Sakit Mata Pada Kucing
Sakit Mata Pada Kucing

Sakit Mata Pada Kucing Yang Harus Diwaspadai

Posted on

KucingMania.net – Bahkan kucing pun bisa menderita sakit mata. Sakit mata pada kucing bisa menjadi masalah serius jika tidak segera ditangani dengan baik. Karena sakit mata, banyak efek berantai yang bisa menyerang kucing. Akibat sakit mata, kucing bisa mengalami penurunan nafsu makan karena mata dan nyeri wajah. Dan ketika ia tidak doyan makan, maka masalah kesehatan lain bisa mengganggunya. Oleh karena itu sakit mata pada kucing harus segera mendapatkan perawatan yang benar agar ia tidak menderita berkepanjangan.

Ada beberapa masalah mata yang bisa menyerang kucing. Berikut ini adalah beberapa masalah umum sakit mata pada kucing:

#1. Konjungtivitis adalah kondisi mata yang paling umum pada kucing. Ini adalah kondisi dimana ada peradangan selaput yang menutupi bagian dalam kelopak mata dan sebagian dari mata. Konjungtivitis sering terlihat dengan robek atau keluar pada satu atau kedua mata. Penyakit virus seperti herpes adalah penyebab umum konjungtivitis pada anak kucing muda dan masalah mata intermittent pada kucing dewasa. Penyebab lain termasuk alergen lingkungan, iritasi, dan infeksi bakteri. Kucing Persia dan Himalaya memiliki struktur wajah yang dapat menyebabkan penyumbatan air mata yang menyebabkan mata berair. Masalah ini mungkin perlu diobati dengan bilasan atau obat yang tepat untuk mencegah konjungtivitis.

#2. Ulkus Kornea sangat umum menyerang kucing. Ulkus akan merusak kornea (permukaan mata yang bening). Beberapa tanda-tanda Ulkus Kornea adalah kucing akan sering menyipitkan mata, mengeluarkan cairan, menggaruk-garuk mata, atau kemerahan serta  bengkak di sekitar mata. Ulkus pada kucing kadang-kadang mengakibatkan sequestrum, yaitu bintik gelap yang terlihat pada mata yang terjadi ketika kornea mati.

#3. Uveitis adalah peradangan bagian vaskular di dalam mata. Penyakit sistemik dan Ulkus Kornea yang berat adalah pemicu Uveitis, meskipun penyebab utamanya masih belum diketahui. Tanda-tanda kucing terkena masalah mata ini adalah adanya perubahan warna atau ukuran iris atau pupil (bagian mata berwarna dan hitam), kelopak mata, kepekaan terhadap cahaya, sakit mata dan bahkan kehilangan penglihatan. Uveitis dapat menyebabkan masalah lain seperti glaukoma (tekanan tinggi pada mata).

Sakit Mata Pada Kucing Yang Harus Diwaspadai
Sakit Mata Pada Kucing Yang Harus Diwaspadai

#4. Kebutaan karena kerusakan retina. Retina adalah lapisan paling dalam dari mata. Penyakit retina sering menyebabkan kehilangan penglihatan sebagian atau total. Kerusakan retina umumnya disebabkan oleh tekanan darah tinggi karena hipertiroidisme, diabetes, atau penyakit ginjal. Pemeriksaan rutin tekanan darah pada kucing yang lebih tua oleh dokter hewan sering disarankan untuk mengidentifikasi tekanan darah tinggi sebelum menyebabkan kerusakan pada mata kucing.

#5. Kondisi kesehatan atau penyakit tertentu juga bisa menyebabkan masalah pada mata kucing. Penyakit autoimun, kanker, trauma mata dan leukemia kucing juga bisa menjadi penyebab infeksi mata pada kucing.

Sebagai pemilik kucing, kita harus waspada dan bisa mengidentintifikasi jika terjadi masalah sakit mata pada kucing. Jika kucing sobat menampakkan beberapa gejala berikut, ada baiknya kucing segera mendapatkan penanganan. Tanda sakit mata pada kucing:

  1. Kelopak mata yang meradang dan menutupi sebagian mata yang terinfeksi.
  2. Bersin-bersin, pilek pada hidung atau tanda-tanda lain dari gangguan pernapasan.
  3. Mata Merah.
  4. Kedipan yang berlebihan.
  5. Sering menggosok mata.
  6. Keluar cairan bening, hijau atau kuning berasal dari mata

Bagaimana mengobati sakit mata pada kucing?

Penanganan pertama untuk mengobati sakit mata pada kucing bisa dengan menggunakan cara berikut:

  1. Bersihkan mata kucing dengan air hangat menggunakan kapas. Bersihkan mata secara rutin menggunakan cara ini.
  2. Seduh daun sirih hingga airnya mendidih. Tunggu hingga menjadi dingin dan kemudian bersihkan mata kucing menggunakan air daun sirih ini menggunakan kapas.
  3. Salep yang bisa digunakan untuk mengobati sakit mata pada kucing adalah Terramycin dan Terra-Cortril. Cara mengoleskan hindari mengoleskan salep menggunakan tangan atau pastikan jari sobat bersih jika ingin mengoleskan menggunakan jari.

    Sakit Mata Pada Kucing
    Terramycin bisa digunakan untuk sakit mata pada kucing

Jika sudah dilakukan penanganan awal dan mata kucing masih sakit dan cenderung bertambah parah, hal ini hanya bisa ditangani oleh dokter hewan. Infeksi virus membutuhkan penggunaan obat anti virus secara konsisten. Dokter hewan akan melakukan serangkaian pengobatan untuk mengobati sakit mata pada kucing. Dokter kemudian juga akan menunjukkan caranya kepada pemiliknya agar bisa melakukan perawatan pada kucing ketika di rumah. Dokter hewan akan memberikan pengobatan sakit mata pada kucing berupa obat tetes antibiotik dan gel yang biasanya digunakan untuk mengobati infeksi mata yang disebabkan bakteri. Perawatan oral sering tidak diperlukan kecuali ada infeksi sistemik yang terlibat.

Baca juga: Penyebab dan Tanda Anak Kucing Sakit Mata

Sobat harus sangat berhati-hati jika memiliki kucing yang sedang mengalami infeksi sakit mata. Penyakit ini sangat menular jadi jauhkan hewan peliharaan lain dari kucing yang mengalami sakit mata. Anak kucing yang masih memiliki kekebalan tubuh lemah juga sangat rawan terkena sakit mata pada kucing. Jika induk mereka terkena masalah mata, jauhkan anak-anak kucing dari induknya dan hanya dekatkan mereka ketika ingin menyusui. Bersihkan puting susu induknya dengan kain basah setiap mereka selesai menyusui.

Gravatar Image
Tertarik menggeluti dunia kucing. Sementara ini masih memiliki dua peliharaan kucing berjenis Dome (kucing kampung) dan Mix. Menumpahkan rasa ketertarikan dengan kucing pada blog ini. Semoga tulisan ini memberi manfaat bagi para penggemar kucing lainnya.

Silahkan Berkomentar