Umur Berapa Anak Kucing Berhenti Menyusui?

Bayi kucing yang baru dilahirnya akan menyusu kepada induknya. Tapi mulai umur berapa anak kucing berhenti menyusui?

Semenjak bayi kucing dilahirkan, naluri alamiah mereka adalah membutuhkan susu. Susu sangat penting bagi pertumbuhan dan kesehatan bayi-bayi kucing terutama pada empat minggu awal usia mereka.

umur berapa anak kucing berhenti menyusui
Umur berapa anak kucing berhenti menyusui

Tidak ada makanan lain yang bisa dikonsumsi oleh bayi kucing selain susu. Baik itu susu alami dari induk mereka atau susu formula khusus untuk anak kucing.

Umur Berapa Anak Kucing Berhenti Menyusui?

Secara umum, proses penyapihan anak kucing sudah dimulai ketika usia mereka mulai menginjak usia 4 hingga 5 minggu (1 hingga 1.5 bulanan). Ketika itulah mereka akan mulai mengurangi menyusu pada induk mereka dan mulai belajar makan.

Proses penyapihan secara keseluruhan membutuhkan waktu sekitar satu bulan, yang berarti bahwa anak kucing biasanya secara penuh disapih ketika mereka berusia antara 8 hingga 12 minggu (usia 3 bulan).

Ketika mereka berhenti menyusu, mereka harus mendapatkan semua gizi dan nutrisi yang berasal dari makanan khusus untuk anak kucing.

Ketika proses menyapih dimulai, anak kucing biasanya siap untuk mulai makan makanan basah atau kering, meskipun mereka terkadang juga masih menyusui dengan induknya.

Umur Berapa Anak Kucing Berhenti Menyusui
Anak kucing berhenti menyusui sepenuhnya pada usia 3 bulan

Bagaimana memulai proses menyapih? Perlu diketahui, proses penyapihan yang dilakukan secara tiba-tiba dapat memiliki efek negatif pada anak-anak kucing terkait dengan kesehatan, kemampuan belajar makan, menggunakan kotak pasir, dan bermain.

Anak kucing harus tetap bersama induk mereka selama proses penyapihan, karena induk akan lebih tahu apa yang harus dilakukan.

Bagaimana memperkenalkan anak kucing ke makanan padat? Saat anak kucing sudah terbiasa makan, kurangi jumlah susu formula pengganti yang sobat berikan secara bertahap.

Ketika anak kucing berusia delapan hingga sepuluh minggu, pelan-pelan kurangi pemberian susu pada anak kucing. Berikan makanan basah dan terutama makanan khusus untuk anak kucing.

Untuk menyapih kucing yang tidak memiliki induk, proses penyapihan bisa dilakukan lebih cepat daripada kucing yang sedari kecil sudah dirawat induknya.

Biasanya anak kucing tanpa induk bisa mulai berhenti minum susu secara bertahap sedari usia tiga hingga empat minggu. Mulailah dengan menawarkan susu di piring/mangkuk.

Secara bertahap, anak kucing perlahan-lahan mulai terbiasa makan, kurangi secara bertahap jumlah susu yang mereka minum. Mereka bisa benar-benar berhenti minum susu pada usia lima hingga enam minggu dan sejak usia ini mereka seharusnya sudah bisa makan makanan khusus anak kucing.

Baca juga:

Kesimpulan

Kembali kepada pertanyaan awal, umur berapa anak kucing berhenti menyusui?

  1. Untuk anak kucing yang dirawat induknya mulai mereka lahir, anak-anak kucing akan mulai mengurangi menyusu pada usia delapan minggu atau 2 bulan. Dan pada usia 10 hingga 12 minggu (3 bulan), mereka akan berhenti minum susu seutuhnya dan mulai makan makanan padat.
  2. Untuk kucing yatim piatu, tahapan proses mulai mengurangi susu bisa dimulai pada usia 4 mingguan (1 bulan). Dan mereka bisa berhenti minum susu secara penuh ketika menginjak usia 8 hingga 12 minggu (2 bulan).

Dari penjelasan singkat diatas, sudah cukup jelas jawaban atas pertanyaan umur berapa anak kucing berhenti menyusui. Ingat, susu sangat penting bagi pertumbuhan anak kucing. Dan jangan memberikan makanan selain susu ketika anak kucing belum melewati usia empat minggu.

Baca juga:

Kurang lebih 20 tahun berkutat dengan dunia kucing. Mengabdikan sebagian hidupnya melayani 5 ekor kucing peliharaan. Senang mempelajari perilaku kucing dan membagikan pengetahuan tentang kucing dengan para pecinta kucing.

85 pemikiran pada “Umur Berapa Anak Kucing Berhenti Menyusui?”

  1. Bang kucing saya udh gk mau minum susu terus dikasi minum di tempat belom bisa jadi dia gk minum kalo abis makan harus gmn ya?

    Balas
    • Selama mau makan dengan lancar biarkan saja dulu kak. Beri makanan yang mengandung air seperti makanan basah. Pasti nanti lama-lama akan belajar minum secara naluriah.

      Kalau memang parah bener-bener gak mau minum selama berhari-hari, beri saja minum dengan paksaan menggunakan pipet atau spuit.

      Balas
  2. Kucing saya sekitar 2 bulan, d coba di sampih tp dia gk kenyang kenyang minum air jarang, makanan dry food dia agak gk suka habis knp ya ?

    Balas
    • Banyak kitten belajar makan kurang suka dengan dryfood karena aromanya kurang memikat. Coba dryfood nya dicampur dengan sedikit wetfood seperti whiskas, life cat atau super cat (3 merk ini murah tapi aromanya kuat). Atau dryfood nya dicampur tongkol atau tuna kukus.

      Balas
  3. Kak, anabulku ada 2 ekor. Usia kira-kira udh 2 bulan. Kucing rescue tanpa induk. Awalnya nemu di kantor, masih kecil, tapi lincah dan perutnya buncit. Kamis minggu lalu akhirnya saya bawa ke kontrakan, lgsg kasih combantrin anak dg dosis 0.2 ml. Nafsu makan msh bagus dan sering, maaf -pup- dan bentuknya padat.

    Rabu kmren sy bawa ke klinik utk diperiksa krn badannya panas, ternyata diperiksa dokter, itu suhunya normal, namun badan mereka penuh jamur, dan kemungkinan cacingan. Dikasih suntik vitamin dari dubur sm dokternya. Tapi, besoknya mereka malah mencret dan makanannya dilepehin lagi kak. Sampai saat ini sy masih gonta ganti kasih makanan basah atau kering. Apakah itu ngaruh kak? atau mereka stress di lingkungan baru? tp awalnya masih banyak2 aja makannya.

    Balas
    • 1. Untuk jamurnya bisa baca di sini: Obati Jamur Pada Kucing dengan Cara Ampuh Ini
      2. Untuk mencret bisa baca di sini: Anak Kucing Mencret? Begini Cara Mengobatinya

      Ganti-ganti makanan tentu saja akan berpengaruh ke kucing, dan mencret itu adalah salah satu pengaruh kuatnya. Saran saya, untuk mencret bisa diatasi dengan:
      1. beri makan tongkol + tempe kukus (berikan rutin, meski sudah tidak mencret tetap terus diberikan).
      2. Atau, fokus dulu sembuhkan mencret dengan diberi Royal Canin Gastrointestinal.
      Beri juga asupan multivitamin (curcuma plus, biolysin atau imboost kids)

      Kalau sudah sembuh, fokus pada 1 merk makanan tertentu. Silahkan pilih makanan kering apa saja yang penting kucingnya doyan.
      Dan jemur pagi hari (kalau memungkinkan) antara jam 8 hingga jam 10. Jemur sekitar 10 menita saja cukup (berguna untuk daya tahan dan mengatasi jamurnya).

      Balas
  4. kucingku 6 bulan tapi masih menyusu badan. Sudah ku pukul tapi masih menyusu juga. Induknya juga memberi susu . Risau anak induk yang baru dilahirkan kekurangan susu. Bagaimana cara paling efektif selain di pukul.?

    Balas
    • Wah jangan dipukul. Mending dipisahkan sejauh mungkin. Yang sudah besar bisa diadopsikan. Atau pastikan makanan cukup supaya tidak selalu lapar dan berusaha minum susu terus. Bisa juga diberi susu kambing saja di mangkuk untuk yang besar.

      Balas

Tinggalkan komentar