Umur Berapa Anak Kucing Berhenti Menyusui?

Bayi kucing yang baru dilahirnya akan menyusu kepada induknya. Tapi mulai umur berapa anak kucing berhenti menyusui?

Semenjak bayi kucing dilahirkan, naluri alamiah mereka adalah membutuhkan susu. Susu sangat penting bagi pertumbuhan dan kesehatan bayi-bayi kucing terutama pada empat minggu awal usia mereka.

umur berapa anak kucing berhenti menyusui
Umur berapa anak kucing berhenti menyusui

Tidak ada makanan lain yang bisa dikonsumsi oleh bayi kucing selain susu. Baik itu susu alami dari induk mereka atau susu formula khusus untuk anak kucing.

Umur Berapa Anak Kucing Berhenti Menyusui?

Secara umum, proses penyapihan anak kucing sudah dimulai ketika usia mereka mulai menginjak usia 4 hingga 5 minggu (1 hingga 1.5 bulanan). Ketika itulah mereka akan mulai mengurangi menyusu pada induk mereka dan mulai belajar makan.

Proses penyapihan secara keseluruhan membutuhkan waktu sekitar satu bulan, yang berarti bahwa anak kucing biasanya secara penuh disapih ketika mereka berusia antara 8 hingga 12 minggu (usia 3 bulan).

Ketika mereka berhenti menyusu, mereka harus mendapatkan semua gizi dan nutrisi yang berasal dari makanan khusus untuk anak kucing.

Ketika proses menyapih dimulai, anak kucing biasanya siap untuk mulai makan makanan basah atau kering, meskipun mereka terkadang juga masih menyusui dengan induknya.

Umur Berapa Anak Kucing Berhenti Menyusui
Anak kucing berhenti menyusui sepenuhnya pada usia 3 bulan

Bagaimana memulai proses menyapih? Perlu diketahui, proses penyapihan yang dilakukan secara tiba-tiba dapat memiliki efek negatif pada anak-anak kucing terkait dengan kesehatan, kemampuan belajar makan, menggunakan kotak pasir, dan bermain.

Anak kucing harus tetap bersama induk mereka selama proses penyapihan, karena induk akan lebih tahu apa yang harus dilakukan.

Bagaimana memperkenalkan anak kucing ke makanan padat? Saat anak kucing sudah terbiasa makan, kurangi jumlah susu formula pengganti yang sobat berikan secara bertahap.

Ketika anak kucing berusia delapan hingga sepuluh minggu, pelan-pelan kurangi pemberian susu pada anak kucing. Berikan makanan basah dan terutama makanan khusus untuk anak kucing.

Untuk menyapih kucing yang tidak memiliki induk, proses penyapihan bisa dilakukan lebih cepat daripada kucing yang sedari kecil sudah dirawat induknya.

Biasanya anak kucing tanpa induk bisa mulai berhenti minum susu secara bertahap sedari usia tiga hingga empat minggu. Mulailah dengan menawarkan susu di piring/mangkuk.

Secara bertahap, anak kucing perlahan-lahan mulai terbiasa makan, kurangi secara bertahap jumlah susu yang mereka minum. Mereka bisa benar-benar berhenti minum susu pada usia lima hingga enam minggu dan sejak usia ini mereka seharusnya sudah bisa makan makanan khusus anak kucing.

Baca juga:

Kesimpulan

Kembali kepada pertanyaan awal, umur berapa anak kucing berhenti menyusui?

  1. Untuk anak kucing yang dirawat induknya mulai mereka lahir, anak-anak kucing akan mulai mengurangi menyusu pada usia delapan minggu atau 2 bulan. Dan pada usia 10 hingga 12 minggu (3 bulan), mereka akan berhenti minum susu seutuhnya dan mulai makan makanan padat.
  2. Untuk kucing yatim piatu, tahapan proses mulai mengurangi susu bisa dimulai pada usia 4 mingguan (1 bulan). Dan mereka bisa berhenti minum susu secara penuh ketika menginjak usia 8 hingga 12 minggu (2 bulan).

Dari penjelasan singkat diatas, sudah cukup jelas jawaban atas pertanyaan umur berapa anak kucing berhenti menyusui. Ingat, susu sangat penting bagi pertumbuhan anak kucing. Dan jangan memberikan makanan selain susu ketika anak kucing belum melewati usia empat minggu.

Baca juga:

Kurang lebih 20 tahun berkutat dengan dunia kucing. Mengabdikan sebagian hidupnya melayani 5 ekor kucing peliharaan. Senang mempelajari perilaku kucing dan membagikan pengetahuan tentang kucing dengan para pecinta kucing.

85 pemikiran pada “Umur Berapa Anak Kucing Berhenti Menyusui?”

  1. Hai ka, aku abis nemu anak kucing yang baru lahir tapi induknya gak mau ngerawat bahkan ari arinya aja masih nempel. Gimana caranya untuk cari indukan baru sedangkan udah sempet dikasih susu melalu pipet.

    Balas
  2. Saya mau tanya ..saya punya kucing dan punya 1 anak ..tapi kucing saya tidak mau makan ..hanya mau minum saja ..tapi dya masih menyusui ..umur’y 2,5 bulan ..apa tidak masalah kalau kitten yang menyusui tidak makan

    Balas
  3. Kak mohon bantu.. Ada kucing jalanan yg tiap hari minta makan. Ini adalah induk 3 kitten.. Nah ga ngerti ada tetangga yg jahat buang kitten tsb.. Si induk kasian susunya keras karena udah seminggu ga susuin anaknya. Anaknya sekitar umur 8mg.. Bagaimana ya. Saya takut induk itu mati. Sedangkan ada induk lain dengan 3 anak jg susunya malah kekurangan krn induknya kecil dan anaknya hanya mau nyusu.. Mohon saran tks. (susah bw ke dokter hewan krn ini kucing jalanan, hanya cari cara yg paling simple. Tks)

    Balas
    • Cara paling simpel ya?
      Induk yang putingnya mengeras:
      1. Kalau dia jinak, putingnya sering dikompres air hangat.
      2. Dicarikan kitten pengganti minimal 1 kitten saja. Saya pernah kasus seperti ini (tapi kasusnya anak-anaknya yang mati), akhirya keliling² cari kitten terlantar dengan usia yang sama. Induk yang “putus asa” ditinggal kitten biasanya mudah menerima kehadiran kitten lain untuk disusui.

      Induk lain dengan 3 anak: ini cukup dilema, sebenarnya bisa anaknya diambil 1 untuk dioperkan ke induk yang tadi kehilangan kitten. Namun masalahnya kitten nya tidak mesti bisa cocok dengan induk lain. Namun tidak ada salahnya dicoba dulu. Dengan catatan pastikan kedua induk ini harus terpisah posisinya. Kalau dia kurus, mau tidak mau kalau ada yang peduli ya bisa dibantu diberi makanan.

      Mungkin saran saya fokus ke induk yang kehilangan kitten saja, dicarikan kitten pengganti. Itu solusi paling simpel.

      Balas
  4. Mas, jadi efektifnya susu bantu utk kitten kita kasih hingga usia 2 bulan y? Setelah itu apakah masih berpengaruh bagi pertumbuhannya? Soalnya kitten saya sdh usia 7 minggu dan cadangan susu RC msh byk. Klo lepas 8 minggu (2bln) tdk berpengaruh bagi pertumbuhannya mau saya simpan utk baby kitten kalau lahir berikutnya

    Balas
  5. Maaf pertanyaan saya tadi bukannya tidak nyambung sama pembahasan ttg menyusui, tapi saya lupa bahas begini…jadi setelah kitten tadi diculik dan disusui oleh induk kucing saya yg baru melahirkan itu…induk kucing kitten kandungnya malah sekarang tidak mau menyusui kitten yg diculik dan disusui tadi, jadi kasian kitten saya gak diakui sama induk kandungnya…saya harus bagaimana supaya induknya itu mau menyusui kitten itu lagi? Terima kasih sebelumnya, maaf panjang dan dua kali pertanyaannya…mohon dijawab kaa

    Balas
    • Untuk induk yang menculik bisa saja dia stres. Apakah ini kelahiran pertama? Untuk induk yang anaknya diculik kemudian sudah tidak mau menyusui hal tersebut masuk akal. Bau anak kucingnya sudah berbeda karena sudah menyusu dan kemungkinan dijilat oleh induk penculik. Jadi dia sudah tidak mengenali bau anaknya. Salah satu hal yang digunakan induk untuk mengetahui anaknya adalah baunya.

      Saran terbaik saya adalah:
      1. Kandangkan induk penculik dengan anak-anak kandungnya atau taruh saja di kamar atau ruangan khusus dimana dia tidak bisa keluar. Jika dia meronta-ronta ya bagaimanapun harus kuat untuk diabaikan. Namun pastikan kebutuhannya terpenuhi.
      2. Anak kucing yang berusia dua bulan mandikan dengan air hangat. Setelah itu belai² induk kandungnya kemudian tempelkan tangan yang untuk membelai ke anak kucingnya. Dan sebaliknya, belai anaknya dan kemudian usapkan tangan ke hidung induknya. Intinya adalah memperkenalkan dan membiasakan baunya.
      3. Anak kucing yang berusia dua bulan sudah bisa makan sepenuhnya. Seandainya memang induknya sudah benar² tidak mau menyusuinya maka berikan saja makanan ke anak kucing tersebut.

      Yang saya khawatirkan adalah induk penculik stres berat dan bisa saja memakan anak-anaknya sendiri. Hal seperti ini biasanya menimpa induk kucing di kelahiran pertama atau dia hamil muda (dibawah usia 1 tahun). Jadi amankan induk penculik bersama anak-anaknya di ruangan atau kandang khusus ya jangan dan tetap awasi terus.

      Balas
  6. Ka, mau tanya…saya punya induk kucing baru melahirkan tapi kelakuannya tidak seperti sebelumnya, lebih agresif dan ngeong2 minta makan terus…malahan dia nyulik bayi kucing lain dan dibawa ke tempat bayi2nya yg baru lahir padahal uda umur 2bln kitten yg dia culik jadi tempatnya kesempitan, bayi2nya tertindih kitten tersebut. Ketika dipisahkan induk itu malah menggigit lagi leher kittennya untuk dibawa ketempat bayi2nya. Setiap dipisahkan dia berusaha ambil lagi. Padahal induk kucing saya itu tadinya manis dan gak nakal. Kenapa jadi ngaku2in kitten kucing lain dan agresif begitu prilakunya?
    Kalau minta makan berkali2, apa saya harus turuti juga keinginannya? Karena dia gak berhenti ngeong2 sebelum dikasih makan 🙁

    Balas
      • Hallo kak mau tanya .
        Bolehkah anak kucing di sapih usia 2 bulan 1 mnggu? Sudah pintar makan makanan padat lainnya juga.
        Dan untuk induknya bagaimana?berpengaruh tidak untuk susu induknya ? Apakah akan membengkak jika tidak menyusui anaknya? Terimakasih

        Balas
        • Halo,
          Usia tersebut sudah mendekati ideal untuk disapih. Mungkin ditunggu minimal 2,5 bulanan saja atau sekitar 10 mingguan.

          Untuk induknya biasanya dengan kitten sudah diatas 2 bulan dan frekuensi menyusui sudah tidak sesering ketika masih dibawah 1 bulan, sejauh yang saya ketahui selama ini aman dari puting bengkak.

          Balas
    • Selamat malam kak, saya punya kitten, mungkin usiannya di atas 1 Minggu, dia ditinggal induknya nggak balik balik, dan sampai sekarang dia dirawat sama pacar saya dengan memberikan susu formula, kira kira apakah dia masih bisa bertahan yah kak, kasihan kitten kitten ini

      Balas
  7. Mau tanya, kucing saya yg kitten umurnya udh hampir 5 bulan dan ini kebetulan induknya hamil lagi dan kitten saya ini sebenernya udh bisa makan makanan padat cuman masih tetap menyusu,yg jadi pertanyaan apa susu induk kucing tidak habis? Karena nanti akan ada kitten yang lahir, dan apa harus dipaksa untuk tidak menyusu?

    Balas
    • Kalau induknya sudah hamil lagi, proses produksi susunya sudah dimulai, tapi belum terlalu banyak. ada baiknya dipisahkan saja terutama nanti kalau sudah melahirkan. lebih baik induk dan bayi-bayi baru di kandang atau taruh ruangan khusus. nanti khawatir yang besar masih ikutan menyusu dan yang kecil² kalah.

      Balas
  8. Mau tanya dong,
    Saya piara kucing kampung : 1 induk dan 3 kittennya. Kittennya sudah di atas 1 bulan. Cuma mereka sudah ikut2an makanan mamanya sejak 2 minggu terakhir dan lincah. Tapi akhir2 ini ada 2 yang ga mau makan tapi masih menyusu, dan ada diare. Itu masalah ga ya? Atau kucing kampung biasa begitu?

    Balas
    • Memang usia 1 bulan ini para kitten sudah mulai belajar makan dan belum makan sepenuhnya. Tidak masalah kalau masih belum mau makan dan masih menyusu terus ke induknya. Setidaknya nanti sampai usia 1.5 bulan – 2 bulan harus sudah bener-bener mau makanan. Kalau diare, kasih obat diare ke induknya saja, nanti efek obat diare masuk ke susu dan bisa mengobati para kitten yang diare. Atau beri saja ikan kukus yang dicampur dengan tempe kukus.

      Balas
  9. Gan mau nanya..
    Kan ane ada kucing rumah cuman nih penakut kucing rumah terus melahirkan 3 anak nih kucing..
    1 anak kucing ini ane pisahin ama induk nya skitar 3 minggu, udah 1 mingguan ane rawat dan udah makan2 an kucing yg basah di hari ke 2…
    Klo d kasih susu dia ga begitu mau dari awal..
    Nah yg jadi pertanyaan ane biar ini kucing mandiri d minggu berapa ane lepas?
    Soalnya ama induk nya itu pasti d bawa k atas loteng..
    2 anak nya yg d bawa si induk udah mati ga ada bangkai nya soalnya

    Balas

Tinggalkan komentar