Rekomendasi Makanan Anak Kucing Berkualitas dan Bergizi

Anak kucing yang baru mulai belajar makan membutuhkan makanan khusus bagi usianya. Gigi-gigi kecil mereka yang baru tumbuh tentu saja tidak ideal jika diberi makanan yang sangat keras. Ketika mereka mulai belajar makan, sobat bisa memberikan makanan anak kucing yang memiliki nutrisi dan gizi yang tepat serta ideal bagi gigi mereka.

Selama mereka masih belum disapih secara penuh oleh induk mereka, makanan anak kucing ini bisa kita berikan secara bertahap hingga mereka sepenuhnya sudah bisa makan sendiri ketika sudah disapih.

Dibawah ini akan saya berikan beberapa rekomendasi makan anak kucing yang ideal diberikan ketika mereka mulai belajar makan hingga usia 1 tahun. Yang perlu diketahui adalah jangan memberikan makanan kucing dewasa (diatas 1 tahun) kepada anak kucing karena akan memberikan beberapa efek buruk jangka panjang terkait dengan kesehatan mereka nantinya.

Rekomendasi Makanan Anak Kucing

Ada 3 jenis makanan yang bisa diberikan kepada anak-anak kucing. Makanan pertama adalah jenis dry food atau makanan kering. Makanan kedua adalah makanan basah atau wet food. Dan makanan ketiga adalah raw food atau makanan mentah seperti ikan-ikanan dan semacamnya (namun jangan disajikan dalam keadaan mentah).

Makanan Kering

Banyak produk makanan kering yang diformulasikan khusus untuk anak-anak kucing. Memilih makanan kering untuk anak kucing yang penting adalah kandungan protein yang tinggi serta ukuran kibble yang kecil. Untuk makanan kering khusus anak kucing yang sangat direkomendasikan adalah:

1. Maxi Cat Food

Ukuran kibble yang kecil dan kandungan protein yang tinggi serta harganya yang murah menjadikan merk makanan ini sangat populer di kalangan pecinta kucing. Maxi pada dasarnya dibuat untuk kucing segala usia. Jika sobat mencari makanan anak kucing berharga ekonomis dengan kualitas baik, Maxi ada jawabannya.

2. Me-O Kitten

Setingkat diatas Maxi ada merk Me-O Kitten. Ukuran kibble yang kecil-kecil dan kandungan protein tinggi sangat cocok diberikan kepada anak-anak kucing yang mulai belajar makan. Dengan kualitas yang baik dan harga yang terjangkau tentu saja Me-O Kitten adalah salah pilihan terbaik untuk anak kucing.

Untuk kucing Persia, Me-O juga menyediakan makanan khusus. Anak-anak kucing Persia bisa sobat berikan Me-O Kitten Persian yang memiliki harga terjangkau dengan gizi dan nutrisi yang tepat untuk anak-anak kucing jenis Persia.

3. Royal Canin Kitten

Jika sobat mencari merk makanan premium, Royal Canin Kitten bisa menjadi pilihan. Dengan kualitas makanan yang sudah dikenal berkualitas dan memiliki harga selevel dengan kualitasnya, Royal Canin Kitten bisa menjadi pilihan bagi anak-anak kucing yang mulai belajar makan.

Baca juga: Jenis Royal Canin dan Kegunaannya

Jika kucing sobat berjenis Persia, Royal Canin Persian Kitten adalah pilihan yang bisa dipilih. Dengan formulasi khusus untuk kucing berjenis Persia, makanan ini bisa memberikan asupan gizi dan nutrisi yang tepat untuk pertumbuhan bulu-bulu panjang mereka.

4. Pro Plan Kitten

Pilihan lain makanan premium untuk anak-anak kucing, sobat bisa melirik Pro Plan Kitten. Memiliki level harga dan kualitas yang setara dengan merk Royal Canin, Pro Plan Kitten sangat dianjurkan bagi anak-anak kucing yang mulai belajar makan. Banyak review positif untuk penggunaan Pro Plan Kitten dimana anak-anak kucing lebih cepat gemuk setelah rutin mengkonsumsi Pro Plan Kitten ini.

5. Kitchen Flavor Grain Free Baby Cat And Kitten

Jika sobat ingin memberikan makanan anak kucing yang premium namun dengan harga ekonomis, Kitchen Flavor Grain Free Baby Cat And Kitten bisa menjadi pilihan. Dengan kualitas makanan yang setara dengan merk premium namun memiliki harga dibawahnya, Kitchen Flavor Grain Free Baby Cat And Kitten adalah alternatif yang sangat baik.

6. Bolt Cat Food

Jika sobat mencari makanan kucing yang murah namun kualitasnya tidak mengecewakan, Bolt bisa menjadi pilihannya. Dengan harga yang masih berada dibawah merk seperti Maxi, Bolt memiliki kualitas yang tidak mengecewakan. Banyak review positif ketika anak kucing mengkonsumsi merk ini dimana diantaranya cepat menggemukkan anak kucing.

Makanan Anak Kucing
Pilih kibble yang kecil untuk makanan anak kucing (sumber gambar freepik)

Untuk makanan kering, beberapa rekomendasi diatas bisa sobat pilih sesuai dengan kemampuan finansial yang sobat miliki. Penggunaan merk lain tidak masalah asalkan penggunaannya diperuntukkan bagi anak-anak kucing. Dan yang penting adalah pastikan anak-anak kucing mendapatkan minuman yang cukup untuk mengimbangi konsumsi makanan kering.

Makanan Basah

Makanan basah dengan aromanya yang sangat kuat adalah pilihan yang sangat ideal untuk merangsang anak kucing yang sedang belajar makan. Tekstur yang lembut dan basah akan sangat disukai oleh semua kucing. Berikut ini beberepa pilihan makanan basah yang bagus untuk anak-anak kucing.

1. Friskies Kitten

Friskies Kitten sesuai dengan namanya adalah makanan basah khusus untuk anak-anak kucing. Aroma ikan yang kuat dan basah akan sangat merangsang minat makan anak kucing. Harganya juga cukup ekonomis menjadikan Friskies Kitten adalah salah satu pilihan ideal untuk makanan anak kucing.

2. Whiskas Junior

Whiskas Junior juga memiliki harga yang sangat terjangkau. Aroma dan tekstur yang lembut dan basah adalah salah satu pilihan ideal untuk makanan anak-anak kucing.

3. Snappy Tom Kitten

Jika sobat mencari makanan basah untuk anak kucing dengan kualitas diatas dua merk sebelumnya namun harganya terjangkau, Snappy Tom Kitten adalah pilihannya. Aromanya sangat kuat tidak akan bisa ditolak oleh anak-anak kucing yang kelaparan.

4. Royal Canin Kitten Wet Food

Untuk makanan basah anak kucing kelas premium, Royal Canin Kitten Wet Food adalah pilihannya. Dengan harga diatas tiga merk yang sudah disebutkan sebelumnya, Royal Canin Kitten Wet Food memiliki perpaduan nutrisi dan gizi yang mewah untuk memberi asupan makanan anak-anak kucing.

5. Life Cat

Life Cat adalah merk makanan yang memiliki harga paling murah diantara merk-merk yang sudah disebutkan sebelumnya. Namun tenang ya sobat, meski harganya murah makanan ini juga memiliki cukup nutrisi yang cukup untuk anak kucing.

Tips memberikan makanan basah:

  1. Jangan terlalu sering memberikan makanan basah. Sajikan setidak dua kali saja dalam seminggu.
  2. Terlalu sering diberi makanan basah tidak bagus untuk gigi kucing akan lebih cepat kotor dan timbul karang gigi.
  3. Terlalu sering diberi makanan basah juga akan menjadikan kucing lebih sulit ketika diberi makanan kering karena aroma makanan basah yang sangat kuat dan makanan kering sebaliknya.
  4. Sesekali campur makanan basah dan makanan kering untuk variasi.

Raw Food

Raw food jika diartikan adalah makanan mentah. Yang dimaksud makanan mentah adalah makanan yang berasal dari bahan mentah alami seperti ikan atau daging. Namun untuk penyajiannya tentu saja jangan diberikan mentah ya sobat. Sobat bisa menyajikan makanan-makanan berikut ini dengan memasaknya dulu seperti dikukus atau direbus.

1. Ikan

Beberapa jenis ikan-ikanan yang sangat baik diberikan kepada anak-anak kucing yang baru belajar makan adalah tuna, tongkol, lele, patin, salmon dan bandeng. Kukus terlebih dahulu kemudian sajikan dengan cara dilembutkan atau disuwir.

2. Daging

Daging-dagingan yang sangat bagus untuk makanan anak kucing adalah daging ayam, sapi dan domba. Paling terjangkau adalah memberikan daging ayam. Semua bagian tubuh ayam sangat bagus untuk makanan anak kucing terutama bagian dada ayam. Bagian kepala juga sangat bagus ketika disajikan dengan cara diblender terlebih dahulu setelah dikukus hingga matang.

Baca juga: Berbagai Manfaat Kuning Telur Untuk Kucing

Kucingmania.net

Setelah membaca ulasan diatas, banyak sekali pilihan makanan yang bisa diberikan kepada anak-anak kucing. Hal yang penting ketika memberikan makanan anak kucing adalah gizi dan nutrisinya harus tepat agar mereka tumbuh sehat. Dan yang penting lagi adalah pilihlah makanan yang sesuai dengan kemampuan finansial yang sobat miliki. Semoga bermanfaat.

Bagikan di:

Tinggalkan komentar