Makanan Sehat Untuk Kucing
Makanan Sehat Untuk Kucing

Makanan Sehat Untuk Kucing Kesayangan Kita

Posted on

KucingMania.net – Salah satu faktor untuk mendapatkan hidup berkualitas bagi kucing adalah memberikannya makanan yang berkualitas dan memenuhi unsur kesehatan. Banyak makanan instan saat ini yang sudah tersedia untuk disantap oleh kucing. Dengan berbagai variasi harga mulai dari yang terjangkau hingga harga yang mahal kita sebagai pemilik tinggal memilih. Namun ada kalanya kita tidak selalu bisa memberikan makanan khusus kucing yang dijual bebas. Apa saja makanan sehat untuk kucing yang bisa kita berikan kepada kucing kita agar mereka mendapatkan makanan sehat dan berkualitas?

Makanan sehat untuk kucing adalah makanan yang memenuhi unsur diet sehat. Dengan menjaga kucing kita dari berbagai makanan yang cenderung membuatnya semakin gemuk. Kita harus menyediakan makanan sehat yang seimbang. Makanan kalengan memang praktis untuk diberikan kepada kucing. Namun hati-hati, efek buruk jangka panjang bisa terjadi karena terlalu sering memberikan makanan kalengan kepada kucing. Saya tidak akan mengatakan jika makanan kucing kalengan saat ini jelek atau tidak bagus. Namun ada beberapa kekurangan yang biasanya ditemui di makanan kaleng untuk kucing, yaitu:

  • Makanan kucing kering rendah kandungan air.
  • Makanan kucing komersial terlalu tinggi karbohidrat.
  • Makanan kucing komersial tidak cukup mengandung protein berbasis hewani yang berkualitas.

Dalam memberi makanan sehat untuk kucing, ada hal yang harus sobat pahami tentang kucing, yaitu; kucing adalah karnivora sejati. Mereka bukan omnivora atau herbivora. Mereka telah berevolusi untuk mengkonsumsi daging, bukan karbohidrat. Mereka mungkin mengonsumsi sedikit karbohidrat, dari perut mangsanya. Kucing tidak dapat mengasimilasi sejumlah besar karbohidrat yang ditemukan dalam makanan kucing komersial. Sistem mereka belum berevolusi untuk melakukannya. Makanan tinggi karbohidrat adalah salah satu penyebab utama diabetes pada kucing. Secara umum, kucing membutuhkan nutrisi tertentu seperti protein hewani, vitamin dan mineral. Kucing dewasa dan anak kucing makanannya tidak sama. Jadi sobat juga harus menyediakan makanan berbeda tergantung dengan usia kucing kita.

Sebagai karnivora, kucing membutuhkan:

  • Protein dari daging atau ikan.
  • Asam amino seperti taurin dan arginin (dari daging atau ikan).
  • Asam lemak.
  • Vitamin.
  • Mineral
  • Air

Nah, apa sajakah makanan sehat untuk kucing yang bisa kita berikan kepadanya?

1. Daging utuh berkualitas tinggi seperti ayam, sapi, domba, salmon dan sebagainya. Daging utuh yang belum tercampur memiliki banyak manfaat bagi kucing.

2. Formula makanan bebas gandung dan biji-bijian. Beberapa kucing memiliki alergi dan sensitif terhadap biji-bijian. Makanan yang mengandung beras dan gandum tidak cocok untuk kucing.

3. Makanan sehat untuk kucing berikutnya adalah bayam. Memberikan campuran makanannya dengan bayam juga sangat baik untuk kucing. Selain rendah kalori, bayam mengandung glycoglycerolipids yang dapat membantu menjaga sistem pencernaan yang lebih sehat. Namun sobat harus waspada, jika kucing memiliki masalah ginjal, memberi makanan mengandung bayam bukan pilihan yang baik karena bayam mengandung kalsium oksalat yang dapat mengakibatkan pembentukan kristal di saluran kemih.

4. Telur – Makanan ini adalah sumber protein yang bagus serta sebagai sumber utama nutrisi untuk kucing. Namun jangan terlalu berlebihan memberikan telur kepada kucing. Telur berpotensi membuat kucing gemuk. Untuk mengakalinya, berikan saja putih telur dan jangan berikan kuning telur karena banyak mengandung lemak dan kolesterol. Telur bisa diberikan dalam bentuk telur rebus atau orak-arik.

5. Ikan kaya akan Omega 3 yang baik untuk jantung dan kucing mungkin juga suka ikan yang dimasak. Ikan yang baik untuk kucing adalah salmon, tuna dan sarden.

6. Daging kelinci rebus juga sehat untuk dikonsumsi kucing.

7. Keju adalah sumber kalsium dan protein. Namun jangan terlalu banyak memberikan keju kepada kucing. Keju juga tinggi lemak dan garam sehingga mengontrol porsi keju adalah suatu keharusan.

8. Perut Ayam – Jerohan atau perut ayam banyak mengandung nutrisi yang bagus bagi kucing. Makanan ini adalah sumber protein. Namun jangan terlalu berlebihan dalam memberikan makanan ini.

9. Daging Kalkun – Daging kalkun juga sumber protein yang sangat baik untuk kucing.

10. Makanan sehat untuk kucing berikutnya adalah kacang polong segar atau beku. Kacang hijau kaya serat, vitamin C, dan vitamin A. Bahkan, makanan kucing kalengan saat ini sudah banyak mengandung kacang polong sebagai campuran makananannya. Kucing dapat menikmati kacang polong beku, segar, atau matang. Jika kucing sobat baru mengenal kacang polong, cobalah menambahkan beberapa kacang polong yang sedikit dihaluskan ke dalam makanan kucing sebelum memberikannya dalam jumlah besar/banyak.

Baca juga: Tips Merawat Bulu Kucing Cantik dan Sehat

Itulah beberapa makanan sehat untuk kucing yang bisa sobat berikan untuk memenuhi kebutuhannya akan makanan dan nutrisi harian. Selain makanan sehat, pastikan kucing juga mendapatkan minum air yang cukup untuk keseimbangan tubuhnya terutama mencegah dehidrasi.

Gravatar Image
Tertarik menggeluti dunia kucing. Sementara ini masih memiliki dua peliharaan kucing berjenis Dome (kucing kampung) dan Mix. Menumpahkan rasa ketertarikan dengan kucing pada blog ini. Semoga tulisan ini memberi manfaat bagi para penggemar kucing lainnya.

Silahkan Berkomentar