Kucing Sesak Nafas
Kucing Sesak Nafas

Mewaspadai Kucing Sesak Nafas dan Penanganannya

Posted on

KucingMania.net – Sama halnya dengan manusia, kucing juga bisa mengalami sesak nafas. Ada beberapa faktor penyebab kucing sesak nafas. Bisa saja dipicu oleh masalah kesehatan yang diderita oleh kucing. Oleh karena itu kita sebagai pemilik kucing harus tahu apa saja penyebab kucing sesak nafas agar bisa memberikan penanganan yang tepat kepada kucing kesayangan.

Sebenarnya jarang sekali kucing mengalami masalah sesak nafas. Namun masalah kucing sesak nafas ini banyak disebabkan oleh beberapa masalah kesehatan yang menyerang kucing. Gangguan masalah pernafasan (Dispnea) biasanya terjadi pada kucing yang ditunjukkan dengan ciri-ciri kucing akan berdiri atau berjongkok dengan siku membungkuk jauh dari dada dan dengan kepala serta leher terentang. Beberapa masalah kesehatan lain yang bisa menyebabkan kucing sesak nafas adalah:

  1. Hydrothorax: Adanya cairan yang menumpuk di dada dan perut.
  2. Pembesaran jantung (Kardiomiopati). Sering menyebabkan gagal jantung kongestif.
  3. Penyakit Asma.
  4. Cacing hati.
  5. Feline infectious peritonitis (FIP) atau radang selaput rongga perut dan dada pada kucing. Tidak ada perawatan yang akan menghilangkan virus yang menyebabkan FIP. Begitu gejala infeksi muncul, tidak banyak yang bisa dilakukan. Efek dari virus ini dapat ditekan dengan glukokortikoid (steroid) untuk sementara waktu, tetapi akhirnya kucing akan menyerah pada virus.
  6. Hal-hal lain yang dapat menyebabkan kucing kesulitan bernafas adalah: trauma, tumor, hiatal hernia, hernia diafragmatik, perdarahan (hemothorax), dan infeksi (pyothorax dan pleurisy).

Beberapa dampak ketika kucing mengalami masalah sesak nafas:

  1. Nafasnya tersengal-sengal dan cenderung bersuara.
  2. Berdiri atau berjongkok dengan siku menjauh dari tubuh, dan kepala dan leher terentang.
  3. Kehilangan selera makan.
  4. Lethargy atau keengganan untuk bergerak.
  5. Kucing akan sering bersembunyi.
  6. Batuk (dalam beberapa kasus).
  7. Gusi kebiruan atau keunguan.
Salah satu ciri kucing sesak nafas
Salah satu ciri kucing sesak nafas

Untuk menangani masalah kucing sesak nafas, langkah terbaik adalah membawa kucing sakit ke dokter hewan untuk mengetahui penyebab masalah ini lebih lanjut. Dokter akan melakukan observasi fisik secara menyeluruh serta memberikan perhatian khusus pada suara jantung dan paru-paru serta melakukan Rontgen dada. Jika ada bukti akumulasi cairan di dada, cairan akan dikeluarkan dan dianalisis. Tes darah juga akan dilakukan. Jika masalah utama adalah jantung, elektrokardiogram dan mungkin echocardiogram akan direkomendasikan.

Jika terjadi masalah penumpukan cairan di dada, perawatan difokuskan pada mengeluarkan cairan dari dada dan mencegahnya kembali sehingga kucing dapat bernapas dengan mudah. Cairan awalnya akan disedot dengan memasukkan jarum ke dada dan secara manual mengeluarkan cairan sebanyak mungkin.

Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati

Sebagian besar penyakit yang mempengaruhi dada akan memerlukan perawatan yang lama atau bahkan seumur hidup. Penyakit-penyakit ini umumnya memperpendek rentang hidup kucing. Yang terburuk adalah FIP, yang biasanya terbukti fatal menyebabkan kematian pada kucing dalam 1 hingga 2 bulan. Oleh karena itu ada baiknya mencegah supaya kucing tidak mengalami gangguan ini adalah langkah terbaik yang bisa kita lakukan.

Baca juga: Sakit Mata Pada Kucing Yang Harus Diwaspadai

Memang tidak banyak pilihan yang bisa dilakukan untuk mencegah masalah kucing sesak nafas. Beberapa kasus kardiomiopati disebabkan oleh kekurangan taurin dan asam amino. Beberapa makanan kucing komersial sudah diformulasikan dengan jumlah taurin yang cukup. Sobat juga bisa membeli suplemen yang mengandung taurin. Pada dasarnya berilah kucing makanan yang berkualitas dimana kandungannya harus ada taurin yang cukup. Untuk mencegah FIP, ada vaksin khusus untuk mencegahnya. Konsultasikan pemberian vaksin FIP dengan dokter hewan.

Gravatar Image
Tertarik menggeluti dunia kucing. Sementara ini masih memiliki dua peliharaan kucing berjenis Dome (kucing kampung) dan Mix. Menumpahkan rasa ketertarikan dengan kucing pada blog ini. Semoga tulisan ini memberi manfaat bagi para penggemar kucing lainnya.

Silahkan Berkomentar