Tanda-tanda Kucing Sakit
Tanda-tanda Kucing Sakit

Tanda-tanda Kucing Sakit dan Pertolongan Awalnya

Posted on

KucingMania.net – Kucing sebagai mahluk hidup seperti manusia ada kalanya juga akan mengalami sakit. Kondisi cuaca yang tidak menentu serta beberapa faktor lain bisa saja memicu kucing menjadi sakit. Dan ketika kucing sakit dan tidak segera diberikan penanganan yang tepat, bisa saja kucing mengalami gangguan kesehatan serius yang bisa saja mengancam nyawanya. Oleh karena itu mari kita mengetahui apa sajakah tanda-tanda kucing sakit serta pertolongan awal apa saja yang bisa kita lakukan.

Tanda-tanda Kucing Sakit

1. Menyendiri
Kucing sakit cenderung akan suka menyendiri terutama di tempat yang gelap, sepi dan terhindar dari keramaian. Jika biasanya ia suka bermain atau bercengkrama dengan kita namun tiba-tiba ia suka bersembunyi, ini adalah gejala ada sesuatu yang salah dengan kucing kita.

2. Pendiam
Jika kucing biasanya aktif dan lincah, ketika ia tiba-tiba menjadi pendiam juga menandakan ada yang salah dengan dirinya.

3. Lemas
Jika kucing mengalami lemas, ini juga menandakan ada yang salah dengan kondisi tubuhnya. Jika kucing cukup makan namun tetap terlihat lemas, bisa dipastikan kucing sedang sakit.

Ciri-ciri kucing sakit
Ciri-ciri kucing sakit dan penanganan awal

4. Selera Makan Turun / Hilang
Tanda-tanda kucing sakit berikutnya adalah menurunnya atau bahkan hilangnya selera makan mereka. Jika biasanya ia lahap dengan makanannya dan kemudian tidak mau makan, kucing sedang mengalami masalah serius dengan tubuhnya.

5. Muntah Terus Menerus
Kucing mengalami muntah adalah hal yang wajar. Terkadang kucing memang harus muntah untuk mengeluarkan zat-zat berbahaya yang tercampur dengan makanannya. Namun jika kucing mengalami muntah terus menerus, hal ini menandakan ada sesuatu yang salah sedang terjadi kepada kucing tersebut. Apalagi jika kucing mengalami muntah cairan berwarna kuning hal ini menandakan ia sedang sakit serius (muntah kuning bisa menandakan kucing terkena Panleukopenia atau masalah lain seperti masalah lambung).

6. Lebih Berisik
Pada beberapa kucing, jika ia mengalami sakit akan cenderung lebih berisik daripada biasanya. Hal ini dikarenakan kucing mencari perhatian kepada pemiliknya.

7. Mencari Tempat Dingin
Kucing sobat tiba-tiba suka tiduran di dalam kamar mandi atau di tempat yang cederung lebih dingin? Hal ini juga bisa menandakan kucing mengalami masalah kesehatan. Beberapa kucing ketika mengalami tubuh yang panas, ia akan lebih suka mencari tempat yang dingin seperti di dalam kamar mandi.

8. Nafas Bau / Bau Mulut
Salah satu tanda-tanda kucing sakit adalah nafasnya menjadi lebih bau. Terutama yang berasal dari dalam mulutnya. Mulut yang sangat bau menandakan ada masalah pada bagian dalam tubuh kucing. Bedakan antara mulut mau makanan atau ikan dengan bau yang tidak sedap.

Jika kucing sudah menunjukkan tanda-tanda mengalami sakit seperti diatas, sebelum membawanya ke dokter, sobat bisa memberikan pertolongan pertama kepada kucing:

  • Beri asupan vitamin guna meningkatkan daya tubuhnya. Vitamin seperti Viusid, Imboost Kids, Biolysin atau Curcuma Plus sangat bagus untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh kucing.
  • Beri kuning telur yang dicampur dengan madu.
  • Jika kucing sangat lemas, beri dia air gula.
  • Berikan susu Bear Brand untuk menunjang daya tahan tubuhnya.
  • Beri kucing Vitamin B Kompleks. Vitamin ini bisa dicampurkan di dalam makanannya.

Nah sobat itulah beberapa tanda-tanda kucing sakit yang harus diketahui. Jangan lupa selalu memberikan vitamin yang rutin serta pastikan kucing sudah mendapatkan vaksin agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan yang serius. Semoga bermanfaat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *