Umur Berapa Anak Kucing Berhenti Menyusui
Umur Berapa Anak Kucing Berhenti Menyusui

Umur Berapa Anak Kucing Berhenti Menyusui?

Posted on

KucingMania.net – Semenjak bayi kucing dilahirkan, naluri alamiah mereka adalah membutuhkan susu. Susu sangat penting bagi pertumbuhan dan kesehatan bayi-bayi kucing terutama pada empat minggu awal usia mereka. Tidak ada makanan lain yang bisa dikonsumsi oleh bayi kucing selain susu. Baik itu susu alami dari induk mereka atau susu formula khusus untuk anak kucing. Lalu, mulai umur berapa anak kucing berhenti menyusui?

Umur Berapa Anak Kucing Berhenti Menyusui?

Secara umum, proses penyapihan anak kucing dimulai ketika usia mereka mulai menginjak usia 4 minggu (1 bulan). Ketika itulah mereka akan mulai berhenti menyusu pada induk mereka. Proses penyapihan secara keseluruhan membutuhkan waktu sekitar satu bulan, yang berarti bahwa anak kucing biasanya secara penuh disapih ketika mereka berusia antara 8 hingga 10 minggu. Ketika mereka berhenti menyusu, mereka harus mendapatkan semua gizi dan nutrisi yang berasal dari makanan khusus untuk anak kucing.

Ketika proses menyapih dimulai, anak kucing biasanya siap untuk mulai makan makanan kering, meskipun mereka terkadang juga masih menyusui dengan induknya.

Bagaimana memulai proses menyapih? Perlu diketahui, proses penyapihan yang dilakukan secara tiba-tiba dapat memiliki efek negatif pada anak-anak kucing terkait dengan kesehatan, kemampuan belajar makan, menggunakan kotak pasir, dan bermain. Anak kucing harus tetap bersama induk mereka selama proses penyapihan, karena induk akan lebih tahu apa yang harus dilakukan.

Bagaimana memperkenalkan anak kucing ke makanan padat? Saat anak kucing sudah terbiasa makan, kurangi jumlah susu formula pengganti yang sobat berikan secara bertahap. Ketika anak kucing berusia delapan hingga sepuluh minggu, pelan-pelan kurangi pemberian susu pada anak kucing. Berikan makanan basah dan terutama makanan khusus untuk anak kucing.

Untuk menyapih kucing yang tidak memiliki induk, proses penyapihan bisa dilakukan lebih cepat daripada kucing yang sedari kecil sudah dirawat induknya. Biasanya anak kucing tanpa induk bisa mulai berhenti minum susu secara bertahap sedari usia tiga minggu. Mulailah dengan menawarkan susu di piring/mangkuk. Secara bertahap, anak kucing perlahan-lahan mulai terbiasa makan, kurangi secara bertahap jumlah susu yang mereka minum. Mereka bisa benar-benar berhenti minum susu pada usia lima hingga enam minggu dan sejak usia ini mereka seharusnya sudah bisa makan makanan khusus anak kucing.

Baca juga: Makanan Anak Kucing Yang Baru Lahir

Kesimpulan

Kembali kepada pertanyaan awal, umur berapa anak kucing berhenti menyusui?

  1. Untuk anak kucing yang dirawat induknya mulai mereka lahir, anak-anak kucing akan mulai berhenti menyusu pada usia empat minggu atau 1 bulan. Dan pada usia 8 hingga 10 minggu, mereka akan berhenti minum susu seutuhnya dan mulai makan makanan padat.
  2. Untuk kucing yatim piatu, tahapan proses mulai mengurangi susu bisa dimulai pada usia 3 mingguan. Dan mereka bisa berhenti minum susu secara penuh ketika menginjak usia 5 hingga 6 minggu.

Dari penjelasan singkat diatas, sudah cukup jelas jawaban atas pertanyaan umur berapa anak kucing berhenti menyusui. Ingat, susu sangat penting bagi pertumbuhan anak kucing. Dan jangan memberikan makanan selain susu ketika anak kucing belum melewati usia empat minggu.

Gravatar Image
Tertarik menggeluti dunia kucing. Sementara ini masih memiliki dua peliharaan kucing berjenis Dome (kucing kampung) dan Mix. Menumpahkan rasa ketertarikan dengan kucing pada blog ini. Semoga tulisan ini memberi manfaat bagi para penggemar kucing lainnya.

Silahkan Berkomentar