Tanda Kucing Akan Melahirkan
Tanda Kucing Akan Melahirkan

Tanda-Tanda Kucing Akan Melahirkan

Posted on

KucingMania.net – Apakah sobat saat ini mempunyai kucing betina yang sedang hamil besar? Dan apakah sobat sedang gelisah ingin mengetahui kapan kucing betina tersebut akan melahirkan? Sama seperti manusia, kucing hamil yang segera akan melahirkan memiliki beberapa tanda-tanda yang bisa kita ketahui. Kali ini kita akan berbagi informasi tentang tanda kucing akan melahirkan supaya sobat bisa mempersiapkan bantuan yang akan diberikan.

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang tanda-tanda kucing akan melahirkan, perlu sobat ketahui bahwa masa kehamilan kucing normalnya adalah 62 hingga 63 hari (kurang lebih 9 minggu) dihitung sejak suksesnya kucing kawin. Dari itu kita bisa menghitung dan memperkirakan ketika kucing betina akan melahirkan.

Tanda Kucing Akan Melahirkan

1. Gelisah
Mendekati waktu melahirkan, kucing akan terlihat lebih gelisah seperti mondar-mandir, bingung dan suka menyendiri di tempat terpencil. Kucing juga akan sering mengeong seperti ketika ia birahi.

2. Mencari Tempat
Tanda kucing melahirkan berikutnya adalah kucing hamil akan mulai mencari tempat yang menurutnya ideal dan aman untuk proses melahirkan. Tempat-tempat yang gelap, tenang dan terhindar jauh dari hiruk pikuk adalah beberapa kategori yang menurutnya ideal. Tempat yang ada tumpukan kain seperti di dalam lemari baju adalah salah satu favorit mereka. Jika sobat ingin menghindari kucing melahirkan di dalam lemari baju, pastikan lemari baju sobat selalu terkunci.

3. Mengeluarkan Cairan
Kucing yang akan segera melahirkan sebagian besar dari mereka akan mengeluarkan cairan bening/air ketuban dari bagian sekitar anus.

4. Tanda kucing akan melahirkan berikutnya adalah kucing betina biasanya akan sering melet, ngeden/mengejan, bernafas lebih cepat dari biasanya.

5. Perubahan Sikap
Beberapa kucing yang akan melahirkan menunjukkan perubahan sikap seperti menjadi lebih galak, lebih lembut, makin manja atau sifat-sifat yang menjadi kebalikan dari sifatnya yang biasa.

Nah jika kucing sobat sudah menampakkan tanda-tanda seperti diatas, kita bisa menyiapkan beberapa kebutuhan yang berguna bagi calon ibu kucing untuk melahirkan. Beberapa hal berikut ini bisa kita siapkan guna mendukung kelancaran proses kelahiran:

  • Siapkan alas yang berfungsi agar darah tidak tercecer dimana-mana seperti kain handuk atau malah lebih baik diberikan underpad khusus. Harga underpad sangat murah dimana perlembar dijual mulai 5 ribuan dan bisa sekali pakai kemudian langsung buang ketika sudah selesai. Underpad juga sangat bagus menyerap cairan-cairan kental dan darah.
  • Siapkan tempat seperti kardus atau kotak berukuran besar sebagai wadah untuk proses melahirkan.

    Tanda-tanda Kucing Akan Melahirkan
    Siapkan underpad untuk proses kelahiran kucing

Siapkan hal-hal diatas di tempat yang sekiranya ideal untuk mendukung proses melahirkan. Atau jika sobat mempunyai kandang, ada baiknya semua kebutuhan diatas dipersiapkan di dalam kandangnya.

TIPS:

  • Jika sobat tidak ingin kucing melahirkan di sembarang tempat, batasi ruang-ruang yang memancing kucing untuk melahirkan di tempat tersebut.
  • Kurung kucing dalam kandang (jika punya) dan tempatkan kandang di tempat yang remang-remang (tidak terang) serta tenang.
  • Jika tidak punya kandang, isolasi kucing di ruangan khusus agar ia tidak melahirkan diluar rumah atau di tempat-tempat yang tidak kita inginkan.
  • Selama menunggu melahirkan, beberapa kucing menjadi lebih sensitif, sobat jangan terlalu sering melihat atau menjenguknya, biarkan saja calon ibu mendapatkan ketenangan dan privasi.
  • Siapkan makanan dan minuman di dekat tempat melahirkan.

Baca juga: Tanda Kucing Hamil dan Perawatannya

Nah itulah yang bisa sobat ketahui tentang beberapa tanda kucing akan melahirkan serta beberapa langkah yang bisa kita persiapkan untuk membantu kelancaran proses melahirkan sang calon induk. Semoga kucing sobat lancar dalam menjalankan prosesnya dan segera memberikan cucubul yang sehat dan lucu-lucu bagi sobat.

Gravatar Image
Tertarik menggeluti dunia kucing. Saat ini memelihara beberapa kucing domestik dan mix dome dimana sebagian besar adalah hasil rescue dari jalanan. Menumpahkan rasa ketertarikan dengan kucing pada blog ini. Semoga tulisan ini memberi manfaat bagi para penggemar kucing lainnya.

Silahkan Berkomentar