Perbedaan Kucing Anggora dan Persia

Masih banyak orang yang belum bisa membedakan antara kucing Anggora dan Persia. Jika Anda masih bingung, berikut inilah perbedaan kucing Anggora dan Persia.

Kucing Anggora atau kucing Angora? Masih sering diantara kita salah menyebutkan nama Anggora atau Angora. Dan juga masih banyak di antara kita salah menganggap kucing Persia dianggap kucing Angora. Lalu seperti apakah kucing Angora asli dan seperti apakah kucing Persia?

Perbedaan Kucing Anggora dan Persia
Perbedaan Kucing Anggora dan Persia

Pertama, sobat harus mengetahui terlebih dahulu bahwa tidak ada nama kucing Anggora. Penyebutan “Anggora” ini sudah berjalan turun temurun dan harus dibenarkan. Nama yang benar adalah “Angora“.

Kedua, harus dibedakan pula bahwa kucing Angora ini berbeda dengan kucing ras jenis Persia. Sudah jamak diantara masyarakat kita menganggap semua kucing ras berbulu panjang adalah Anggora. Hal ini tentu saja tidak benar dan perlu diluruskan.

Apa Perbedaan Kucing Anggora dan Persia?

Seperti apakah kucing Anggora asli itu?

Kucing Angora asli merujuk pada kucing yang sangat mempesona berasal dari negara Turki yaitu Turkish Angora. Kucing ini di Indonesia hanya dimiliki oleh segelintir orang. Kenapa tidak banyak yang memiliki kucing ini?

Kucing Angora asli didatangkan langsung dari Ankara, Turki. Dan untuk mendatangkan (membeli) kucing ini secara langsung dari Turki membutuhkan proses yang panjang dan rumit. Banyak syarat-syarat yang harus terpenuhi agar seseorang bisa membeli kucing ini secara langsung.

Karena rumitnya persyaratan tersebut, harga kucing ini mencapai puluhan juta ketika berhasil didatangkan ke Indonesia. Sejauh yang kami ketahui, harga kucing ini minimal berada di harga 80 juta rupiah ketika didatangkan oleh salah seorang pemilik kucing ini di Indonesia.

Dan salah satu syarat utama ketika mengimpor kucing ini langsung dari Turki adalah kucing tersebut harus sudah dalam keadaan disteril atau dikebiri agar tidak dikembang biakkan di negara lain untuk menjaga kemurnian ras kucing ini.

Lalu bagaimana cara mengetahui kucing Angora asli?

Secara kasat mata mungkin bagi beberapa orang cukup sulit untuk membedakan jenis ras kucing Angora dengan jenis ras lainnya terutama Persia.

Namun ada beberapa kondisi fisik tertentu yang bisa menjadi rujukan untuk membedakan kucing Angora asli dengan kucing ras lainnya yang mungkin mirip.

Kucing Anggora (Turkish Angora)

Kucing Turkish Angora, Angora atau Anggora apapun Anda menyebutnya, warna bulu pada umumnya adalah putih dengan bulu halus, lembut dan berkilau.

Perbedaan Kucing Anggora dan Persia
Perbedaan Kucing Anggora dan Persia (portraityogi)

Namun saat ini sudah ada beberapa kucing Angora memiliki warna selain putih. Beberapa warna tersebut adalah krem, biru, merah, ginger (oranye), dan gabungan dua warna. Ekornya berbulu lebat dan ukurannya panjang.

Tidak seperti kucing Persia yang cenderung gemuk dan melebar. Tubuh kucing Angora asli ramping, panjang dan elegan. Tulang-tulang mereka cenderung kecil dengan dada yang sempit.

Oleh karena itu ukuran tubuh kucing Angora cenderung ramping dan tidak besar. Bahkan berat tubuh mereka ketika sudah mencapai dewasa hanya berkisar antara 2-4 kg saja.

Pola wajah kucing Angora cenderung meruncing pada bagian dagu. Telinga tinggi dan lancip, leher panjang dan ramping, mata besar dan lebar. Warna mata kucing ini ada yang biru, hijau, kuning dan odd-eye (perpaduan dua warna yang berbeda yang salah satunya pasti berwarna biru).

Perbedaan Kucing Anggora dan Persia
Perbedaan Kucing Anggora dan Persia

Bentuk fisiknya Angora bisa dilihat dari gambar diatas. Bentuk wajah sudah sangat beda jika dibandingkan dengan Persia yaitu Angora memiliki wajah yang lurus tanpa lekukan sedangkan Kucing Persia memiliki bentuk wajah yang BULAT.

Ciri kucing Turkish Angora asli:

  1. Berasal dari Turki asli dan perlu ijin dan syarat yang ketat untuk mendapatkan langsung dari Turki
  2. Harga kucing Angora asli di Indonesia adalah minimal berharga 80 juta rupiah
  3. Kucing Angora asli memiliki sertifikat yang menunjukkan keaslian jenisnya
  4. Telinga lebar dan besar
  5. Bentuk kepala segitiga terbalik
  6. Hidung tidak pesek cenderung persis seperti kucing domestik yang memiliki moncong
  7. Bulu badannya tidak terlalu panjang
  8. Panjang bulu badan dengan ekornya berbeda (bulu ekornya lebih panjang)
  9. Mata biasa berwarna biru atau kuning dan sebagian ada juga yang odd-eyed.

Jika sobat ingin membeli kucing Angora asli dan mendapati banyak yang menjual dengan harga ratusan ribu saja maka sudah dipastikan itu bukan kucing Angora asli.

Dan untuk mendapatkan kucing Angora asli dan murni, sobat harus mengimpor langsung dari Turki dengan biaya yang sangat besar dan syarat yang sangat-sangat ketat. Namun ada juga beberapa breeder atau cattery dengan sertifikat resmi yang mengembang biakkan kucing Angora.

Kucing Persia

Kucing Persia yang salah disebut kucing Anggora memiliki ciri fisik yang berbeda dengan Anggora. Perbedaan terlihat dari bentuk wajah dan kondisi fisik tubuhnya.

Di Indonesia sendiri ada 3 jenis kucing Persia yang umum diketahui yaitu Persia Medium, Flatnose dan Peaknose. Yang membedakan di antara ketiganya ada tentu saja wajah terutama di bagian hidung mereka.

Perbedaan Kucing Anggora dan Persia
Perbedaan Kucing Anggora dan Persia

Kucing Persia memiliki ciri kepala mereka bulat dan hidung datar. Telinga kecil hingga sedang dengan ujung membulat, pipi penuh. Kepala ditopang oleh leher yang pendek.

Mata besar dan bulat, kaki pendek, tebal dan kuat dengan cakar berukuran cukup besar dan bulat. Bulu panjang, tebal, teksturnya halus dan lembut, sebagian nampak terlihat berkilau. Bulu leher (ruff) panjang, lebat dan lebih lembut.

Perbedaan Kucing Anggora dan Persia
Perbedaan Kucing Anggora dan Persia

Perhatikan gambar di atas dan lihat pola moncong antara Anggora dan Persia sudah terlihat jelas. Kucing Anggora cenderung memiliki moncong lebih panjang. Sedangkan moncong Persia cenderung pendek melebar. Dan dagu kucing Anggora lebih tipis dan runcing.

Baca juga:

Kesimpulan

Seperti yang sudah disebutkan di atas, untuk membeli kucing ini membutuhkan syarat yang sangat ketat. Untuk mendapatkannya sobat harus langsung membelinya dari negara Turki atau breeder yang sudah memiliki sertifikat resmi untuk mengembangbiakkan kucing Anggora.

Di Indonesia, kucing Angora murni tidak diperjual belikan sembarangan dan secara bebas begitu saja. Jadi jika ada yang dengan gampang menjual “kucing Anggora” dengan harga murah itu dipastikan bukan kucing Angora murni.

Semoga sobat bisa mendapatkan gambaran tentang perbedaan kucing Anggora dan Persia setelah membaca artikel ini.

Ingat: bukan kucing Anggora ya tetapi kucing Angora. Dan ingat, tidak semua kucing ras berbulu panjang namanya Angora. Semoga dipahami dan bermanfaat.

Kurang lebih 20 tahun berkutat dengan dunia kucing. Mengabdikan sebagian hidupnya melayani 5 ekor kucing peliharaan. Senang mempelajari perilaku kucing dan membagikan pengetahuan tentang kucing dengan para pecinta kucing.

Satu pemikiran pada “Perbedaan Kucing Anggora dan Persia”

Tinggalkan komentar