Kucing Himalaya: Harga, Karakteristik dan Perawatan

Informasi tentang kucing Himalaya. Si cantik nang anggun ini memiliki karakter yang bersahabat dan ia adalah kucing yang sayang kepada pemiliknya.

Kucing Himalaya adalah jenis kucing dengan sepasang mata biru cerah dan warna titik pada rambut panjang atau bulunya. Kucing ini berasal dari persilangan kucing Persia dan kucing Siam yang identik dengan warna coklatnya.

Kucing Himalaya atau juga dikenal dengan kucing Persia Himalaya adalah pendamping yang setia dan menyenangkan. Mereka sangat sayang kepada pemiliknya dan bahkan akan menghabiskan banyak waktu untuk berada disamping pemiliknya.

Kucing Himalaya
Kucing Himalaya (Joseph Morris)

Tubuh kucing ini kekar dan gemuk. Dada mereka lebar, otot-otot yang kencang serta penampilan mereka yang bulat semakin diperkuat oleh bulu panjang mereka. Mereka memiliki wajah bulat penuh dengan mata biru lebar dan bulat. Telinga mereka kecil dan bulat dan mereka memiliki dagu yang berkembang dengan baik.

Bulu kucing Himalaya memiliki warna utama baik krem ​​atau putih. Warna titik muncul pada ekor, kaki, kaki, masker wajah, dan telinga mereka.

Kucing Himalaya membutuhkan perawatan khusus. Mereka harus mandi secara teratur. Bulu atau rambut panjang mereka membutuhkan perawatan harian untuk mencegah kusam dan kusut.

Sekilas Tentang Kucing Himalaya

Berat TubuhJantan: 3 kg – 6 kg
Betina: 3 kg – 6 kg
Nama LainPersia Himalaya
Warna BuluCokelat, Seal, Ungu, Biru, Hitam, Oranye, Merah, Krim, Perak, Emas, Kayu Manis, Lilac
Pola BuluPoint, Shade, Tortie, Lynx
Warna MataBiru, Hijau, Tembaga
Rentang Usia9 – 15 Tahun
PerawatanTinggi
KarakteristikManja, Vokal, Penyayang, Aktif, Adaptif, Sosial
PengakuanCFA, TICA, AACE, ACFA, CAA, CCA, AFC
HargaRp. 1.000.000 – Rp. 35.000.000

Sejarah

Kucing Himalaya pertama kali dikembang biakkan pada tahun 1930 oleh Dr. Clyde Keller dari Harvard Medical School dan seorang peternak kucing bernama Virginia Cobb.

Keduanya memutuskan untuk membudidayakan kucing Persia dan Siam bersama karena mereka ingin mengembangkan jenis kucing baru yang memiliki rambut panjang Persia namun memiliki mata dan tanda dari kucing Siam.

Setelah beberapa tahun mencoba, mereka akhirnya berhasil. Kucing yang sekarang dikenal sebagai Himalaya ini mempertahankan tubuh pendek, wajah pesek dan kaki khas kucing Persia dipadukan dengan warna mata biru khas kucing Siam.

Karakteristik

Mirip dengan Persia, kucing Himalaya memiliki tulang yang seimbang, bertulang besar, sedang hingga besar dengan kedalaman yang signifikan di bahu dan dada. Himalaya memiliki kepala yang lebar, telinga yang mungil, mata bulat besar, pipi penuh dan hidung bengkok yang berkonotasi untuk menghasilkan ekspresi yang manis.

Kucing Himalaya
Kucing Himalaya (Tatiana Stukalova)

Kucing Himalaya diketahui memiliki beberapa perpaduan warna seperti coklat, ungu, biru, merah, krim tortie, krim biru, coklat-tortie, lilac-cream, lynx seal, blue lynx, lynx merah, krim lynx, tortie lynx, blue-cream lynx, chocolate lynx, lilac lynx, chocolate-tortie lynx dan lilac lilac-cream. Warna mata kucing Himalaya mayoritas berwarna biru cerah.

Kucing Himalaya adalah kucing yang sangat menikmati kebersamaan bersama pemiliknya. Ia suka bermain namun mereka tidak akan memporak-porandakan rumah kita. Mereka suka disikat bulu-bulunya dan diusap-usap. Meski mereka suka bermain-main, mereka adalah kucing yang tenang.

Jika sobat sedang bersantai, kucing ini tidak segan-segan akan duduk di pangkuan kita. Kucing Himalaya menyukai lingkungan yang tenang. Mereka tidak akan cocok tinggal dalam lingkungan yang berisik.

Catatan: kepribadian masing-masing kucing bisa berbeda. Namun kepribadian ini sudah mendarah daging dan tertanam dalam DNA mereka. Jadi bisa saja sifat kucing satu dengan lainnya akan berbeda.

Baca juga:

Kesehatan

Karena kucing Himalaya adalah hasil persilangan antara Persia dan Siam, mereka memiliki kemungkinan membawa penyakit turunan. Ada beberapa masalah kesehatan yang biasanya terjadi pada kucing jenis ini, yaitu:

  • Kesulitan bernapas atau suara nafas yang berat (karena hidung peseknya)
  • Maloklusi gigi, artinya gigi tidak menyatu dengan baik
  • Air mata berlebih
  • Kondisi mata seperti entropion dan atrofi retina progresif
  • Feline hyperesthesia syndrome (gangguan sistem saraf pada kucing)
  • Sensitivitas panas
  • Penyakit ginjal polikistik
  • Infeksi jamur
  • Seborrhea oleosa yaitu kondisi kulit yang menyebabkan gatal, kemerahan dan kerontokan rambut.

Namun tidak semua kucing akan mengalami salah satu atau beberapa masalah kesehatan di atas.

Kucing Himalaya
Anak Kucing Himalaya (koolandgang)

Perawatan

Ada beberapa hal penting yang harus sobat lakukan untuk memberikan perawatan terbaik bagi jenis ras kucing Himalaya ini:

  1. Hal yang paling penting untuk dipahami tentang merawat kucing Himalaya adalah kebutuhan perawatan sehari-hari. Bulu panjangnya yang indah harus terus mendapatkan perawatan yang rutin
  2. Bulunya harus disisir dengan lembut menyeluruh setiap hari, mandi secara teratur (setidaknya sekali sebulan)
  3. Selalu jaga kebersihan kotak pasirnya. Kucing ini tidak suka kondisi kotak pasir yang kotor. Ia akan cenderung meninggalkan kotak pasir yang belum dibersihkan
  4. Bersihkan matanya terutama di sudut-sudut mata. Masalah kucing ini adalah air matanya sering menetes. Dan tetesan ini jika tidak dibersihkan akan mengeras dan menimbulkan noda
  5. Sikat giginya untuk mencegah penyakit periodontal. Bersihkan giginya setidaknya satu kali dalam seminggu
  6. Jangan biarkan kucing ini berkeliaran diluar rumah. Kucing Himalaya adalah kucing rumahan. Banyak resiko yang bisa terjadi jika kucing ini berkeliaran di luar rumah seperti berkelahi dengan kucing lain, bertengkar dengan anjing liar dan bahkan dicuri orang lain.

Makanan Kucing Himalaya

Ada beberapa produk makanan khusus yang bisa diberikan kepada kucing jenis Himalaya ini. Terutama untuk memberikan perawatan dan menjaga bulunya agar tampil indah dan memukau.

Kucing Himalaya
Kucing Himalaya

Tentu saja sobat tidak harus hanya berfokus memberi makanan untuk merawat bulunya. Kita harus memberikan makanan yang memiliki nutrisi seimbang untuk menjaga kondisi tubuhnya secara keseluruhan.

Royal Canin Persian

Makanan ini memiliki nutrisi yang mampu menjaga dan merawat bulu panjangnya agar sehat dan nampak indah. Royal Canin Persian mengandung kompleks nutrien eksklusif yang mendukung pertahanan kulit dan mempertahankan kesehatan kulit dan rambut. Formula yang diperkaya asam lemak omega 3 (EPA & DHA) dan asam lemak omega 6.

Pro Plan Adult Derma Plus

Salah satu rekomendasi makanan kucing Himalaya yang sangat bagus untuk menjaga bulunya agar tetap sehat dan indah adalah Pro Plan Adult Derma Plus. Makanan ini mengandung nutrisi untuk membantu mewujudkan kulit dan lapisan yang sehat, untuk membantu meminimalisasi kerontokan bulu.

DERMA PLUS mengontrol pembentukan hairball dan dengan aman memperlancar proses melalui pencernaannya. Formula yang spesifik ini meliputi vitamin tinggi, mineral dan protein, penting untuk bulu dan jaringan epidermal untuk kulit sehat dan bulu berkilau (sumber). Secara spesifik sobat bisa melihat gambar berikut ini untuk manfaatnya secara lengkap.

Royal Canin Hair and Skin Care

Makanan ini adalah makanan lengkap dan seimbang untuk kucing dewasa yang diformulasikan khusus sebagai Nutrisi untuk kulit dan bulu kucing. Kombinasi dari asam lemak esensial, vitamin dan mineral dapat membantu regenerasi sel kulit lebih cepat.

Sedangkan antioksidan dari vitamin dan ekstrak dapat mendukung kesehatan kekebalan tubuh dengan mengurangi dampak radikal bebas pada kulit dan sel-sel rambut. Perpaduan dari asam amino, vitamin B, Omega 6, Omega 3 serta mineral bermanfaat untuk memelihara dan menjaga kemilau kulit dan bulu kucing yang sehat.

Me-O Persian

Me-O Persian juga direkomendasikan untuk dikonsumsi kucing Himalaya. Formulasi anti hairball sangat bagus untuk menjaga kesehatan pencernaan kucing.

Equilibrio Persian Long Hair

Equilibrio Persian Long Hair adalah makanan kucing impor dari Brazil berkualitas premium. Kombinasi dari komposisi pilihan dapat untuk mengatasi hairball pada kucing dewasa.

Selain juga dapat membantu untuk mengontrol pH pada urin dan mengurangi bau kotoran supaya tidak menyengat dan sangat baik untuk menjaga pertumbuhan bulu, bulu yang berkilau, dan tidak rontok.

Makanan Alami

Selain memberikan makanan kemasan, ada baiknya kucing Himalaya sobat juga diberi makanan alami. Beberapa makanan yang sangat direkomendasikan adalah:

  • Ikan tuna
  • Ikan Salmon
  • Daging ayam tanpa kulit (bagian terbaik adalah dada ayam)
  • Daging sapi
  • Daging bebek
  • Daging domba.

*Sajikan makanan ini dalam keadaan direbus atau dikukus ya JANGAN digoreng.

Rentang Usia

Dengan perawatan yang tepat dan ideal serta kondisi kesehatan yang selalu terjaga dengan baik, rentang usia atau harapan hidup kucing Himalaya berkisar antara 9 hingga 15 tahun.

Adopsi

Harga Kucing Himalaya

Untuk mengadopsi, harga kucing Himalaya sangat bervariasi. Semakin mahal semakin menunjukkan kualitas kucingnya. Sobat bisa mengadopsi kucing Himalaya dengan mempersiapkan dana berkisar antara Rp. 1.000.000 hingga Rp. 50.000.000 tergantung usia dan kualitasnya.

Baca juga:

Hal Penting

Sangat penting untuk mengadopsi kucing yang sehat. Beberapa sertifikat kesehatan atau keterangan bahwa kucing yang diadopsi tidak memiliki masalah kesehatan serius sangat dibutuhkan. Dan pastikan memilih breeder atau cattery yang memiliki sertifikasi resmi.

Kesimpulan

Kucing Himalaya bukanlah pilihan terbaik untuk rumah penuh anak-anak dan suasana rumah yang riuh. Akan tetapi mereka tidak berkeberatan hidup bersama anak-anak yang lemah lembut atau dengan hewan peliharaan lain seperti anjing yang tenang dan tidak suka mengejar-ngejar. Berilah perhatian yang cukup agar ia selalu mendapatkan kebahagiaan.

Kurang lebih 20 tahun berkutat dengan dunia kucing. Mengabdikan sebagian hidupnya melayani 5 ekor kucing peliharaan. Senang mempelajari perilaku kucing dan membagikan pengetahuan tentang kucing dengan para pecinta kucing.

Tinggalkan komentar