Review Makanan Kucing Kitchen Flavor Beauty

Memberi makan kucing bisa dikatakan cocok-cocokan. Saya sudah mencoba berbagai merk makanan kucing dengan rentang harga mulai yang murah hingga yang cukup mahal. Salah satunya adalah makanan kucing Kitchen Flavor Beauty. Apa yang membuat makanan kucing ini menarik?

Beberapa tahun memelihara kucing, ada berbagai merk makanan yang sudah saya coba untuk kucing-kucing peliharaan saya. Mulai dari makanan kucing yang murah seperti Bolt dan Maxi hingga yang berharga (menurut saya) mahal seperti Royal Canin dan Pro Plan.

Semua merk makanan kucing mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun saya berani memastikan jika makanan kelas premium memiliki banyak kelebihan dibandingkan kekurangannya. Kelemahan utamanya adalah harganya cukup menguras kantong apalagi ketika itu ada cukup banyak kucing di rumah saya.

Namun diantara beberapa merk yang sudah pernah saya coba, ada satu merk yang membuat saya terkesan. Harga bersahabat namun kualitasnya premium.

Merk tersebut adalah Kitchen Flavor. Makanan ini adalah produk dari Cina. Ketika memikirkan produk dari Cina, mungkin sebagian dari kita berpikir sinis dan negatif. Terutama terkait makanan yang seperti kita tahu di Cina makanan-makanan dari bahan ekstrim sudah lumrah ditemui.

Bagaimana dengan Kitchen Flavor apakah mengandung bahan-bahan yang “mengerikan”?

Dilihat dari kemasannya, Kitchen Flavor memberi klaim dan janji jika makanan ini tidak mengandung babi. Jika hal ini benar adanya, meski ini adalah makanan kucing, tentu saja hal ini adalah kelebihan yang cukup positif.

Kitchen Flavor mengeluarkan tiga jenis makanan kucing yang berbeda, yaitu:

  • Kitchen Flavor Beauty.
  • Kitchen Flavor Baby Cat & Kitten Food.
  • Kitchen Flavor Adult Cat Food.

Dari ketiga jenis tersebut, saya akan mengulas makanan kucing Kitchen Flavor Beauty. Apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari Kitchen Flavor Beauty?

Makanan Kucing Kitchen Flavor Beauty

Bahan Makanan

Semua jenis makanan dari Kitchen Flavor sudah grain free (tanpa biji-bijian). Apa maksudnya grain free ini dan apakah memang bagus untuk kucing?

Review Makanan Kucing Kitchen Flavor Beauty
Kandungan makanan kucing Kitchen Flavor Beauty

Hampir semua produk makanan kering kucing menggunakan bahan-bahan dasar dari biji-bijian seperti kedelai, gandum, jagung dan beras. Untuk beberapa kucing, biji-bijian ini memberikan efek kurang baik seperti:

  • Alergi (gatal-gatal, radang kulit dan masalah alergi lainnya).
  • Bulu rontok.
  • Kebotakan.

Jika kucing sobat mengalami masalah diatas, makanan kucing bisa menjadi “tersangka” utamanya (selain gangguan kesehatan).

Baca juga: Pilihan Makanan Kucing Murah Harga Hemat

Kucingmania.net

Oke kita kembali ke Kitchen Flavor Beauty…

Dengan kandungan bebas biji-bijian, tentu ini adalah sebuah nilai plus makanan ini. Selain itu, kandungan makanan kucing Kitchen Flavor Beauty adalah:

  • Crude Protein 31.0 %.
  • Crude Fat 12.0 %.
  • Crude Fiber 5.0 %.
  • Crude Ash 10.0 %.
  • Calsium 1.0 %.
  • Phosporus 0.8 %.
  • Taurine 0.2 %.
  • Moisture 10.0 %.
  • Tanpa daging sapi.
  • Tanpa tambahan susu.
  • Tanpa biji-bijian.
  • Tanpa kedelai.
  • Tanpa gluten.

Nilai plus lainnya adalah makanan kucing Kitchen Flavor Beauty ini bisa untuk semua kucing segala usia.

Review Makanan Kucing Kitchen Flavor Beauty
Kandungan bahan Kitchen Flavor Beauty

Bentuk Makanan

Bentuk makanan (kibble) makanan ini kecil-kecil. Dengan struktur kibble yang kecil-kecil seperti ini, tentu saja makanan ini cocok untuk dimakan anak-anak kucing. Warnanya coklat gelap, sedikit mengkilat dengan aroma yang tidak terlalu tajam. Dan ada potongan daging kecil yang keras.

Review Makanan Kucing Kitchen Flavor Beauty
Kibble Kitchen Flavor Beauty kecil, cocok untuk semua usia kucing

Semua kucing saya langsung lahap disuguhi makanan ini. Namun pada dasarnya hampir semua kucing saya tidak rewel atau fanatik pada merk makanan tertentu. Sejauh ini sudah saya cobakan beberapa merk makanan kering kucing dan semuanya mereka lahap dengan nikmat.

Kekurangan Makanan Kucing Kitchen Flavor Beauty

Sejauh ini (hampir 6 bulan), sebenarnya tidak ada kelemahan utama dari makanan kucing Kitchen Flavor Beauty. Kekurangan berikut ini hanya bersifat relatif dan tidak mengurangi kelebihannya. Menurut saya, kekurangan Kitchen Flavor Beauty adalah:

  1. Sulit ditemukan di petshop terdekat dari rumah. Saya selalu membelinya online, jadi cukup merepotkan jika tidak segera tersedia ketika makanan ini habis.
  2. Harga cukup mahal jika membeli offline dan jarak petshop yang menjual makanan ini jauh dari rumah.

Tidak ada kekurangannya bukan?

Baca juga: Rekomendasi Makanan Kucing Premium

Kelebihan Makanan Kucing Kitchen Flavor Beauty

Jika membicarakan kelebihan makanan ini, akan banyak hal yang bisa ditemukan. Kelebihan ini beberapa diantaranya mungkin relatif dan bisa berbeda pada masing-masing sudut pandang.

Jika melihat apa yang ditawarkan makanan ini di deskripsinya (seperti berikut ini):

  1. Meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.
  2. Membantu proses pencernaan dan peristaltik usus.
  3. Menutrisi kulit.
  4. Memelihara & menutrisi folikel bulu: Membantu pertumbuhan bulu.
  5. Membuat bulu lebih lembut & mengkilap.
  6. Membantu mengeluarkan gumpalan bulu (hairball).
  7. Menjadikan tubuh kucing lebih energik dan kuat.
  8. Mempertajam penglihatan.

Menjanjikan sekali bukan?

Awal saya memilih makanan ini memang bertujuan untuk mengurangi bulu rontok pada kucing-kucing saya. Bagaimana hasilnya?

Saya memberikan makanan ini kurang lebih sudah berjalan 6 bulan. Hasilnya mulai terlihat setelah konsumsi rutin minimal 1 bulan dan pada pemakaian sekitar dua bulan bulu-bulu kucing terlihat makin halus, bercahaya dan rontok sudah berkurang drastis.

Baca juga: Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Kucing Persia

Selain itu, kotoran yang dikeluarkan kucing baik itu feses dan urin baunya tidak menyengat. Berbeda dengan beberapa makanan kucing sebelumnya, perbedaan dari segi pengeluaran kotoran ini benar-benar ada perbedaan signifikan.

Berikut ini kelebihan dari makanan kucing Kitchen Flavor Beauty:

  • Harga termurah di kelasnya.
  • Ukuran kibble kecil memudahkan kucing untuk mengkonsumsinya.
  • Berdampak secara signifikan pada kesehatan bulu dan kulit kucing.
  • Mampu mengatasi bulu kucing rontok berlebihan.
  • Bau kotoran kucing tidak menyengat dan padat.
  • Bulu kucing terlihat lebih mengkilat dan makin halus.

Tips: imbangi dengan pemberian minum air putih yang rutin plus asupan vitamin yang cukup.

Baca juga: Rekomendasi Makanan Kucing Paling Bagus

Sejauh saya memberikan makanan ini kepada kucing-kucing peliharaan di rumah, hingga detik ini saya belum ada rencana untuk mengganti makanan dengan merk dan jenis lain.

Secara pribadi saya dengan berani dan percaya diri menyarankan sobat untuk memberikan makanan kucing Kitchen Flavor Beauty jika ingin memiliki kucing berbulu sehat, mengkilat dan tidak mudah rontok.

Apakah sobat mendapatkan jawaban atas pencarian informasi terkait makanan kucing Kitchen Flavor Beauty setelah membaca ulasan ini? Semoga ulasan ini bermanfaat dan membantu sobat sekalian dalam memilih merk dan tipe makanan untuk kucing.

Bagikan di:

Tinggalkan komentar