8 Hal yang Disukai Kucing

Dalam beberapa hal, kucing memiliki kemiripan dengan manusia. Beberapa hal yang disukai manusia kucing juga suka. Seiring bertambahnya usia, manusia dan kucing juga memiliki kesukaan yang juga hampir sama. Banyak hal yang disukai kucing yang beberapa diantaranya sudah ada turun temurun dalam DNA mereka.

Secara umum (bisa berbeda pada masing-masing kucing) kucing memiliki kesukaan dan kegemaran yang sama dalam hidup mereka. Sebagai pemilik yang pengertian, sudah menjadi kewajaran bagi kita agar tahu apa yang menjadi kesukaan kucing kita agar kita bisa memberikan mereka kebahagiaan.

Tidur

Sebagian besar dalam hidup mereka, kucing akan menghabiskan waktu untuk tidur. Waktu tidur mereka berkisar antara 12 hingga 16 jam dalam 24 jam kehidupan mereka. Dan sebagian besar waktu tidur mereka dilakukan pada siang hari. Kucing akan lebih sering aktif pada malam hari karena mereka adalah nokturnal.

yang Disukai Kucing
Kucing adalah raja tidur

Anak-anak kucing dan kucing lanjut usia diketahui yang paling banyak tidur jika dibandingkan dengan kucing dewasa. Hal ini wajar karena usia dewasa adalah puncak usia mereka dalam beraktifitas. Namun sobat juga harus paham batas wajar waktu tidur pada kucing. Karena jika kucing terlalu sering tidur dan nampak lesu, maka ada yang salah dengan mereka.

Menyukai Pemiliknya

Meskipun mereka tidak akan mengungkapkannya, sebagian besar kucing yang dipelihara diketahui sangat menyukai pemiliknya. Bahkan kucing yang bersifat cuek sekalipun mereka menganggap pemiliknya ada manusia favorit mereka.

Beberapa ciri ketika kucing menyukai kita adalah:

  • Suka duduk berdekatan.
  • Duduk di pangkuan.
  • Purring atau mendengkur jika berdekatan.
  • Menjilat bagian tubuh kita.
  • Merebahkan kepala dan tubuh ke tubuh kita.
  • Menempelkan pantat ke bagian tubuh kita.

Mengamati Burung

Hal yang disukai kucing berikutnya adalah mengamati burung. Mengamati dalam hal ini ada dua kemungkinkan. Pertama adalah karena hanya ingin melihat dan suka melihat burung. Kedua adalah “mengukur” peluang dan memperhitungkan cara untuk menangkap mereka.

Bermain-main

Tidak peduli usia, kucing sangat suka bermain-main. Bahkan kucing lanjut usia bisa sangat menikmati waktu mereka dengan bermain-main. Bermain benang, bola dan berbagai benda yang bisa bergerak lainnya diketahui sangat menarik minat mereka. Kucing yang aktif bermain adalah salah satu ciri kucing sehat. Selain itu, aktifitas bermain-main adalah untuk menjaga dan mengasah naluri berburu mereka.

Mencakar dan Menggaruk

Menggaruk dan mencakar permukaan tertentu adalah naluri alami kucing untuk mengasah cakar-cakar mereka. Selain itu, menggaruk dan mencakar adalah kesenangan para kucing. Dan aktifitas cakaran dan garukan ini adalah salah satu upaya peregangan tubuh kucing. Sangat sering kita lihat kucing akan mencakar dan menggaruk permukaan seperti karpet atau sofa selepas mereka bangun tidur.

Air Mengalir

Kucing diketahui sangat menyukai air yang mengalir. Beberapa kucing bahkan hanya mau minum dari air yang mengalir atau menetes. Seperti contohnya air yang mengalir dari air keran. Bahkan saat ini banyak sekali produk tempat minum khusus kucing yang dirancang sedemikian rupa agar airnya selalu tetap mengalir.

yang Disukai Kucing
Kucing suka air yang mengalir

Makanan Segar, Sehat dan Bergizi

Tidak banyak kucing bisa mengungkapkan betapa mereka menyukai makanan yang segar, sehat dan tentu saja bergizi. Coba tanya para kucing liar yang sehari-hari terpaksa mengais makanan dari sampah. Jika mereka bisa menjawab dan memilih, mereka tentu akan memilih makanan kucing yang segar dan bergizi.

Oleh karena itu hindari memberi makanan sisa-sisa kepada kucing peliharaan. Sebisa mungkin berikan makanan sehat yang layak agar kualitas hidup mereka terjamin dengan baik. Memberikan makanan yang kadaluarsa dan semacamnya akan memberikan efek buruk jangka panjang bagi kesehatan kucing.

Perawatan dan Kebersihan

Kucing sangat suka dengan yang namanya kebersihan dan perawatan diri. Selain tidur, sebagian besar waktu mereka digunakan untuk perawatan diri. Kucing tidak suka tubuh mereka kotor. Kucing juga tidak suka lingkungan hidup mereka kotor. Jika kotak pasir mereka sangat kotor, bisa saja mereka memilih untuk buang kotoran di tempat lain.

Baca juga: 7 Hal yang Tidak Disukai Kucing

Perawatan diri seperti menjilati bagian tubuh mereka juga merupakan salah satu upaya mereka untuk relaksasi. Mereka sangat menikmati proses ini dan kegiatan ini bisa mengurangi stres. Bahkan kucing juga dengan senang hati membersihkan tubuh kucing lain seperti induk menjilati anak-anaknya.

Jadi proses perawatan tubuh ini memberi beberapa manfaat bagi kucing yaitu:

  • Menjaga kebersihan.
  • Menjaga kesehatan bulu kucing.
  • Relaksasi.
  • Menjaga dan mempererat ikatan dengan kucing lain.
  • Mendinginkan tubuh.
Bagikan di:

Tinggalkan komentar