Tentang Kucing Anggora
Tentang Kucing Anggora

Informasi Tentang Kucing Anggora

Posted on

KucingMania.net – Kucing Anggora adalah kucing yang sangat cantik dan mempesona. Ia adalah kucing yang cerdas, lincah, pandai menghibur dan dikenal sangat sayang dengan pemiliknya. Inilah informasi tentang kucing Anggora yang akan mengobati pengetahuan sobat tentang kucing yang elegan ini.

Sejarah Tentang Kucing Anggora

Namanya berasal kota Ankara yang dulu dikenal sebagai Angora (Turki). Dulunya kucing ini menjadi cinderamata yang menarik bagi pengunjung kota tersebut. Namun kucing ini sempat menjadi hewan yang langka. Namun ketika itu untuk menyelamatkan populasinya, kebun binatang Ankara melakukan program pengembangbiakan kucing ini.

Kucing Anggora pertama kali dibawa ke Amerika Serikat pada tahun 1954. Peternak kucing lokal kemudian tertarik pada mereka. Pada pertengahan 1960-an, jenis kucing Anggora mendapatkan pengakuan dari Cat Fanciers Association (CFA). CFA mulai mendaftarkan kucing ini pada tahun 1968 dan memberikan pengakuan penuh kepada Anggora Turki putih pada tahun 1972.

Kepribadian Kucing Anggora

Kucing Anggora adalah kucing yang cerdas. Penampilannya terlihat indah dan elegan. Ia memiliki tata krama yang baik namun tetap memiliki sifat yang aktif dan riuh. Dia suka bermain dan akan melakukan apa pun yang diperlukan untuk mendapatkan dan menjaga perhatian pemiliknya.

Kucing ini juga akan terus suka bermain-main meski usianya beranjak tua. Dia akan ramah terhadap tamu tetapi bagaimanapun rasa cintanya kepada pemiliknya sangat kuat. Kucing ini adalah jenis ras yang cocok dipelihara bersamaan dengan kucing jenis lain atau bahkan dengan anjing sekalipun. Ketika sobat di rumah, ia akan nyaman berada dalam pangkuan atau bermain di pundak sobat. Di malam hari ketika sobat tidur, mungkin sobat akan mendapatinya tidur di samping sobat dengan kepalanya bersandar di bantal sobat.

Untuk sukses berdampingan hidup dengan kucing Anggora, sobat harus terus menjaganya dengan rasa humor yang tinggi serta tingkat kesabaran yang baik. Tingkat kecerdasannya yang dewasa sebelum waktunya, kecerdikan, keinginan untuk berinteraksi dan bermain serta sangat suka diperhatikan dapat membuatnya menjadi tantangan untuk hidup bersama.

Baca juga: Mengenal Sifat Kucing Anggora

Kesehatan Kucing Anggora

Kucing jenis dan ras apapun pasti memiliki masalah dengan kesehatannya. Kucing Anggora pada umumnya adalah kucing yang sehat. Beberapa masalah kesehatan yang biasanya terjadi pada kucing Anggora adalah rentan terhadap tuli pada satu atau kedua telinga. Masalah lain yang pernah terlihat pada trah ini adalah ataksia dan kardiomiopati hipertrofik. Ataksia adalah gangguan neuromuskular yang fatal yang mempengaruhi anak-anak kucing yang sangat muda pada usia 2 sampai 4 minggu. Kardiomiopati hipertrofik adalah bentuk penyakit jantung yang menyebabkan otot jantung membesar. Kucing Anggora Turki adalah salah satu keturunan yang mungkin terpengaruh oleh penyakit ini.

Beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menjaganya tetap sehat:

  1. Kucing Anggora juga perlu mendapatkan perawatan gigi. Setidaknya satu kali dalam seminggu sikatlah gigi kucing Anggora.
  2. Rapikan kukunya setiap beberapa minggu.
  3. Bersihkan sudut mata dengan kain lembab yang lembut untuk menghilangkan kotoran apa pun. Gunakan area terpisah dari kain untuk setiap mata sehingga Anda tidak berisiko menyebarkan infeksi apa pun.
  4. Periksa telinga setiap minggu. Jika telinga terlihat kotor, bersihkan dengan kapas atau kain lembab lembut yang dibasahi dengan campuran 50-50 cuka sari dan air hangat. Hindari menggunakan kapas, yang dapat merusak bagian dalam telinga.
  5. Jaga kotak pasirnya tetap bersih untuk membantu menjaga bulu panjangnya tetap bersih.
  6. Jangan biarkan ia berkeliaran sendiri diluar rumah. Ada bahaya lain yang dihadapi kucing yang keluar rumah, seperti tertabrak mobil. Resiko lain adalah kucing ini juga berisiko dicuri.

Ciri Fisik Kucing Anggora

Bulu-bulu rambut kucing Anggora terkenal karena panjang, halus dan tampak berkilau saat ia bergerak. Panjang bulunya sangat bervariasi. Di bawah rambutnya yang indah adalah tubuh yang kokoh, panjang dan berotot. Kaki panjang, dengan kaki belakang lebih panjang dari kaki depan, dan cakarnya kecil, bulat dan mungil, sering dengan jumbai bulu di antara jari-jari kaki. Ekor panjang mengecil dari dasar yang lebar ke ujung yang sempit.

Tentang Kucing Anggora
Kucing Anggora Jantan

Kucing Anggora dikenal mampu beradaptasi dengan baik di sekitar anak-anak kecil, membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk keluarga. Dia juga senang hidup dengan anjing yang ramah kucing.

Beberapa Fakta Tentang Kucing Anggora

Inilah beberapa fakta menarik tentang kucing Anggora:

  1. Kucing Anggora adalah kucing yang cerdas.
  2. Usianya bisa mencapai 12-18 tahun.
  3. Berat badannya rata-rata 16-22 KG.
  4. Bulunya panjang halus dan tanpa lapisan bawah.
  5. Namanya berasal dari kota Angora / Anggora yang saat ini dikenal sebagai Ankara (Turki).
  6. Kucing Anggora adalah salah satu harta nasional Turki.
  7. Kucing Anggora menyayangi anggota keluarga dan ramah terhadap orang asing.
  8. Kucing Anggora adalah kucing yang sangat cerdas dan sangat lincah yang dapat dengan mudah naik ke titik tertinggi di rumah dan bahkan ia bisa saja membuka pintu.
  9. Dia adalah kucing yang sangat aktif dan suka bermain. Bahkan cenderung “nekat” ketika mencari perhatian pemiliknya.
  10. Kucing ini suka permainan interaktif, teka-teki, mainan, dan sering membutuhkan teman untuk bermain.
  11. Tidak seperti banyak kucing lainnya, kucing Anggora suka air dan dia adalah perenang yang baik.
  12. Kucing betina Anggora rata-rata bisa melahirkan 4 anak kucing.
  13. Kucing Anggora dewasa akan mendapatkan bulu panjang sempurna pada usia 2 tahun.
  14. Dia tidak memerlukan banyak perawatan khusus untuk bulu-bulunya. Cukup sikat dengan sikat khusus setiap hari agar tidak kusut.
  15. Jenisnya adalah jenis alami (tidak dibuat melalui perkawinan silang) dan umumnya sangat sehat (namun dapat menderita gangguan jantung dan neuromuskuler).

Baca juga: Semua Informasi Tentang Kucing Persia

Jika sobat sedang mempertimbangkan akan memelihara jenis kucing mana yang tepat, dengan membaca informasi tentang kucing Anggora diatas sobat akan mendapatkan gambaran apakah jenis ini sudah tepat dengan karakter sobat. Kucing Anggora bisa menjadi partner hidup jangka panjang jika sobat bisa memberikan perhatian yang lebih bagi dirinya.

Gravatar Image
Tertarik menggeluti dunia kucing. Sementara ini masih memiliki dua peliharaan kucing berjenis Dome (kucing kampung) dan Mix. Menumpahkan rasa ketertarikan dengan kucing pada blog ini. Semoga tulisan ini memberi manfaat bagi para penggemar kucing lainnya.

Silahkan Berkomentar