Penyebab Anak Kucing Tidak Mau Menyusu

Sangat mengkhawatirkan jika anak kucing tidak mau menyusu karena susu adalah nutrisi utama mereka. Inilah beberapa penyebab anak kucing tidak mau menyusu.

Apa penyebab anak kucing tidak mau menyusu? Mari kita bahas masalah yang serius ini. Beberapa minggu pertama kehidupan kucing sangat penting bagi mereka untuk menjadi besar dan kuat.

Penyebab Anak Kucing Tidak Mau Menyusu
Penyebab Anak Kucing Tidak Mau Menyusu

Seekor anak kucing bisa menyusu sebanyak dua kali lipat dari berat tubuhnya setelah ia baru saja lahir hingga usia 1 minggu. Jika bayi kucing tidak mau menyusu, tentu saja ini adalah hal yang mengkhawatirkan bagi pertumbuhannya.

Penyebab Anak Kucing Tidak Mau Menyusu

Ada sejumlah alasan mengapa bayi kucing yang baru lahir mungkin tidak mau menyusu. Berikut ini beberapa penyebab anak kucing tidak mau menyusu:

  • Penyebab utama dan paling besar adalah sakit
  • Trauma ditinggalkan atau ditolak induknya
  • Tubuhnya merasa terlalu dingin atau terlalu hangat
  • Sakit yang membuat nafsu makan rendah
  • Ada masalah pencernaan
  • Deformitas yang tidak terlihat di mulut atau tenggorokan
  • Mungkin dia terpisah dari induknya dan terjebak sendiri, atau induknya menolaknya
  • Bisa jadi bayi kucing itu tidak sekuat saudara-saudaranya dan tidak bisa berebut posisi menyusu di perut induknya.

Baca juga:

Membantu Anak Kucing Tidak Mau Menyusu

Pada akhirnya, apapun penyebab anak kucing tidak mau menyusu bukan menjadi masalah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memberi bantuan kepada bayi kucing yang tidak mau menyusu ini.

1. Induk Pengganti

Ketika anak kucing Anda tidak mau menyusui, sobat bisa mencarikan induk pengganti. Ini bisa saja dilakukan karena beberapa induk kucing tidak masalah menyusui bayi-bayi yang bukan anaknya. Namun biasanya hal ini sulit dilakukan karena menemukan induk pengganti biasanya cukup sulit untuk dilakukan.

2. Beri Susu Formula

Penyebab Anak Kucing Tidak Mau Menyusu
Berikan susu formula khusus bayi kucing

Sobat bisa memberikan susu sendiri kepada anak kucing. Berikan susu yang diformulasikan khusus untuk bayi kucing. Susu formula biasanya berbentuk susu bubuk. Alternatif lain selain susu formula adalah susu kambing. Jika kondisi darurat dan butuh susu secara cepat, beri susu Bear Brand karena mudah dibeli dimana saja.

Baca juga:

Bagaimana cara memberikan susu ke anak kucing yang mogok minum susu?

  • Gunakan pipet. Menggunakan pipet sangat mudah untuk memasukkan langsung susu ke dalam mulutnya
  • Menggunakan spuit. Spuit adalah alat suntik namun lepas saja jarumnya. Untuk bayi kucing, supaya mudah masuk ke mulutnya pilih spuit berukuran 10 cc karena kecil
  • Dot khusus kucing. Bisa dibeli di petshop. Namun terkadang beberapa anak kucing kesulitan minum menggunakan dot.

Perhatikan beberapa hal penting ini ketika memberikan susu kepada bayi kucing:

  • JANGAN memberi bayi kucing susu sapi. Susu sapi tidak mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi kucing dan bahkan cenderung akan membuatnya diare
  • Bayi kucing membutuhkan susu yang sangat banyak. Frekuensi memberikan susu kepada anak kucing adalah antara 1 dan 2 jam dan bahkan di waktu malam hari. Sobat harus siap setiap saat untuk memberikannya susu
  • Jangan memberikan makanan padat kepada bayi kucing hingga usianya mencapai tiga hingga empat minggu (Baca jugaUmur Berapa Anak Kucing Berhenti Menyusui?)

3. Jamu

Jamu bisa menjadi nutrisi dan energi tambahan jika kucing lemas karena tidak mau menyusu. Sobat bisa memberikan perpaduan madu + kunyit + kuning telur. Parut dulu kunyit dan peras airnya, kemudian tambahkan madu dan kuning telur. Berikan lewat pipet atau spuit.

Atau jika tidak memiliki bahan diatas, langkah tercepat bisa membantu memberi air gula. Air gula bisa membantu memberikan kekuatan kepada kucing yang mengalami lemas.

Baca juga:

Yang terbaik tentu saja membawa bayi kucing ke dokter hewan untuk mengetahui secara pasti penyebab anak kucing tidak mau menyusu. Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena susu ada sumber nutrisi utama bagi perkembangan dan pertumbuhan anak-anak kucing.

Catatan: Artikel ini hanya untuk informasi. Kunjungi dokter hewan untuk nasihat dan perawatan medis.

Bagikan:

Danar Virdaus

Halo, saya Danar Virdaus. Saya "bucing" di balik blog kucingmania.net ini. Mengabdikan sebagian hidupnya melayani 5 ekor kucing peliharaan. Senang mempelajari perilaku kucing dan membagikan pengetahuan tentang kucing dengan para pecinta kucing.

116 pemikiran pada “Penyebab Anak Kucing Tidak Mau Menyusu”

  1. Hai dok mau tanya saya mempunyai kucing usia 2 minggu lebih dan induknya meninggal terus saya kasih susu grow seneng banget terus saya ganti susu koneko nafsu minumnya kok kurang ya apa sebaiknya tetep pakek grow aja?

    Balas
  2. Hallo dok, mau tanya untuk anak kucing yg tidak mau nyusu lalu di bantu susu formula yaitu, susu bear brand itu cara kasih waktunya gmna dok ? Terus kan susu bear brand banyak apakah dia tahan 1 hari dan gmna caranya dok?

    Balas
    • Ketika kitten sudah lapar nanti kan dia meong2. Tergantung usia kittennya juga. Kalau masih bayi belum jalan dibawah usia 2 mingguan, berikan setiap 2 hingga 3 jam sekali.

      Kalau sudah bisa jalan sekitar dua mingguan, berikan aja setiap 4 hingga 6 jam.

      Kalau sudah 3 mingguan hingga 1 bulanan nanti kan sudah bisa minum sendiri berikan saja seperlunya karena dia sudah bisa belajar makan.

      Simpan saja susu di kulkas, tutup rapat dengan plastik dan jangan lupa dikaretin. Bisa tahan maksimal 3 harian kok.

      Balas
      • Halo dok saya mau tanya kucing saya baru lahir kemarin malam dan tidak mau minum susu,, apakah boleh langsung diberikan bear brand atau harus minum susu formula dok soalnya kondisi anak kucingnya sudah sangat lemah dok

        Balas
      • Halo dok saya mau tanya kucing saya baru lahir kemarin malam dan tidak mau minum susu,, apakah boleh langsung diberikan bear brand atau harus minum susu formula dok

        Balas
        • Sama saja pilih salah satu mana yang mudah. Yang penting ketika memberikan pastikan alat alat nya bersih dan steril (rendam air panas dot, pipet atau spuit). Kalau gak steril rawan bikin mencret.

          Balas
  3. Mau tanya dong kucing saya baru lahiran dan ini hari ke 3, ada 6 ekor anak kucing 1 pagi ini mati nga tau penyebab nya, nah dari pagi saya liat salah satu anak kucing lemes dan nga minum susu induk nya ada solusi nga biar dia mau minum susu? Udh saya coba tempelkan ke induk nya juga biar dia nyusu Tp dia nga mau buka mulutnya malah tidur dan suara ngeong nya nga se agresif hari pertama dan ke dua kenapa ya dok

    Balas
    • Seperti yang sudah², kebanyakan bayi kucing setelah lahir tidak mau menyusu kemungkinan besar disebabkan karena kondisi fisiknya kurang baik. Jika ada bayi kucing mati beberapa saat setelah lahir itu sayangnya adalah hal yang wajar. Tidak semua bayi kucing lahir dalam keadaan sehat. Kalau mencari solusi supaya bayi kucing mau menyusu, sayangnya jika memang kondisinya sakit tidak akan bisa dipaksa.

      Kalau sabar dan telaten, bisa dibantu dengan cara diberi susu dengan menggunakan pipet atau spuit. Bisa dibaca di artikel berikut:
      https://www.kucingmania.net/cara-merawat-bayi-kucing-tanpa-induk/

      Balas
  4. mau tanya,
    kucing 3minggu, dia selalu bergerak ingin keluar tempatnya padahal di tempatnya sudah ada induknya + dia mengeong terus . dia terlihat seperti ngga bisa ngedetect susunya walau sudah diarahin tetap inginnya keluar dr tempatnya .

    btw, kedua matanya sering belekan .

    harus bagaimana ya penanganannya? sebisa mungkin tanpa harus ke dokter ?

    Balas
  5. Kak gimana ya induk bayi kucingku blm makan tapi udh dimakasih sosis 3kali trs aku suruh bayi kucing nya nyusu gamau malah, trs aku heran knp mulut kucingku bau trs kek ad ludah kek lendir2 nya gitu dok, dan sampe sekarang dia ttp gamau nyusu malah tidur trs ehh pas dibangunin dia ngeong2 trs ga lama diem, kalo kayak gitu gimana ya dok?? mohon bantuannya ya dok saya panik banget+Khawatir banget

    Balas
    • Ini yang mulut ada lendir nya maksudnya induknya atau bayinya kak? Dan usia bayi kucingnya seperti apa? Kalau bayi nya ada lendirnya itu dia kemasukan air ketuban dari induknya (dengan catatan dia tidak lama dilahirkan).

      Kalau induknya sulit makan, bisa dibantu dengan diberi nutrisi dan vitamin seperti kuning telur, Biolysin atau Curcuma plus.

      Sedangkan kalau bayi kucing tidak mau menyusu, satu-satunya cara kakak harus membantu nya memberi susu sendiri.

      Sudah saya siapkan beberapa artikel yang bisa digunakan sebagai panduan:

      Cara Merawat Bayi Kucing Tanpa Induk
      Susu Untuk Anak Kucing yang Aman dan Bagus

      Balas
  6. Hai dokter bayi kucing saya tdk mau minum susu dr induknya usianya 1 bulan lebih 1 mingguan. Saya ksh susu tp pup nya cair. Skrg saya ksh makan wet food unt baby cat baru 2 hari ini. Aman kah dok?

    Balas
    • Dikasih susu apa kak? Kalau pup sudah cair alias mencret, hentikan dulu pemberian susunya ya. Fokus belajar makan saja dulu. Lanjutkan saja memberi makan wet food nya. Sesekali nanti diberi susu lagi boleh (namun tidak perlu terus²an ya). Susunya Bear Brand saja. Nanti kalau sudah 2,5 bulanan sudah makan penuh dan sudah tidak masalah tidak diberi susu lagi.

      Balas
  7. Update lagi..
    Anak kucing udah umur 2 bulan 1 minggu, betina, berat badan sekarang 750gr, lincah dan aktif, susu kucing masih jalan..
    Dulu bab nya bau sekali, gara2 dikasih pindang tongkol rebus.. sekarang tongkol nya di campur sama tempe rebus juga.. jadi bab nya ga bau lagi..
    Apakah aman buat kucing diberi tempe rebus + tongkol terus2an? Katanya bahaya kalo di kasih terus..

    Balas
    • Tongkol memang bikin bab bau kak. Dan sebenarnya tongkol bagus buat kucing selama tidak berlebihan. Terlalu sering diberi makan tongkol efeknya ke bulu jadi kurang bagus dan mudah rontok.
      Karena ada zat dalam ikan tongkol yang bisa menyerap vitamin E dalam tubuh kucing (padahal vitamin E dibutuhkan untuk kulit).

      Saran saya, makanan divariasikan saja. Sesekali tongkol + tempe, sesekali diberi ayam giling.

      Bisa dicoba beberapa alternatif makanan di artikel berikut:
      Cara Membuat Makanan Kucing Sendiri

      Balas
  8. Iya nih saya juga punya anak kucing, udah umur 3mingguan. Dan 2 hari terakhir ini nggk mau minum susu. Sampe badannya mulai mengurus. Solusi ada yang tau nggk ya itu kenapa ?

    Balas
  9. Update lagi..
    Udah Seminggu lebih anak kucing betina dikasih combantrin (berat 450gr, umur 2 bulan kurang 5 hari)
    Kondisi sekarang aktif, bab sudah sering (biasanya susah sebelum dikasih combantrin), cuma bab nya warna coklat kehitam2an, bau nya menyengat..
    Barangkali tau obat biar bab nya normal, bau nya tidak terlalu menyengat..

    Balas
    • Faktor utama yang bikin bab menyengat tergantung makanannya. Mungkin kalau menurut saya sekarang fokusnya bukan masalah bab menyengat, lebih baik bagaimana memberikan nutrisi supaya berat badannya bertambah. Hampir dua bulan dengan berat badan 450gr itu sangat kurus. Dan yang penting adalah apakah si kitten doyan makan. Apakah sudah dikasih tambahan multivitamin? Kalau belum, beri saja multivitamin seperti Biolysin atau Curcuma Plus 1 kali sehari dosis 1 cc dan berikan pada pagi hari. Oh ya, susu kambing murni yang cair (bukan yang bubuk ya) itu juga sangat baik untuk memberikan asupan nutrisi. Pengalaman pribadi pernah memberikan susu kambing cair pada kitten kurus selama kurang lebih 1 bulanan bisa memberikan tambahan berat badan.

      Balas
      • Untuk nafsu makan normal, curcuma plus sudah sering di kasih (dosis dari puskeswan kemarin harus 5 tetes/0.3ml.. tpi skrng udah di tambah jadi 0.5ml, 2x sehari)
        Tinggal bab nya aja yg menyengat.. srkng lagi dicoba kasih tempe + ayam rebus

        Balas
        • Ada makanan kucing (dryfood) yang diformulasikan sedemikian rupa untuk mengurangi bau bab kucing yang menyengat. Cari merk makanan kucing yang mengandung “yucca”. Salah satu contoh merk makanan kucing dengan kandungan yucca adalah Felibite. Silahkan eksplore merk-merk makanan kucing dengan kandungan yucca.

          Balas
  10. Dok mau tanya saya punya anak kucing umur 1 minggu tadi pagi tiba2 kayak cegukan dan mengeong , serta mengekuarkan seoerti air liur tpi sama induknya sudah di jilati tpi samoek sekarang masih cegukan gitu dong, solusinya gimna ya,?

    Balas

Tinggalkan komentar