Penyebab Anak Kucing Tidak Mau Menyusu
Penyebab Anak Kucing Tidak Mau Menyusu

Penyebab Anak Kucing Tidak Mau Menyusu

Posted on

KucingMania.net – Beberapa minggu pertama kehidupan kucing sangat penting bagi mereka untuk menjadi besar dan kuat. Seekor anak kucing bisa menyusu sebanyak dua kali lipat dari berat tubuhnya setelah ia baru saja lahir hingga usia 1 minggu. Jika bayi kucing tidak mau menyusu, tentu saja ini adalah hal yang mengkhawatirkan bagi pertumbuhannya. Apa penyebab anak kucing tidak mau menyusu? Mari kita bahas masalah yang serius ini.

Penyebab Anak Kucing Tidak Mau Menyusu

Ada sejumlah alasan mengapa bayi kucing yang baru lahir mungkin tidak mau menyusu. Berikut ini beberapa penyebab anak kucing tidak mau menyusu:

  • Trauma ditinggalkan induknya
  • Tubuhnya merasa terlalu dingin atau terlalu hangat
  • Penyakit dan rasa sakit yang membuat nafsu makan rendah
  • Masalah pencernaan
  • Deformitas yang tidak terlihat di mulut atau tenggorokan
  • Mungkin dia terpisah dari induknya dan terjebak sendiri, atau induknya menolaknya
  • Bisa jadi bayi kucing itu tidak sekuat saudara-saudaranya dan tidak bisa berebut posisi menyusu di perut induknya

Baca juga: Makanan Anak Kucing Yang Baru Lahir

Pada akhirnya, apapun penyebab anak kucing tidak mau menyusu bukan menjadi masalah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memberi bantuan kepada bayi kucing yang tidak mau menyusu ini.

#1. Induk Pengganti

Ketika anak kucing Anda tidak mau menyusui, sobat bisa mencarikan induk pengganti. Ini bisa saja dilakukan karena beberapa induk kucing tidak masalah menyusui bayi-bayi yang bukan anaknya. Namun biasanya hal ini sulit dilakukan karena menemukan induk pengganti biasanya cukup sulit untuk dilakukan.

#2. Beri Susu Formula

Sobat bisa memberikan susu sendiri kepada anak kucing. Berikan susu yang diformulasikan khusus untuk bayi kucing. Susu formula biasanya berbentuk susu bubuk. Alternatif lain selain susu formula adalah susu kambing. Perhatikan beberpa hal penting ini ketika memberikan susu kepada bayi kucing:

  • JANGAN memberi bayi kucing susu sapi. Susu sapi tidak mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi kucing dan bahkan cenderung akan membuatnya diare.
  • Bayi kucing membutuhkan susu yang sangat banyak. Frekuensi memberikan susu kepada anak kucing adalah antara 1 dan 2 jam dan bahkan di waktu malam hari. Sobat harus siap setiap saat untuk memberikannya susu.
  • Jangan memberikan makanan padat kepada bayi kucing hingga usianya mencapai tiga hingga empat minggu (Baca jugaUmur Berapa Anak Kucing Berhenti Menyusui?)

Yang terbaik tentu saja membawa bayi kucing ke dokter hewan untuk mengetahui secara pasti penyebab anak kucing tidak mau menyusu. Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena susu ada sumber nutrisi utama bagi perkembangan dan pertumbuhan anak-anak kucing.

Gravatar Image
Tertarik menggeluti dunia kucing. Sementara ini masih memiliki dua peliharaan kucing berjenis Dome (kucing kampung) dan Mix. Menumpahkan rasa ketertarikan dengan kucing pada blog ini. Semoga tulisan ini memberi manfaat bagi para penggemar kucing lainnya.

Silahkan Berkomentar