Penyebab Bulu Kucing Rontok
Penyebab Bulu Kucing Rontok

Penyebab Bulu Kucing Rontok Berlebihan

Posted on

KucingMania.net – Bulu kucing rontok menandakan sebuah masalah terjadi pada kucing (selain faktor usia). Kondisi ini mudah terlihat dengan banyaknya bulu kucing rontok dan bahkan pada bagian tertentu rontok parah hingga gundul. Ada beberapa masalah kesehatan pada kucing yang diawali dengan bulu rontok. Oleh karena begitu penting masalah ini, mari kita sebagai pemilik kucing mempelajari apa saja penyebab bulu kucing rontok tersebut.

Penyebab Bulu Kucing Rontok

#1. Infeksi Kulit

Kucing terkena berbagai jenis dermatitis. Dermatitis kontak, salah satu penyebab umum kerontokan rambut kucing, dapat disebabkan oleh berbagai hal di lingkungan kucing. Pewangi karpet, berbagai bahan kimia, dan bahkan wol semuanya dapat menyebabkan dermatitis kontak.

#2. Hipertiroidisme

Hipertiroidisme adalah penyakit yang umumnya menyebabkan kerontokan rambut pada kucing. Kelenjar tiroid yang bertugas untuk memompa berbagai jenis hormon untuk berbagai fungsi mengalami masalah.

#3. Diet

Diet pada kucing juga memicu bulu kucing rontok. Pola diet yang kurang baik dengan memberikan makanan yang kurang sehat bisa menyebabkan kerontokan bulu kucing.

Baca juga: Cara Mengatasi Bulu Kucing Yang Rontok

#4. Kurap

Kurap adalah infeksi yang sangat menular yang disebabkan oleh jamur, bukan cacing. Kerontokan rambut pada kucing yang disebabkan oleh kurap akan terlihat memiliki bentuk melingkar yang tidak merata. Daerah yang terkena juga akan berubah menjadi merah dan cukup gatal untuk kucing. Penyakit ini menular jadi pastikan jika sobat memiliki lebih dari satu kucing dirumah, jauhkan dan isolasi kucing yang terkena kurang. Membawanya ke dokter hewan adalah keputusan terbaik yang harus segera dilakukan.

Penyebab Bulu Kucing Rontok
Kurap pada kucing

#5. Kutu

Kutu adalah sumber masalah bagi kucing. Selain menyebabkan gatal-gatal, kutu juga akan memicu rambut kucing mengalami kerontokan. Gigitan kutu akan terus membuat kucing menggaruk-garuk tiada henti yang pada akhirnya akan menyebabkan bulu kucing rontok.

#6. Tungau

Parasit lain yang bisa menyebabkan kerontokan rambut pada kucing adalah tungau. Kudis adalah kondisi yang dapat disebabkan oleh berbagai spesies tungau. Serangan parasit ini akan menyebabkan rasa gatal hebat yang mendorong kucing untuk menjilat dan bahkan mengigit dirinya sendiri secara berlebihan.

#7. Kondisi Medis

Ada berbagai kondisi medis yang dapat menyebabkan kerontokan rambut pada kucing. Gangguan ini biasanya mempengaruhi kelenjar tiroid atau adrenal. Penyakit Addison dan Cushing adalah dua kondisi yang mempengaruhi kelenjar adrenal. Yang pertama ditandai oleh aktivitas adrenal yang meningkat, sementara yang lain hasil dari penurunan aktivitas dari kelenjar adrenal.

#8. Faktor Makanan

Terlalu sering memberikan makanan yang digoreng akan membuat bulu kucing mudah rontok. Oleh karena itu hindari memberikan makanan yang digoreng. Yang terbaik adalah sobat bisa memberikan makanan ikan-ikanan atau daging dengan direbus terlebih dahulu. Rebuslah dalam keadaan tanpa memberikan bumbu.

Baca juga: Mengenali Ciri-ciri Kucing Sakit

Itulah beberapa penyebab bulu kucing rontok. Bulu kucing rontok adalah sebagian masalah kesehatan yang diderita oleh kucing. Masih banyak beberapa masalah kesehatan lainnya yang bisa saja menyerang kucing. Sobat harus selalu waspada dan memperhatikan kondisi kesehatan kucing agar ia mendapatkan kehidupan yang sehat dan bahagia.

Gravatar Image
Tertarik menggeluti dunia kucing. Sementara ini masih memiliki dua peliharaan kucing berjenis Dome (kucing kampung) dan Mix. Menumpahkan rasa ketertarikan dengan kucing pada blog ini. Semoga tulisan ini memberi manfaat bagi para penggemar kucing lainnya.

Silahkan Berkomentar