Umur Berapa Anak Kucing Berhenti Menyusui?

Semenjak bayi kucing dilahirkan, naluri alamiah mereka adalah membutuhkan susu. Susu sangat penting bagi pertumbuhan dan kesehatan bayi-bayi kucing terutama pada empat minggu awal usia mereka. Tidak ada makanan lain yang bisa dikonsumsi oleh bayi kucing selain susu. Baik itu susu alami dari induk mereka atau susu formula khusus untuk anak kucing. Lalu, mulai umur berapa anak kucing berhenti menyusui?

Umur Berapa Anak Kucing Berhenti Menyusui?

Secara umum, proses penyapihan anak kucing sudah dimulai ketika usia mereka mulai menginjak usia 4 hingga 5 minggu (2 bulanan). Ketika itulah mereka akan mulai mengurangi menyusu pada induk mereka dan mulai belajar makan. Proses penyapihan secara keseluruhan membutuhkan waktu sekitar satu bulan, yang berarti bahwa anak kucing biasanya secara penuh disapih ketika mereka berusia antara 8 hingga 12 minggu. Ketika mereka berhenti menyusu, mereka harus mendapatkan semua gizi dan nutrisi yang berasal dari makanan khusus untuk anak kucing.

Ketika proses menyapih dimulai, anak kucing biasanya siap untuk mulai makan makanan basah atau kering, meskipun mereka terkadang juga masih menyusui dengan induknya.

Bagaimana memulai proses menyapih? Perlu diketahui, proses penyapihan yang dilakukan secara tiba-tiba dapat memiliki efek negatif pada anak-anak kucing terkait dengan kesehatan, kemampuan belajar makan, menggunakan kotak pasir, dan bermain. Anak kucing harus tetap bersama induk mereka selama proses penyapihan, karena induk akan lebih tahu apa yang harus dilakukan.

Bagaimana memperkenalkan anak kucing ke makanan padat? Saat anak kucing sudah terbiasa makan, kurangi jumlah susu formula pengganti yang sobat berikan secara bertahap. Ketika anak kucing berusia delapan hingga sepuluh minggu, pelan-pelan kurangi pemberian susu pada anak kucing. Berikan makanan basah dan terutama makanan khusus untuk anak kucing.

Untuk menyapih kucing yang tidak memiliki induk, proses penyapihan bisa dilakukan lebih cepat daripada kucing yang sedari kecil sudah dirawat induknya. Biasanya anak kucing tanpa induk bisa mulai berhenti minum susu secara bertahap sedari usia tiga minggu. Mulailah dengan menawarkan susu di piring/mangkuk. Secara bertahap, anak kucing perlahan-lahan mulai terbiasa makan, kurangi secara bertahap jumlah susu yang mereka minum. Mereka bisa benar-benar berhenti minum susu pada usia lima hingga enam minggu dan sejak usia ini mereka seharusnya sudah bisa makan makanan khusus anak kucing.

Baca juga: Makanan Anak Kucing Yang Baru Lahir

Kesimpulan

Kembali kepada pertanyaan awal, umur berapa anak kucing berhenti menyusui?

  1. Untuk anak kucing yang dirawat induknya mulai mereka lahir, anak-anak kucing akan mulai mengurangi menyusu pada usia delapan minggu atau 2 bulan. Dan pada usia 10 hingga 12 minggu, mereka akan berhenti minum susu seutuhnya dan mulai makan makanan padat.
  2. Untuk kucing yatim piatu, tahapan proses mulai mengurangi susu bisa dimulai pada usia 4 mingguan. Dan mereka bisa berhenti minum susu secara penuh ketika menginjak usia 8 hingga 12 minggu.

Baca juga: Penyebab Anak Kucing Tidak Mau Menyusu

Dari penjelasan singkat diatas, sudah cukup jelas jawaban atas pertanyaan umur berapa anak kucing berhenti menyusui. Ingat, susu sangat penting bagi pertumbuhan anak kucing. Dan jangan memberikan makanan selain susu ketika anak kucing belum melewati usia empat minggu (KucingMania.net)

Related Posts

16 Comments

  1. halo, mau nanya, kok kucing usia sudah 3,5 bulan dan barusan saya liat dia tetiba netek sama ibunya. saya kaget karena dia sudah makan padat bahkan sudah belajar makan keras seperti ikan goreng. pagi ini saya liat dia minum ASI ibunya cukup lama, sekitar 15 menit. apakah itu normal ? terima kasih.

    1. wajar saja mas 😀 pada akhirnya nanti ibunya biasanya akan menolak ketika sudah saatnya berhenti total, banyak kasus seperti ini terjadi jadi lumrah dan normal

    2. Kucing saya umur 3,5 bulan masih netek sama induknya terus dan nafsu makan si kittennya jadi menurun , meskipun induknya udah nolak kittennya masih maksa . Mohon informasinya soalnya kittennya nafsu makannya berkurang

  2. Kucing saya dtinggal indukny umur 1 bulan, akhirnya mreka pke susu khusus kitten pake dot, smpe skrng sdh umur 4 bulan msh mnum susu. Kalau tidak dikasih rewel trus ngeong ngeong. Sehari bisa 4 botol. Sdh dicoba dituang dimangkok tp tidak mau

  3. Mau nanya nih, kucing saya sdh berusia 4minggu, itukan msh pd fase menyusui, tapi kok kurus bgt ya, apa air susu induk tdk ada lagi atau memang sprti itu tubuh kittennya di usia ini? Dan saya lihat perkembangannya tdk baik, selain kurus sdh 1minggu sakit mata, sehingga matanya tertutup dan penuh dgn kotoran. Apa yg harus saya lakukan??

    1. Fokuskan ke perbaikan gizi induknya saja dulu supaya ASI yang dihasilkan berkualitas bagus. Beri makan induknya makanan bergizi dan berkualitas seperti contohnya: Royal Canin Mother n Baby, ikan kukus, daging kukus atau bisa diberi makanan khusus anak kucing (sangat baik untuk induk menyusui). Bisa dibaca di artikel berikut untuk makanan induk menyusui:
      https://www.kucingmania.net/makanan-alami-untuk-kucing-hamil/
      https://www.kucingmania.net/makanan-untuk-kucing-hamil/

      untuk mata bisa baca disini:
      https://www.kucingmania.net/mata-kucing-belekan/
      https://www.kucingmania.net/cara-mengobati-kucing-sakit-mata/

      semoga bermanfaat

  4. Induk kucing meninggalkn rumah sudah hampir satu minggu..meninggalkn ankny 4ekor…tiap malam anak ny ngeong2 seperti memanggill manggil induk kucing itu…
    Yg jadi pertanyaan…apakah induk kucing tsb akan kembali lagi kerumah???mohon jawabannya pak…mksh

    1. apakah sampai sekarang induk belum kembali? apakah ini kelahiran pertama? ada kemungkinan penyebab induk pergi:
      1. kalau ini kelahiran pertama, induk belum siap punya anak secara mental
      2. induk sudah kembali birahi dan mencari pejantan
      3. mungkin induk secara tidak sengaja hilang karena berbagai sebab (secara naluri seharusnya induk akan kembali untuk menyusui)

      Solusi:
      1. disusui sendiri menggunakan susu formula khusus kucin
      2 mencari induk pengganti

  5. Saya punya anak kucing usia 2 bulan. Masih menyusui . Td sy liat dia muntah berwarna putih kental dan mencret. Sebelumnya induknya begitu juga cuma dia muntahnya berwarna kuning tapi induknya sudah sembuh.
    Pertanyaannya bagaimana solusi untuk anak kucing sya?
    Terima kasih

    1. Kalau induk muntah kuning ini ada dua penyebab, muntah kuning bisa mengindikasikan:
      1. Masalah dengan lambung, atau
      2. Virus Panleukopenia
      kalau mencret pada anak kucing bisa banyak faktor yang menyebabkan. bagaimanapun ada baiknya jika masih mencret bisa diberikan pengobatan
      https://www.kucingmania.net/anak-kucing-mencret/
      Namun jika mencret masih berkepanjangan ada baiknya membawa anak kucing ke dokter hewan

  6. Saya punya anakan umur 2 bulan kurang seminggu. Gimana ya cara merawatnya bang. Karena tanpa indukan. Saya baru adopsi.

  7. Sy ada 4 anak kucing umur sebulan. Itu anaknya pasti stiap jam oleh induknya selalu d jilati. Singkat cerita ayah sy menemukan anak kucing yg seumuran d dpn rumah kondisi memprihatinkan. Kemdian anak kucing itu d simpan d tempat anak2 kucingku (mereka akur) tidur saling berdekatan. Tapi minusnya alhasil induknya jadi tidak mau mengakui ke 4 anak kandungnya. Sampe2 anaknya mau nyusu o/ induknya malah d cakar.
    Yg sy mau tanyai apa hal ini akan terus berlanjut atau sang induk bisa kembali sadar bahwa mereka anak kandungnya?? (Catatn 1 anak kucing yg d temui ayahku sudah d pisahkan)

  8. Saya ada 3 anak kucing sekarang umurnya 1 bulan, karna induknya mati saya sempat kasih susu pakai dot tapi kucingnya sama sekali gamau pakai dot, di piring pun mereka gamau minum, akhirnya saya ga kasih susu lagi tapi hanya memberi makan kering maxi khusus kucing, tapi makannya selalu sedikit dan tetep susah minum. Apa ada cara yg membantu agar mereka mau makan dan minum dengan baik? Dan jadwal makan dan minum mereka yf tepat itu seperti apa?

Leave a Reply

Your email address will not be published.