Obat Pilek Kucing dan Perawatannya

Kucing kesayanganmu pilek? Apakah ada obat pilek kucing? Inilah beberapa rekomendasi perawatan dan pengobatan untuk kucing yang sedang mengalami pilek.

Sama seperti manusia, ada kalanya kucing akan mengalami pilek. Pilek menunjukkan terjadinya penurunan daya tahan tubuh atau hal lainnya. Ketika kucing mengalami pilek, kucing juga menunjukkan kondisi daya tahan tubuh yang sedang menurun.

Kenapa Kucing Pilek?

Banyak kemungkinan yang menyebabkan kucing mengalami pilek. Berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan kucing pilek:

  • 95 persen disebabkan oleh virus
  • Bakteri
  • Kondisi cuaca (dingin, hujan, pergantian musim)
  • Stres.

Gejala Pilek atau Flu Pada Kucing

  • Hidung mengeluarkan ingus
  • Batuk
  • Mata berair
  • Bersin
  • Demam
  • Nafsu makan menurun bahkan hilang
  • Pada tingkat terparah kucing kesulitan bernafas
  • Lemah dan lesu.

Penyakit pilek pada kucing sangat mudah menular ke kucing lain. Oleh karena itu tindakan perawatan serta pengobatan yang tepat sangat dibutuhkan.

Obat Pilek Kucing

Merawat kucing yang sedang pilek atau flu bisa menjadi hal yang susah atau mudah. Karena pada dasarnya ketika kucing pilek daya tahan tubuhnya sedang menurun, beberapa perawatan yang bisa diberikan adalah tindakan untuk mengembalikan daya tahan tubuhnya.

Nebulizer

Nebulizer atau alat untuk menghasilkan uap. Kita bisa memberikan perawatan uap kepada kucing yang sedang mengalami pilek. Anda membutuhkan nebulizer dan kandang untuk melakukan terapi uap kepada kucing.

Anda tinggal menaruh kucing ke dalam kandang atau pet cargo yang ditutupi dengan kain secara menyeluruh. Arahkan uap ke dalam kandangnya (dengan posisi kucing sudah berada di dalam kandang).

Obat Kucing Pilek
Nebulizer untuk kucing pilek (sumber gambar news-medical.net)

Jika Anda tidak punya alat nebulizer, bisa menggunakan cara manual dan tradisional. Bagaimana caranya? Yang dibutuhkan hanyalah baskom, minyak kayu putih, bawang merah dan air panas. Masaklah air panas terlebih dahulu. Masukkan air panas ke baskom dan kemudian campurkan minyak kayu putih dan irisan bawang merah.

Masukkan kucing dalam kandang, taruh baskom di sekitar kandangnya dan kemudian tutup kandang kucing dengan kain secara menyeluruh.

Pastikan juga baskom berisi air panas tersebut berada di dekat kandang dan juga dalam posisi tertutup. Terserah dimana Anda meletakkannya, intinya adalah kucing akan mendapatkan dan menghirup uap air panas yang sudah dibubuhi minyak kayu putih dan irisan bawang merah.

Jemur

Pada gejala pilek ringan, tanpa perlu memberi pengobatan kita bisa merawatnya hanya dengan rutin menjemur kucing di pagi hari. Saat terbaik untuk menjemur kucing adalah pagi antara jam 8 hingga jam 10. Jemur dalam waktu 10 hingga 20 menit.

Lysine

Memberikan asupan lysine ketika merawat kucing pilek sangat berkhasiat. Darimana mendapatkan asupan lysine untuk kucing? Lysine biasa ditemukan di produk vitamin atau multivitamin. Beberapa merk multivitamin juga mengandung vitamin C yang sangat baik untuk diberikan kepada kucing ketika flu. Rekomendasinya adalah Imboost Kids, Biolysin dan Curcuma Plus.

Obat Kucing Pilek
Imboost Kids untuk kucing pilek

Ketika kucing sudah menunjukkan gejala flu atau pilek, segera berikan multivitamin kepada kucing pada pagi hari. Cukup dengan dosis 1 cc untuk kucing berusia dibawah 1 tahun dan 2 cc untuk kucing dewasa. Jika kondisi flu parah, bisa diberikan dua kali sehari.

Madu

Madu murni sudah dikenal sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh manusia. Madu juga bisa memberikan manfaat bagi kucing. Madu juga bisa diberikan sebagai pendampingan obat pilek kucing. Untuk flu ringan, cukup memberikan madu secara rutin juga bisa membantu kesembuhan kucing.

Obat Kucing Pilek
Madu murni bagus untuk obat pilek kucing

Kuning Telur

Kuning telur sangat bermanfaat bagi kucing. Memberikan kuning telur secara rutin juga sangat baik seperti cepat menggemukkan kucing, menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh dan menjaga serta meningkatkan nafsu makan. Mencampurkan kuning telur dan madu adalah perpaduan yang berkhasiat sebagai obat pilek kucing.

Flucat

Obat pilek kucing yang berikutnya adalah Flucat. Flucat adalah obat khusus bagi kucing yang sedang sakit flu atau pilek. Obat ini sangat mudah dibeli di petshop manapun dengan harga terjangkau. Sobat bisa memberikan obat ini kepada kucing yang sedang dalam kondisi pilek.

Yang Harus Dihindari Ketika Kucing Pilek

Ketika kucing pilek atau flu, hindari hal-hal berikut ini:

  • Memberikan obat flu dan pilek manusia kepada kucing seperti aspirin atau obat apapun yang mengandung Paracetamol
  • Jangan sembarangan memberikan antibiotik tanpa rekomendasi dari dokter hewan.

Tips Tambahan

Selain memberikan beberapa perawatan dan pengobatan yang sudah disebutkan di atas, berikut ini beberapa tips tambahan yang bisa dilakukan untuk merawat kucing pilek.

  • Bersihkan area hidung dan mata kucing secara rutin dengan air hangat menggunakan handuk basah
  • Suguhkan makanan yang hangat dan basah (ikan tongkol, tuna, salmon, atau ayam yang dikukus)
  • Berikan makanan Royal Canin Recovery
  • Berikan minum air kaldu ayam yang masih hangat
  • Beri minum yang banyak. Sedikit paksaan tidak menjadi masalah asal kucing tetap mendapatkan asupan cairan
  • Pastikan kucing selalu berada dalam ruangan.

Baca juga:

Banyak gejala serangan virus berbahaya seperti Herpes dan FIV dimulai dari munculnya pilek atau flu. Jika dalam 7 hari kucing tidak sembuh setelah dirawat, tindakan terbaik berikutnya adalah membawanya ke dokter hewan agar mendapatkan perawatan yang tepat.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya jika merawat kucing pilek bisa menjadi hal yang mudah sekaligus sulit, oleh karena itu dibutuhkan upaya yang telaten ketika merawatnya. Semoga pilihan obat pilek kucing yang sudah disebutkan diatas memberikan kesembuhan kucing kesayangan Anda.

Catatan: Artikel ini hanya untuk informasi. Kunjungi dokter hewan untuk nasihat dan perawatan medis.

Kurang lebih 20 tahun berkutat dengan dunia kucing. Mengabdikan sebagian hidupnya melayani 5 ekor kucing peliharaan. Senang mempelajari perilaku kucing dan membagikan pengetahuan tentang kucing dengan para pecinta kucing.

Tinggalkan komentar