Tanda Kucing Hamil
Tanda Kucing Hamil

Tanda Kucing Hamil dan Perawatannya

Posted on

KucingMania.net – Mungkin sobat saat ini memiliki kucing betina yang baru saja kawin. Timbul pertanyaan dalam benak apakah kucing betina tersebut sudah hamil? Karena tidak semua proses kucing kawin berhasil membuat betina hamil. Terkadang untuk hamil, kucing betina harus kawin berkali-kali. Nah oleh karena itu cukup penting bagi sobat mengetahui tanda kucing hamil dan memberikan perawatan yang mungkin diperlukan baginya.

Ada beberapa tanda kucing hamil yang bisa diketahui dari beberapa perubahan kondisi secara fisik dan dari perilakunya. Dan pada usia kehamilan dibawah 1 bulan cukup sulit untuk diketahui tanda-tandanya. Berikut ini beberapa tanda yang umum diketahui ketika kucing betina sudah hamil. Yuk simak.

Tanda Kucing Hamil

1. Perubahan Warna Puting Susu
Tanda paling mencolok adalah adanya perubahan warna pada puting susu kucing. Warna yang umum nampak adalah warna pink dan akan lebih keras serta menonjol.

2. Perubahan Pada Perut
Hal yang nampak tentu saja terjadi perubahan pada perut kucing betina yang hamil. Perut akan membesar cenderung melebar. Dan jika diraba-raba akan terasa keras karena berisi janin. Hal ini biasanya terasa pada kehamilan berusia diatas 1 bulan.

3. Bulu Rontok
Pada daerah perut, bulu kucing betina akan cenderung rontok. Namun hal ini tidak terjadi pada semua kucing. Namun pada beberapa besar kehamilan tanda ini juga akan muncul.

4. Nafsu Makan
Perubahan nafsu makan tergantung pada kucing itu sendiri. Beberapa kucing mengalami peningkatan nafsu makan yang luar biasa dan bahkan ada beberapa yang malah tidak doyan makan. Jika kucing sobat sudah menunjukkan tanda kucing hamil namun tidak doyan makan, berikan asupan nutrisi seperti memberikan kuning telur plus madu. Coba hidangkan secara normal dan jika tidak berminat maka lakukan dengan cara memberikan melalui spuit/spet melalui mulutnya.

5. Perubahan Perilaku
Beberapa kucing menunjukkan sikap yang tenang dan kalem ketika hamil. Beberapa diantaranya ada yang doyan malas-malasan. Beberapa kucing juga terlihat makin manja ketika hamil.

Jika kucing sudah menunjukkan tanda-tanda hamil, sebenarnya tidak ada perawatan khusus kepada kucing hamil tersebut. Cukup berikan makanan dan nutrisi yang tepat seperti makanan yang mengandung protein tinggi. Beberapa makanan yang bagus untuk diberikan kepada kucing hamil:

  • Kuning telur
  • Madu
  • Dada ayam
  • Daging sapi
  • Ikan tuna, salmon, tongkol dan makarel
  • Makanan khusus kucing carilah yang berprotein tinggi seperti makanan anak kucing/kitten. Makanan anak kucing sebagian besar di formulasikan dengan kandungan protein yang lebih tinggi seperti contohnya Whiskas Junior.

Baca juga: Cara Memberikan Kuning Telur Pada Kucing

Hal penting lainnya adalah jangan biarkan kucing hamil berkeliaran bebas keluar rumah dan melakukan kegiatan fisik berbahaya seperti memanjat dan semacamnya.

Itulah beberapa hal yang penting diketahui terkait dengan tanda kucing hamil serta beberapa perawatannya. Hal berikutnya adalah tinggal menunggu kucing melahirkan dan semoga saja kucing sobat lancar menjalani proses kehamilan hingga nanti melahirkan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *