Cara Membuat Makanan Kucing Sendiri

Makanan kucing adalah elemen yang harus selalu tersedia ketika kita memelihara kucing. Seperti yang kita tahu saat ini banyak berbagai jenis dan merk makanan kucing yang tersedia di pasaran. Namun makanan yang terbaik bagi kucing adalah makanan kucing alami seperti tikus, cicak, burung dan beberapa lainnya.

Namun kucing peliharaan kita tentu tidak mungkin kita beri makanan seperti tikus kan? Nah pada artikel ini saya akan berbagi cara membuat makanan kucing sendiri yang bisa kita “racik” di rumah.

Sebagai karnivora, makanan favorit kucing adalah makanan yang berbahan daging. Selain itu adalah ikan-ikanan. Resep makanan kucing yang akan saya berikan disini akan mengandung bahan-bahan tersebut. Cara bikin makanan kucing ini mudah untuk diaplikasikan.

Cara Membuat Makanan Kucing Sendiri

Daging Ayam Giling

Daging ayam giling bisa menjadi menu yang sehat untuk kucing kesayangan kita. Bahan yang digunakan adalah murni daging ayam tanpa campuran bahan-bahan. Untuk lebih menghemat harga, jangan menggunakan 1 ekor ayam utuh. Bahan-bahannya:

  • 1 KG kepala ayam, hati, kaki/ceker.
  • 1 potong dada ayam.

Perpaduan bahan diatas menurut pengalaman pribadi tidak akan menghabiskan dana lebih dari 20 ribu rupiah. Sobat bisa menggiling sendiri di rumah dengan menggunakan gilingan daging atau menggunakan blender khusus daging. Namun blender khusus daging tidak terlalu bagus untuk menghancurkan tulang-tulang ayam tersebut. Sobat bisa menggunakan jasa penggilingan yang biasanya tersedia di pasar.

Ingat giling semua termasuk tulang-tulangnya. Resep diatas cukup untuk memberikan makan ke kucing untuk 3 hari (jika full memberikan olahan ini) dan bisa seminggu (jika dipadukan dengan memberikan makanan kucing lain seperti dry food atau wet food).

Cara Membuat Makanan Kucing Sendiri
Ikan adalah salah satu makanan favorit kucing

Tongkol Suwir + Tempe Kukus

Tongkol tidak bisa dipungkiri adalah ikan favorit kucing. Memberikan variasi makanan seperti tongkol suwir adalah salah satu hal yang sangat baik. Caranya membuat makanan kucing ini juga sangat mudah. Sobat tinggal memotong/suwir tongkol menjadi bagian kecil-kecil. Kenapa harus di suwir? Karena sekaligus untuk memisahkan duri yang cukup berbahaya jika tertelan atau menyangkut di gigi kucing.

Setelah ikan tongkol disuwir, kukuslah bersamaan dengan tempe yang sebelumnya sudah dipotong kecil-kecil. Memberikan tempe kukus bersamaan memiliki fungsi untuk mencegah kucing mencret. Tempe kukus dikenal baik untuk menangkal kucing mencret.

Ayam Suwir + Agar-agar

Makanan alami kucing yang bagus berikutnya adalah ayam suwir yang dicampur dengan agar-agar. Pilihlah dada ayam sebagai bahan ayam suwir. Setelah ayam disuwir kemudian kukuslah hingga matang. Setelah matang dinginkan kemudian beri campuran agar-agar. Jika diberi campuran agar-agar kucing tidak doyan, campur ayam suwir dengan tempe kukus. Atau cukup berikan saja murni dada ayam suwir kukus jika sobat memiliki dana lebih.

Baca juga: Makanan Sehat Untuk Kucing Kesayangan Kita

Kucingmania.net

Kepala Ayam + Kaldu Ayam

Memberikan kucing perpaduan makanan ini sangat bagus untuk menggemukkan kucing. Hancurkan kepala ayam hingga lembut kemudian rebus dengan air secukupnya hingga matang. Nah biasanya ketika proses merebus selesai, akan ada kaldu ayam pada hasil rebusan tadi. Berikan bersamaan ketika sudah hangat.

Atau presto kepala ayam hingga lembut dan berikan campuran wortel ketika melakukan proses presto. Selesai dipresto, hancurkan kepala ayam menggunakan garpu hingga hancur secukupnya.

Lele Kukus + Tempe Kukus

Cara membuat makanan kucing sendiri ini sangat-sangat mudah. Sobat tinggal mengukus lele dicampur dengan tempe. Jangan lupa pastikan memisahkan bagian duri/tulang ikan lele untuk menghindari hal yang membahayakan kucing.

Ayam Suwir + Sayur

Tidak ada salahnya memberikan sayur dalam campuran makanan kucing. Sobat bisa memberikan ayam suwir yang dikukus bersamaan dengan sayur seperti brokoli atau wortel. Campurkan sayur dengan ayam suwir kukus secara merata agar sayur tersebut tercampur aromanya diantara aroma ayam.

Ayam Suwir + Kuning Telur

Memberikan campuran kuning telur terutama telur ayam kampung pada ayam suwir kukus juga sangat baik untuk kucing. Namun ingat untuk kuning telur jangan dikukus jadi campur saja dalam keadaan mentah. Jadi kuning telur tersebut campur jadi satu dengan ayam suwir kukus.

Tongkol + Tempe + Agar-agar

Cara membuat makanan kucing sendiri yang berikutnya yaitu ikan tongkol diblender bersamaan dengan tempe (potong tempe kecil-kecil seperti dadu) dan agar-agar. Kemudian setelah itu kukus sebelum disajikan. Perpaduan resep ini banyak disukai oleh kucing.

Atau bisa juga campur tongkol + tempe + agar-agar direbus dengan air terlebih dahulu. Setelah itu sobat tinggal memblendernya. Simpan di kulkas dan Anda tinggal menghangatkan ketika akan menyajikan.

Tongkol + Ubi + Agar-agar

Memadukan tongkol, ubi dan agar-agar juga sangat bagus dan bisa menggemukkan kucing. Caranya rebus jadi satu semua bahan tersebut. Setelah direbus silahkan blender dan tunggu hingga agar-agar membeku. Selain ubi, sobat juga bisa menggunakan kentang.

TIPS:

  • Selalu kukus atau rebus makanan diatas, memberikan makanan goreng akan membuat bulu kucing mudah rontok.
  • Simpan di kulkas/freezer setelah membuat resep diatas jika ingin tahan lama. Keluarkan dari kulkas ketika akan dikukus.
  • Tambahkan minyak ikan dalam olahan makanan diatas.

Baca juga: Makanan Penggemuk Kucing – Gemukkan Si Kurus

Nah sangat mudah sekali kan cara membuat makanan kucing sendiri? Saya pribadi 80% menyajikan makanan diatas untuk kucing dirumah. Kucing-kucing saya dry food hanyalah “camilan” yang kurang mengenyangkan. Mereka akan lebih “tenang” setelah diberikan makanan kucing diatas. Tidak peduli kucing ras atau kucing domestik (kampung) memberikan makanan diatas sangat baik untuk asupan gizi dan nutrisi harian mereka. Semoga bermanfaat.

Bagikan di:

Tinggalkan komentar