Telinga Kucing Dingin
Telinga Kucing Dingin

Penyebab Telinga Kucing Dingin

Posted on

KucingMania.net – Tidak jarang telinga kucing terasa lebih panas atau lebih dingin dibandingkan area lain di tubuhnya. Jika sobat merasakan telinga kucing dingin disertai dengan gejala yang mengkhawatirkan, sudah waktunya untuk mencari tahu penyebabnya dan segera melakukan penanganan. Telinga kucing dingin biasanya menunjukkan gejala seperti demam, infeksi atau tungau telinga.

Penyebab Telinga Kucing Dingin

Sebagian besar hal yang berhubungan dengan telinga kucing dingin adalah adanya masalah kesehatan yang terjadi pada kucing sakit. Berikut ini beberapa masalah kesehatan yang dialami oleh kucing yang diawali dengan telinganya menjadi dingin.

1. Hipothermia

Penyebab telinga kucing dingin salah satunya ia terkena Hipotermia. Hipotermia pada kucing bisa ditandani dengan suhu kucing yang berada dibawah 36-37 derajat celcius. Ciri lain ada kucing terlihat menggigil dan ia akan terlihat lesu. Kucing yang mengalami Hipotermia berat bahkan tidak terlihat menggigil. Untuk mendeteksi hipotermia, rasakan telinga dan cakar. Jika terasa dingin, rasakan bibir dan mulutnya. Jika mulut terasa dingin terutama di area samping telinga, kucing bisa terkena hipotermia. Bungkus kucing dengan selimut hangat dan segera cari perawatan dokter hewan.

2. Sekarat

Hal lain yang berbahaya terkait telinga kucing dingin adalah kucing bisa saja dalam kondisi sekarat. Ada masalah kesehatan serius yang menyerang kucing. Penyakit seperti infeksi telinga bisa menjadi sangat mematikan bagi kucing.

3. Radang dingin
Radang dingin terjadi sebagai akibat dari paparan dingin yang parah. Kondisi ini sebenarnya menyerang bagian tubuh yang terkena radang dingin dengan membekukan kulit dan jaringan di bawahnya. Telinga adalah salah satu daerah yang paling rentan terhadap radang dingin. Gejala radang dingin pada kucing adalah adanya perubahan warna kulit, kemerahan, rasa sakit, rasa terbakar dan kehitaman serta kerusakan yang terlihat pada jaringan kulit. Radang dingin membutuhkan perhatian dokter hewan dengan segera.

4. Telinga sensitif

Telinga kucing adalah bagian tubuh yang memiliki perlindungan dari bulu paling sedikit. Telinga kucing memiliki jaringan yang tipis dan tidak memiliki lemak. Ini membuat telinga mereka rentan terhadap hal-hal seperti perubahan suhu. Telinga kucing ada bagian tubuh paling rentan terhadap perubahan suhu yang dingin.

Baca juga: Kucing Masuk Angin – Gejala dan Pengobatannya

Penanganan Awal Telinga Kucing Dingin

Kucing dapat menggunakan telinga mereka untuk mengatur suhu tubuh. Jika telinga kucing kedinginan, sirkulasi di telinga akan berkurang untuk mempertahankan suhu tubuh bagi organ-organ vitalnya. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan ketika telinga kucing terasa dingin:

  1. Berikan pijatan telinga yang lembut
  2. Memberikan makanan kucing yang dihangatkan
  3. Selimuti kucing dengan selimut lembut

Jika telinga kucing dingin melebihi waktu 1×24 jam, ada baiknya segera bawa kucing ke dokter hewan untuk dilakukan penanganan lebih lanjut. Karena dikhawatirkan kucing terkena masalah-masalah pada kondisi kesehatannya.

Gravatar Image
Tertarik menggeluti dunia kucing. Sementara ini masih memiliki dua peliharaan kucing berjenis Dome (kucing kampung) dan Mix. Menumpahkan rasa ketertarikan dengan kucing pada blog ini. Semoga tulisan ini memberi manfaat bagi para penggemar kucing lainnya.

Silahkan Berkomentar