Tahap Perkembangan Anak Kucing
Tahap Perkembangan Anak Kucing

Tahap Perkembangan Anak Kucing

Posted on

KucingMania.net – Sobat mungkin baru saja atau sedang menanti kelahiran bayi kucing dari kucing peliharaan. Mungkin selama ini sobat belum mengetahui seperti apa tahap perkembangan anak kucing sejak dilahirkan hingga menjelang dewasa. Bayi kucing menjalani perkembangan pesat selama 12 minggu pertama dan ia akan sangat membutuhkan banyak perhatian, kunjungan dokter hewan, sosialisasi, dan banyak lagi. Jika sobat ingin mengetahui tahap perkembangan anak kucing dari minggu ke minggu, silahkan baca ulasan artikel ini hingga tuntas untuk menambah pengetahuan sobat tentang anak kucing.

Tahap Perkembangan Anak Kucing

Minggu 1
Anak kucing dilahirkan dengan mata dan saluran telinga tertutup. Mereka tidak memiliki penglihatan dan pendengaran serta sebagian besar waktunya setelah lahir mereka akan selalu dekat dengan induknya. Tali pusat/pusar akan mengering dan rontok dalam beberapa hari setelah mereka lahir. Kegiatan utama mereka saat ini hanyalah menyusu, tidur, dan buang kotoran. Sang induk akan membersihkan anak kucing secara teratur.

Tahap Perkembangan Anak Kucing
Tahap Perkembangan Anak Kucing – Minggu ke 1

Minggu 2
Pada tahap perkembangan anak kucing minggu ke 2 ini, mata anak kucing akan mulai terbuka, tetapi penglihatan mereka masih buram. Anak kucing akan mulai mengembangkan indera penciumannya.

Minggu 3
Anak kucing mungkin memiliki mata biru saat lahir, tetapi warnanya akan berubah seiring bertambahnya usia kucing. Sobat mungkin akan mulai melihat perubahan warna mata ini di minggu ketiga. Pendengaran mereka mulai berfungsi dan mereka akan sering kaget dan takut ketika mendengar suara keras. Karena perubahan indera pendengaran, telinga anak kucing akan mulai berdiri. Indera penciuman juga akan mulai berkembang, gigi juga mulai tumbuh pada minggu-minggu ini, ia akan mulai mengeluarkan suara dan mereka akan mulai dapat bergerak dan mulai berjalan.

Tahap Perkembangan Anak Kucing
Tahap Perkembangan Anak Kucing – Minggu ke 3

Minggu 4
Pada tahap perkembangan anak kucing minggu ke 4 ini, anak kucing akan mulai memiliki keseimbangan yang baik dan akan mulai aktif berjalan lebih sering. Kepala biasanya memiliki ukuran lebih besar dibandingkan dengan ukuran tubuh, sehingga anak kucing mungkin akan goyah saat bergerak. Anak kucing akan mulai menjelajahi lingkungan sekelilingnya. Anak kucing biasanya tetap dekat dengan induknya, tetapi beberapa anak kucing ada yang memiliki rasa penasaran tinggi dan pemberani sehingga ia akan lebih terlihat berjalan kesana kemari mengenal lingkungan sekitarnya.

Tahap Perkembangan Anak Kucing
Tahap Perkembangan Anak Kucing – Minggu ke 4

Pada saat ini amankan semua barang-barang berbahaya, bahan kimia, tanaman atau barang-barang kecil lainnya untuk meminimalkan risiko termakan oleh anak-anak kucing. Anak kucing akan tetap menyusui pada saat ini, dan sobat bisa mulai mengenalkan kotak pasir kepada mereka. Jangan takut jika anak kucing mencoba memakan kotoran mereka sendiri karena ini adalah hal yang normal.

Minggu 5
Pada tahap perkembangan anak kucing minggu ke 5 ini, anak-anak kucing akan mulai semakin aktif. Usia ini adalah usia yang tepat untuk membangun ikatan antara anak-anak kucing dengan pemiliknya. Mereka akan semakin banyak bergerak dan bermain. Pada usia ini, anak kucing masih akan menyusu hingga beberapa minggu lagi, tetapi sobat sudah bisa memperkenalkan makanan kaleng yang dibuat khusus untuk anak kucing. Dan jangan lupa mulai sediakan kotak pasir khusus untuk anak-anak kucing dengan ukuran yang lebih kecil daripada milik induk mereka.

Baca juga: Tips dan Panduan Merawat Kucing Kecil

Minggu 6
Pada tahap perkembangan anak kucing minggu ke 6, anak-anak kucing harus sudah mulai diberi tindakan pencegahan dari masalah cacing. Awasi kondisi mereka dari serangan cacingan pada anak kucing. Dan pada usia ini mereka akan mulai menggores/mencakar permukaan untuk mempertajam kuku mereka.

Minggu 7
Pada usia minggu ke 7, sudah saatnya anak-anak kucing mulai diberi vaksinasi. Sudah saatnya membawa mereka menemui dokter hewan untuk mengatur proses vaksinasi bagi anak-anak kucing. Minggu ke 7 ini juga merupakan saat yang baik untuk memperkenalkan anak kucing ke perawatan. Gunakan sikat pada anak kucing, mandikan mereka (pastikan mata, telinga atau hidung mereka tidak kemasukan sabun dan keringkan tubuh mereka secara menyeluruh) dan mulai menangani cakar/kuku secara teratur.

Tahap Perkembangan Anak Kucing
Tahap Perkembangan Anak Kucing – Minggu ke 7

Jika anak kucing terbiasa mendapatkan perawatan cakar/kuku, maka ke depannya ia juga akan mudah dirawat. Saat terbaik untuk memotong kuku anak-anak kucing adalah ketika mereka terlihat lelah atau ketika mereka baru saja terbangun dari tidur siang.

Minggu 8
Secara fisik, pada minggu ke 8 ini belum ada perubahan signifikan. Anak-anak kucing masih suka bermain-main dan masih terus dekat dengan induk mereka. Teruskan proses perawatan kepada mereka untuk selalu membiasakan aktifitas perawatan ini.

Minggu 9
Pada tahap perkembangan anak kucing minggu ke 6, proses penyapihan harus dihentikan dan anak kucing harus mulai disediakan makanan secara teratur. Perbanyak interaksi dengan anak-anak kucing agar mereka semakin pandai bersosialisasi dengan sobat.

Minggu 10
Kuku/cakar mereka akan semakin terlihat panjang dan tajam. Mulailah memotong kuku-kuku mereka. Selain itu pada usia ini lanjutkan perawatan pencegahan cacing dengan memberikan obat-obatan anti cacing (sesuai rekomendasi dokter hewan).

Tahap Perkembangan Anak Kucing
Tahap Perkembangan Anak Kucing – Minggu ke 10

Minggu 11
Aktifitas mereka semakin aktif dan mereka bermain secara kasar dengan saudara mereka. Cakar mencakar dan saling menggigit lumrah terlihat pada usia ini. Direkomendasikan untuk mengajak anak-anak kucing melakukan kunjungan dokter hewan untuk cek kondisi kesehatan mereka.

Baca juga: Mengenali Tanda-Tanda Anak Kucing Sakit

Minggu 12
Pada tahap perkembangan anak kucing minggu ke 12 ini, tidak ada perubahan signifikan pada kondisi fisik mereka. Ada baiknya mereka diajak menemui dokter hewan untuk melakukan vaksinasi lanjutan. Biasanya pada usia ini vaksin yang bisa diberikan kepada anak-anak kucing adalah vaksin rabies.

Tahap Perkembangan Anak Kucing
Anak-anak kucing

Anak kucing harus terus tumbuh dalam ukuran dan berat setiap minggunya, jika berat dan ukuran mereka berjalan dengan lambat, segera observasi anak-anak kucing di dokter hewan. Buatlah rencana untuk memandulkan atau mengebiri anak kucing pada usia enam bulan, meskipun beberapa dokter hewan melakukan operasi ini berdasarkan berat badan atau setelah dua bulan usia anak kucing. Hal yang penting bagi kesehatan anak-anak kucing adalah memberikan pencegahan masalah cacingan pada kucing dan pencegahan kutu kucing.

Usia-usia tahap perkembangan anak kucing diatas adalah usia “emas” bagi pertumbuhan mereka. Pada usia-usia ini juga kucing terlihat lucu dan menggemaskan. Dan sebagian besar perawatan anak-anak kucing akan ditangani dengan baik oleh induk mereka. Kita hanya perlu memberikan pendampingan dengan memberikan perhatian serta memberikan nutrisi bagi induk dan juga anak-anak kucing tersebut.

Gravatar Image
Tertarik menggeluti dunia kucing. Sementara ini masih memiliki dua peliharaan kucing berjenis Dome (kucing kampung) dan Mix. Menumpahkan rasa ketertarikan dengan kucing pada blog ini. Semoga tulisan ini memberi manfaat bagi para penggemar kucing lainnya.

Silahkan Berkomentar