Kucing Tidak Mau Makan, Apa yang Harus Dilakukan?

Sebagai pemilik kucing, tentu kita akan merasa khawatir ketika kucing tidak mau makan. Apa penyebab kucing lemas tidak mau makan dan bagaimana mengatasinya?

Salah satu masalah yang membuat pemilik kucing kerepotan adalah ketika kucing kesayangannya tidak mau makan. Ketika kucing sulit makan, hal ini menandakan kucing sedang mengalami masalah. Banyak akibat buruk yang akan terjadi jika kucing tidak mau makan dan akhirnya lemas tidak berdaya.

Kucing Tidak Mau Makan
Kucing Tidak Mau Makan

Ketika kucing sudah menunjukkan gelagat sulit makan, langkah terbaik tentu saja membawa kucing ke dokter hewan. Namun kita juga bisa mengupayakan beberapa hal untuk melakukan pertolongan kepada kucing yang kehilangan nafsu makan.

Sebelumnya akan sedikit kita ulas apa saja yang menyebabkan kucing tidak mau makan.

Penyebab Kucing Tidak Mau Makan

Berikut ini beberapa hal yang biasanya menyebabkan kucing susah makan:

  1. Bosan dengan menu makanannya
  2. Birahi
  3. Gangguan kesehatan.

Apapun penyebabnya, kita sebagai pemilik harus mengupayakan kucing kesayangan segera mendapatkan asupan nutrisi yang cukup.

Berikut ini beberapa upaya yang bisa sobat lakukan untuk memberikan pertolongan awal kepada kucing yang sedang tidak mau makan. Beberapa cara berikut ini menggunakan metode sedikit memaksa namun usahakan tetap memperlakukan kucing dengan lembut supaya tidak makin stres.

Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

Cara berikut untuk memberikan pertolongan kepada kucing yang tidak mau makan namun sudah dipastikan tidak sedang dalam keadaan sakit.

1. Birahi?

Sobat harus memastikan dulu apakah kucing tidak mau makan karena sedang birahi. Ketika kucing birahi, banyak hal negatif yang terjadi pada kucing seperti susah makan, bulu rontok, agresif, berisik, spraying (jantan) dan terjadi “pemberontakan”.

Jika kucing sedang menunjukkan gejala birahi dan tidak mau makan, satu-satunya cara agar si kucing kembali mau makan adalah menghilangkan birahinya terlebih dahulu. Sangat sulit memberikan bantuan kepada kucing birahi agar mau makan.

2. Mengganti Makanan

Kucing adalah hewan yang sangat patuh dengan rutinitas. Ada beberapa kucing yang tidak memiliki masalah dengan menu makanan yang itu-itu saja sepanjang hidupnya. Beberapa kucing lain bertipe “tukang bosan” juga ada.

Jika kucing tetap aktif dan lincah namun sulit makan, ada baiknya untuk mengganti makanannya secara perlahan. Jangan langsung mengganti makanannya begitu saja karena malah akan membuat kucing mencret karena pergantian menu makanan yang mendadak.

Campur merk makanan lama dengan merk baru secara perlahan. Coba ganti dengan merk makanan kucing premium yang biasanya memiliki aroma lebih menggugah selera kucing dan memiliki kualitas lebih baik.

Mengatasi Kucing Sakit Tidak Mau Makan

Bagaimana kita tahu ketika kucing sedang sakit? Ketika kucing sakit, beberapa ciri yang muncul adalah:

  • Tidak mau makan (sudah pasti)
  • Lemas tidak mau beraktifitas
  • Kucing sering tidur (lebih lama dari biasanya), dan ketika bangun terlihat lemas dan tidak aktif
  • Sering bersembunyi
  • Menghindari orang-orang di sekitarnya
  • Beberapa kucing akan terlalu sering muntah
  • Mata nampak sayu
  • Gusi pucat
  • Beberapa kucing akan lebih berisik.

Ketika kucing sudah menunjukkan tanda-tanda sakit dan susah makan, inilah tantangan yang sesungguhnya. Apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi kucing lemas tidak mau makan karena sakit?

Perlengkapan yang harus sobat miliki adalah suntikan tanpa jarum atau spet. Akan lebih baik jika ujung suntikan diberi karet pentil sebagai tambahan. Namun jika tidak ada karet pentil tidak masalah yang penting jarum sudah dilepas dan gunakan suntikan kecil ukuran 1 cc (khusus yang tanpa karet).

Kucing Tidak Mau Makan
Pipet dan Spuit

1. Multivitamin

Ketika kucing sudah terindikasi susah makan, sobat bisa segera memberikan multivitamin yang bisa membangkitkan selera makannya.

Beberapa vitamin yang pernah direkomendasikan oleh dokter hewan langganan adalah Curcuma Plus, Biolysin dan Imboost Kids. Vitamin-vitamin ini memiliki kandungan untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh serta menjaga dan meningkatkan nafsu makan.

2. Snack Kucing

Salah satu cara lain memancing selera makan kucing sakit adalah dengan memberikannya camilan khusus kucing yang mampu menggugah selera makan mereka. Camilan khusus kucing seperti Me-O Creamy Treats, Vitakraft Liquid Snack dan Vitakraft Cat Stick untuk beberapa kasus mampu memancing selera makan kucing yang hilang kembali lagi.

3. Kuning Telur

Ketika sobat menyadari kucing sulit makan dan kemudian lemas, memberikan kuning telur terutama telur ayam kampung sangat disarankan. Ingat ya hanya berikan bagian kuningnya saja. Akan lebih bagus jika dicampur dengan madu.

Kucing Tidak Mau Makan
Kuning Telur untuk Kucing Tidak Mau Makan

4. Ramuan Tradisional

Beberapa kucing tidak doyan makan karena mengalami masalah kesehatan seperti Sariawan dan kemungkinan adanya luka dalam. Salah satu cirinya adalah bau mulut yang sangat tidak sedap.

Ramuan tradisional yang bisa digunakan adalah menggunakan kunyit yang diparut, kemudian diperas dengan air dan tambahkan madu secukupnya kemudian minumkan kepada kucing dua kali sehari.

5. Minyak Ikan

Memberikan minyak ikan secara rutin juga mampu menjaga selera makan kucing tetap bagus. Ketika kucing sakit dan kemudian susah makan, memberikan minyak ikan dalam beberapa kasus mampu mengembalikan selera makan kucing.

6. Nutri-plus gel

Nutri-plus gel memberikan banyak manfaat kepada kucing terutama seperti meningkatkan nafsu makan. Nutri-plus gel nutrisi dan multivitamin yang memang khusus diformulasikan untuk kucing.

Menangani Kucing Lemas Tidak Mau Makan

Jika kucing tubuhnya semakin lemas, berikan beberapa asupan berikut ini supaya tubuhnya kembali prima dan harapannya nafsu makan dan kondisi tubuhnya semakin membaik.

1. Asupan Gula

Langkah pertama ketika kucing sudah dalam keadaan lemas dan tidak mau makan adalah sobat harus memberikan asupan air gula. Cairkan gula dalam air hangat dan kemudian berikan kepada kucing melalui suntikan tanpa jarum atau spet ke dalam mulutnya. Berikan dalam jumlah cukup dan lakukan minimal 3 kali dalam sehari.

2. Susu Bear Brand

Sobat bisa memberikan susu Bear Brand sebagai asupan nutrisi. Berdasarkan pengalaman pribadi, memberikan susu Bear Brand kepada kucing lemas tidak mau makan mampu memberikan asupan nutrisi yang cukup serta mampu memberikan energi tambahan.

Kucing Tidak Mau Makan
Susu Bear Brand untuk Kucing Tidak Mau Makan

Berikan dengan takaran secukupnya sesuai dengan usia kucing. Untuk kucing dewasa 3 ml sehari 3 kali. Untuk kitten cukup 1 ml sehari 3 kali. Tidak masalah memberikan dosis lebih dari itu selama kucing sangat menikmati ketika diberi Bear Brand.

3. Air Degan Hijau

Jika memungkinkan dan bisa didapatkan dengan mudah, sobat bisa memberikan air degan hijau kepada kucing yang sedang lemas. Dalam beberapa pengalaman, memberikan asupan air dengan hijau asli mampu mengembalikan kondisi kebugaran kucing serta mengembalikan selera makannya yang hilang.

4. Pedialyte

Alternatif lain untuk menolong kucing lemas tidak mau makan adalah memberikan Pedialyte yang bagus untuk memberikan asupan cairan dan mencegah kucing dehidrasi. Pedialyte bisa dibeli di apotik.

5. Royal Canin Recovery

Memberikan Royal Canin Recovery pada beberapa kasus mampu merangsang selera makan kucing. Namun jika kucing sudah disuguhkan Royal Canin Recovery tidak menunjukkan minat, sobat bisa mencampurkan Royal Canin Recovery dengan air kemudian masukkan ke mulutnya dengan spet.

6. Royal Canin Exigent 33 Aromatic Attraction

Royal Canin Exigent 33 Aromatic Attraction diformulasikan untuk kucing diatas 1 tahun. Produk ini dibuat khusus untuk kucing yang rewel atau susah makan. Royal Canin Exigent 33 Aromatic Attraction memiliki aroma kuat dan nutrisi pendukung.

Karakter aromanya yang khas. Beberapa kucing pemilih tertarik pada aroma makanan berdasarkan kesukaan mereka. Dengan karakter aromanya yang khas dan asli, EXIGENT33 merupakan solusi nutrisi bagi kucing pemilih. Harga makanan ini berkisar antara 45.000 hingga 50.000 untuk ukuran 400 gram.

Baca juga:

Kesimpulan

Banyak kondisi yang menyebabkan kucing tidak mau makan. Sobat harus bisa membedakan penyebab kenapa kucing kehilangan selera makannya apakah karena sakit, sedang birahi atau sedang bosan saja dengan menu makanannya.

Semua langkah yang disebutkan di atas sebagian besar terbukti bisa membantu kucing mendapatkan kembali selera makannya yang hilang.

Jika kondisi kucing tidak menunjukkan perkembangan positif setelah diberikan beberapa “bantuan” di atas, langkah terbaik adalah segera membawa kucing ke dokter hewan untuk segera mendapatkan perawatan terbaik. Dikhawatirkan jika tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat, nyawa kucing bisa terancam.

Catatan: Artikel ini hanya untuk informasi. Kunjungi dokter hewan untuk nasihat dan perawatan medis yang tepat.

Bucing yang berada di balik blog kucingmania.net ini. Mengabdikan sebagian hidupnya melayani 5 ekor kucing peliharaan. Senang mempelajari perilaku kucing dan membagikan pengetahuan tentang kucing dengan para pecinta kucing.

Tinggalkan komentar