Tentang Kucing Persia
Tentang Kucing Persia

Semua Informasi Tentang Kucing Persia

Posted on

KucingMania.net – Kucing Persia adalah salah satu jenis kucing yang paling populer di dunia. Penampilannya khas dan mewah. Temperamen mereka yang tenang dan penuh kasih membuat mereka senang memiliki rumah dan sahabat yang baik dan setia. Jika sobat ingin mengenal tentang kucing Persia lebih mendalam, inilah semua informasi tentang kucing Persia.

Sejarah Tentang Kucing Persia

Jika mendengar nama Persia, beberapa dari kita tahu jika Persia adalah Iran kuno. Kucing Persia memang benar berasal di Persia kuno. Namun kucing Persia yang saat ini berkembang adalah jenis baru yang sudah berkembang dan kehilangan genetik Persia kuno. Kucing Persia sebagian besar dikembangkan di Eropa barat khususnya di Inggris. Popularitas kucing Persia meningkat ketika Ratu Victoria dari Inggris dan para bangsawan lainnya jatuh cinta pada ras yang menakjubkan ini. Dan sejak perang dunia ke II, kucing Persia semakin populer terutama di Amerika Serikat.

Saking kunonya kucing ini, ada cerita sejarah lain tentang kucing Persia. Pada sekitar tahun 1500-an, ada beberapa jenis kucing berambut panjang di Italia dan kucing-kucing ini diimpor dari Asia. Pada abad ke-17, Pietro della Valle membawa seekor kucing dari Persia ke Italia untuk ditambahkan ke program pemuliaan. Kucing ini mungkin kucing yang dikenal di Persia sebagai Kucing Pasir, kucing yang tinggal di padang pasir. Kucing Pasir ini memiliki mantel wol yang kemungkinan untuk melindunginya dari lingkungan yang dipenuhi oleh pasir.

Sekitar seratus tahun kemudian, Nicolas de Pereisc mengakuisisi beberapa kucing berambut panjang. Kucing-kucing ini berasal dari Turki, yang juga merupakan asal kucing angora Turki, jenis kucing berbulu panjang yang berbeda. Pada abad ke-19, keturunan kucing Turki ini dibiakkan dengan beberapa kucing dari Italia, dan itu adalah awal dari munculnya jenis kucing Persia modern.

Karakteristik Kucing Persia

Persia memiliki karakteristik yang mencolok: bulu sangat tebal, kepala lebar, mata besar, dan moncong pendek. Ia memiliki perangai yang bermartabat, tenang, dan lembut. Mereka sangat tenang dan penuh kasih sayang kepada pemiliknya. Kucing ini juga mampu beradaptasi di lingkungan apapun selama mereka diberi perhatian yang cukup. Kucing Persia juga tidak memiliki masalah jika disandingkan dengan beberapa jenis kucing lain. Yang diperlukan olehnya hanyalah perhatian yang cukup dari pemiliknya.

Jika kita membicarakan tentang kucing Persia, maka kita tidak boleh melewatkan perawatan dan perhatian. Perawatan dan perhatian ekstra harus selalu diberikan kepada kucing Persia. Mandi teratur dan menyikat bulu diperlukan untuk menjaganya tetap indah dan sehat. Selain itu, mata besar kucing Persia dapat menyebabkan air mata berlebih yang mengalir di wajah kucing. Setiap pengeluaran cairan dan pengerasan kulit harus dibersihkan setiap hari untuk mencegah pewarnaan bulu di sekitar mata.

Kucing Persia tahu betul cara bagaimana mendapatkan perhatian pemiliknya. Mereka akan “protes” ketika mereka merasa diabaikan. Ia akan berjalan-jalan memutar dibawah kaki pemiliknya hingga pemiliknya memperhatikannya. Dan jika sobat sebagai pemilik masih tidak menghiraukannya, ia akan mengikuti sobat ke mana pun sobat pergi dan apa pun yang sobat lakukan.

Beberapa karakteristik perilaku kucing Persia adalah sebagai berikut:

  • Kucing yang tenang
  • Mereka baik dengan anak-anak
  • Mereka dapat beradaptasi dengan perubahan
  • Kucing ini baik dengan hewan peliharaan lainnya termasuk anjing
  • Mereka penuh cinta dan lembut
  • Kucing ini tidak suka dicuekin, ia sangat suka diperhatikan
  • Kucing ini cukup rewel untuk urusan makanan

Jenis-jenis Kucing Persia

Kucing persia memiliki sejarah yang panjang serta ekstensif dan telah populer begitu lama sehingga ada banyak variasi dari perkembangannya, beberapa diantaranya telah melahirkan jenis populer lainnya. Himalaya adalah salah satu jenis kucing Persia yang paling populer. Jenis ini adalah hasil persilangan antara kucing Persia dengan kucing Siam. Beberapa jenis lain adalah Chinchilla dan Exotic Shorthair.

Baca juga: Jenis-Jenis Kucing Persia Terpopuler

Masalah Kesehatan Kucing Persia

Wajahnya yang datar/pesek ternyata dapat menyebabkan kesulitan bernapas dan masalah denga mata. Terkadang kucing menggosok matanya dan hal ini sangat berbahaya bagi kornea. Angka kematian bayi Persia yang baru lahir juga cukup tinggi jika dibandingkan dengan jenis kucing lainnya. Masalah kesehatan lain yang biasa ditemukan pada kucing Persia adalah penyakit ginjal polikistik, kardiomiopati hipertrofik, dan atrofi retina progresif.

Fakta-fakta Menarik Tentang Kucing Persia

Ada beberapa fakta-fakta menarik tentang kucing Persia ini. Berikut inilah beberapa fakta tersebut:

#1. Kucing Persia adalah jenis kucing terkuno. Kucing Persia sudah terdeteksi ada pada masa Mesopotamia. Ini adalah peradaban yang paling maju dan kuno di dunia.

#2. Kucing Persia adalah kucing yang sangat berharga. Saking berharganya ketika itu, kucing Persia sampai diselundupkan bersama dengan perhiasan dan rempah-rempah keluar dari Persia. Bahkan hingga jaman sekarang ini, kucing Persia tetap menjadi simbol kemewahan dan kemakmuran.

#3. Pada tahun 1895, kucing Persia mulai dibawa masuk ke Amerika. Pada tahun 1906, Asosiasi kucing (Cat Fanciers’ Association atau CFA) terbentuk dan kucing Persia adalah kucing pertama yang terdaftar di asosiasi ini.

#4. Kucing Persia adalah kucing yang bermartabat serta dikenal pendiam dan manis.

#5. Kucing Persia adalah jenis kucing yang tenang yang tidak akan menghancurkan barang pemiliknya. Dia tidak akan menaiki lemari, mencakar sofa atau gorden.

#6. Kucing Persia yang sehat bisa hidup antara 12-17 tahun.

#7. Kucing Persia adalah kucing berukuran sedang dengan berat badan mencapai 7 hingga 12 kilogram.

#8. Kucing Persia memiliki bulu panjang, tebal, dan berkilau yang tersedia dalam lebih dari 80 warna. Yang paling populer adalah putih, perak, krem, biru, lilac, coklat, oranye, abu-abu dan bi-warna (putih dalam kombinasi dengan warna lain).

#9. Kucing Persia memiliki kepala besar, pendek, wajah bulat, mata besar, hidung pesek, kecil, telinga bulat, tubuh kekar, kaki pendek dengan cakar bulat besar dan ekor pendek.

#10. Hidung kecil dan moncong datar kucing Persia adalah hasil dari pembiakan selektif.

#11. Secara umum ia suka menyendiri. Namun kucing Persia menyukai orang-orang.

#12. Kucing Persia tidak cocok dengan lingkungan rumah yang bising. Ia lebih tepat berada dalam lingkungan rumah yang tenang.

#13. Kucing Persia suka duduk di pangkuan dan senang dibelai.

#14. Ia juga suka bermain dengan mainan tikus-tikusan.

#15. Kucing Persia tidak akan menaiki meja dapur, kulkas, dan gorden.

#16. Kucing Persia memiliki kemampuan untuk tetap diam selama berjam-jam.

#17. Suara meong-nya sangat lembut.

#18. Kucing Persia adalah kucing favorit Ratu Victoria dari Inggris.

#19. Kucing Persia perlu disikat setiap hari untuk mencegah kusut bulu panjangnya.

#20. Kucing Persia bisa melahirkan rata-rata 3 hingga 6 anak kucing (jarang sampai 13).

#21. Kucing Persia dikenal memiliki banyak masalah kesehatan. Yang paling khas adalah kesulitan bernapas, robekan berlebihan, penyakit ginjal polikistik dan kepekaan terhadap panas.

#22. Kucing Persia ketika tidur akan mendengkur. Jangan kaget ketika kucing Persia sobat mendengkur ketika tidur.

Yap itulah beberapa informasi tentang kucing Persia yang sangat mempesona. Ketika sobat memelihara kucing ini, sobat akan merasakan banyak cinta dan kasih sayang yang terjadi dalam dua sisi. Ketika sobat memberikan perhatian besar kepadanya, maka ia akan menyayangi sobat hingga akhir hayatnya.

Gravatar Image
Tertarik menggeluti dunia kucing. Sementara ini masih memiliki dua peliharaan kucing berjenis Dome (kucing kampung) dan Mix. Menumpahkan rasa ketertarikan dengan kucing pada blog ini. Semoga tulisan ini memberi manfaat bagi para penggemar kucing lainnya.

Silahkan Berkomentar