesembuhan kucing sakit.

Nah itulah beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh kucing kita setelah mengkonsumsi kuning telur. Kembali ke pertanyaan sebelumnya, bagaimana sih cara memberikan kuning telur pada kucing?

Cara Memberikan Kuning Telur Pada Kucing

1. Berikan secara mentah. Pisahkan bagian putih dan hanya berikan bagian kuning telur. Sajikan langsung kepada kucing dengan menaruh kuning telur di mangkuk atau piring makannya.

2. Campur dengan wet food. Jika kucing dirasa sulit atau kurang respon ketika diberi kuning telur, campur saja kuning telur dengan wet food. Kocok-kocok kuning telur dengan wet food agar tercampur dengan rata.

3. Campur dengan madu. Mencampur kuning telur dengan madu terbukti sangat baik untuk kucing. Perpaduan ini sangat bagus untuk menambah stamina kucing. Cocok diberikan kepada kucing yang sangat aktif, sakit, perawatan setelah sakit dan setelah melahirkan.

Cara Memberikan Kuning Telur Pada Kucing
Dua kucing saya sangat doyan dengan kuning telur

4. Rebus setengah matang. Cara memberikan kuning telur pada kucing yang berikutnya yaitu bisa dengan memberikannya setelah direbus setengah matang. Suguhkan ketika dalam keadaan hangat atau sebelum benar-benar dingin. Pastikan tidak memberikan tambahan bumbu seperti garam.

5. Kuning telur dicampur dengan madu plus minyak ikan memberikan efek yang sangat baik bagi kucing terutama dalam menjaga kesehatan kulit dan bulu kucing.

6. Perpaduan berikutnya dalam memberikan kuning telur pada kucing yang terbukti sangat baik adalah dengan menambahkan madu plus VCO (Virgin Coconut Oil) ke dalam kuning telur.

7. Kuning telur dicampur dengan tempe kukus juga sangat baik menjaga pencernaan kucing dan dalam beberapa pengalaman terbukti mampu membantu menggemukkan kucing. Ada baiknya tempe dipotong dalam bentuk kecil-kecil atau diparut menggunakan parutan keju kemudian dikukus dan setelah itu dilumuri kuning telur.

8. Campuran berikutnya yang sangat baik dalam memberikan kuning telur adalah dengan memberikan campuran kuning telur + madu + VCO + susu Bear Brand.

Cara Memberikan Kuning Telur Pada Kucing
Cara Memberikan Kuning Telur Pada Kucing

TIPS:

  1. Telur yang bagus adalah telur ayam kampung. Namun tidak masalah menggunakan telur ayam biasa atau telur bebek
  2. Sajikan kuning telur baik secara mentah atau setengah matang tanpa memberikan bumbu tambahan
  3. Jika kucing tidak mau makan kuning telur (terutama kucing yang sedang sakit atau nafsu makan rendah), sobat bisa memberikan kuning telur melalui pipet, spuit atau alat suntik tanpa jarumnya. Masukkan kuning telur ke dalam suntikan dan kemudian masukkan alat suntik/spuit melalui mulut bagian samping agar kucing tidak tersedak.

Baca juga:

Wah ternyata manfaat kuning telur sangat bagus ya bagi kucing. Untuk menjaga kesehatan kucing, sobat bisa memberikan kuning telur secara rutin seminggu dua kali. Saya berharap sobat sudah paham manfaat dan cara memberikan kuning telur pada kucing setelah membaca tulisan diatas. Semoga berhasil dan bermanfaat.

Kurang lebih 20 tahun berkutat dengan dunia kucing. Mengabdikan sebagian hidupnya melayani 5 ekor kucing peliharaan. Senang mempelajari perilaku kucing dan membagikan pengetahuan tentang kucing dengan para pecinta kucing.

48 pemikiran pada “Cara Memberikan Kuning Telur Pada Kucing”

  1. Kucing ku baru2 ini sakit flu dia bersin terus apakah bagus jika di kasih kuning telur+madu dan obat flu

    Balas
    • Jangan diberi obat flu manusia ya kak, berbahaya. Kuning telur + madu boleh untuk mengembalikan daya tahan. Kalau memungkinkan juga bisa diberikan multivitamin seperti biolysin. Dan jemur juga pagi hari jam 9 an sekitar 10 menit.

      Balas
  2. Kak.. untuk 1 kuning telur, berapa sendok ngasih madunya? Apakah adonan itu harus dihabiskan seketika? Atau boleh disimpan untuk diberikan lg nanti ? Kucingku usia 1 th tiba2 seperti sakit, diem sj, ndak mau makan. Tak kasih minum bear brand, 15 mnt kemudian muntah. Dia komat kamit jilat2 bibir seakan kering. Mohon sarannya kak..

    Balas
    • Madu 1 sendok kecil saja kak, idealnya memang harus langsung habis, karena kalau dibiarkan lama-lama kuning telurnya bisa mengering. Kalau ada gejala sakit, segera diberi multivitamin juga ya, bisa Biolysin sirup atau Imboost Kids Sirup, beri aja dengan dosis 1cc pagi dan sore (pakai pipet atau spuit kecil ukuran 1 ml atau 1 cc). Oiya dan jangan lupa dijemur pagi ya jam 9 an, 5-10 menit saja cukup.

      Balas

Tinggalkan komentar