Ciri Kucing Diabetes – Awas! Kucing Juga Bisa Diabetes

Posted on

Mungkin sobat heran apa bisa kucing terkena diabetes? Tentu saja kucing bisa terkena diabetes sama seperti manusia. Dan ketika kucing sudah terkena diabetes juga akan mendapatkan perawatan yang hampir sama seperti ketika manusia terkena diabates. Banyak hal yang bisa menyebabkan kucing terkena penyakit berat ini. Oleh karena itu kita harus waspada kepada makanan yang diberikan kepada kucing. Untuk mengetahui ciri kucing diabetes bisa dibaca dibawah ini.

Diabetes adalah sebuah kondisi dimana tubuh tidak bisa mengendalikan jumlah gula dalam darah. Kucing yang mengalami masalah diabetes memiliki kadar gula yang sangat tinggi dalam darah dan urin mereka. Ada 2 jenis diabetes. Yang pertama adalah diabetes yang bergantung pada insulin, di mana pankreas tidak bisa memproduksi cukup hormon insulin untuk mengatur kadar gula darah. Bentuk lain dari diabetes adalah ketika tubuh tidak merespon dengan baik terhadap insulin yang diproduksi pankreas.

Diabetes pada kucing terjadi karena tubuh tidak bisa menggunakan insulin yang diproduksi sebagaimana mestinya atau karena tubuh tidak memproduksi cukup insulin. Belum ada alasan yang diketahui mengapa ini terjadi, meskipun kondisi tertentu dapat meningkatkan risiko terkena penyakit ini.

Salah satu faktor paling umum yang meningkatkan risiko perkembangan diabetes adalah obesitas, faktor genetika, ketidakseimbangan hormon, dan masalah dengan pankreas. Dalam beberapa kasus, obat-obatan bahkan dapat memicu kucing terkena diabetes. Ciri kucing diabetes banyak ditemukan pada kucing yang sudah berusia tua. Oleh karena itu jika sobat memiliki kucing yang sudah tua dan menunjukkan gejala atau ciri kucing diabetes berikut ini, segera lakukan langkah yang tepat.

Apa ciri ketika kucing sudah terkena diabetes?

Ciri Kucing Diabetes:

  1. Kucing sering merasa haus yang mengakibatkan dia akan sering minum
  2. Kucing sering kencing
  3. Kehilangan berat badan / makin kurus
  4. Kehilangan selera makan atau bahkan tidak mau makan sama sekali
  5. Bulu makin kusam dan bulu rontok parah
  6. Jalan sempoyongan
  7. Muncul katarak di mata
  8. Bau nafas atau bau mulut busuk

Penanganan kucing terkena diabates hanya bisa dilakukan oleh dokter hewan. Penanganan yang biasanya dilakukan adalah seperti suntikan insulin secara rutin. Hal-hal yang harus dilakukan setelah kucing dinyatakan terkena diabetes adalah:

  • Pemberian insulin secara rutin sesuai petunjuk dokter hewan
  • Pemeriksaan darah dan urin secara rutin
  • Kunjungan rutin ke dokter hewan

Diabetes pada kucing tidak bisa disembuhkan. Oleh karena itu pemberian insulin ini akan berlangsung selama sisa hidupnya. Namun meski begitu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan kucing seperti memberikan makanan yang sehat dan terkontrol supaya kondisinya tidak semakin parah.

Baca juga: Bahaya Kalung Kucing Yang Selalu Tidak Disadari

Pemberian makanan kepada kucing yang sudah menunjukkan ciri kucing diabates adalah dengan memperhatikan beberapa hal yaitu berikan makanan kaya Protein dan hindari makanan mengandung Karbohidrat. Karena pada umumnya penyakit diabetes pada kucing hanya ditemukan pada kucing yang sudah berusia tua, untuk menghindari masalah ini, batasi pemberian makanan yang mengandung banyak Karbohidrat sedari kucing masih kecil.

Catatan: Artikel ini hanya untuk informasi. Kunjungi dokter hewan untuk nasihat dan perawatan medis (Kucingmania.net).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *