Penyebab Anak Kucing Tidak Mau Menyusu

Apa penyebab anak kucing tidak mau menyusu? Mari kita bahas masalah yang serius ini. Beberapa minggu pertama kehidupan kucing sangat penting bagi mereka untuk menjadi besar dan kuat. Seekor anak kucing bisa menyusu sebanyak dua kali lipat dari berat tubuhnya setelah ia baru saja lahir hingga usia 1 minggu. Jika bayi kucing tidak mau menyusu, tentu saja ini adalah hal yang mengkhawatirkan bagi pertumbuhannya.

Penyebab Anak Kucing Tidak Mau Menyusu

Ada sejumlah alasan mengapa bayi kucing yang baru lahir mungkin tidak mau menyusu. Berikut ini beberapa penyebab anak kucing tidak mau menyusu:

  • Penyebab utama dan paling besar adalah sakit.
  • Trauma ditinggalkan atau ditolak induknya.
  • Tubuhnya merasa terlalu dingin atau terlalu hangat.
  • Sakit yang membuat nafsu makan rendah.
  • Ada masalah pencernaan.
  • Deformitas yang tidak terlihat di mulut atau tenggorokan.
  • Mungkin dia terpisah dari induknya dan terjebak sendiri, atau induknya menolaknya.
  • Bisa jadi bayi kucing itu tidak sekuat saudara-saudaranya dan tidak bisa berebut posisi menyusu di perut induknya.

Baca juga: Makanan Anak Kucing Yang Baru Lahir

Membantu Anak Kucing Tidak Mau Menyusu

Pada akhirnya, apapun penyebab anak kucing tidak mau menyusu bukan menjadi masalah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memberi bantuan kepada bayi kucing yang tidak mau menyusu ini.

1. Induk Pengganti

Ketika anak kucing Anda tidak mau menyusui, sobat bisa mencarikan induk pengganti. Ini bisa saja dilakukan karena beberapa induk kucing tidak masalah menyusui bayi-bayi yang bukan anaknya. Namun biasanya hal ini sulit dilakukan karena menemukan induk pengganti biasanya cukup sulit untuk dilakukan.

2. Beri Susu Formula

Penyebab Anak Kucing Tidak Mau Menyusu
Berikan susu formula khusus bayi kucing

Sobat bisa memberikan susu sendiri kepada anak kucing. Berikan susu yang diformulasikan khusus untuk bayi kucing. Susu formula biasanya berbentuk susu bubuk. Alternatif lain selain susu formula adalah susu kambing. Jika kondisi darurat dan butuh susu secara cepat, beri susu Bear Brand karena mudah dibeli dimana saja.

Bagaimana cara memberikan susu ke anak kucing yang mogok minum susu?

  • Gunakan pipet. Menggunakan pipet sangat mudah untuk memasukkan langsung susu ke dalam mulutnya.
  • Menggunakan spuit. Spuit adalah alat suntik namun lepas saja jarumnya. Untuk bayi kucing, supaya mudah masuk ke mulutnya pilih spuit berukuran 10 cc karena kecil.
  • Dot khusus kucing. Bisa dibeli di petshop. Namun terkadang beberapa anak kucing kesulitan minum menggunakan dot.

Perhatikan beberapa hal penting ini ketika memberikan susu kepada bayi kucing:

  • JANGAN memberi bayi kucing susu sapi. Susu sapi tidak mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi kucing dan bahkan cenderung akan membuatnya diare.
  • Bayi kucing membutuhkan susu yang sangat banyak. Frekuensi memberikan susu kepada anak kucing adalah antara 1 dan 2 jam dan bahkan di waktu malam hari. Sobat harus siap setiap saat untuk memberikannya susu.
  • Jangan memberikan makanan padat kepada bayi kucing hingga usianya mencapai tiga hingga empat minggu (Baca jugaUmur Berapa Anak Kucing Berhenti Menyusui?)

3. Jamu

Jamu bisa menjadi nutrisi dan energi tambahan jika kucing lemas karena tidak mau menyusu. Sobat bisa memberikan perpaduan madu + kunyit + kuning telur. Parut dulu kunyit dan peras airnya, kemudian tambahkan madu dan kuning telur. Berikan lewat pipet atau spuit.

Atau jika tidak memiliki bahan diatas, langkah tercepat bisa membantu memberi air gula. Air gula bisa membantu memberikan kekuatan kepada kucing yang mengalami lemas.

Yang terbaik tentu saja membawa bayi kucing ke dokter hewan untuk mengetahui secara pasti penyebab anak kucing tidak mau menyusu. Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena susu ada sumber nutrisi utama bagi perkembangan dan pertumbuhan anak-anak kucing.

Catatan: Artikel ini hanya untuk informasi. Kunjungi dokter hewan untuk nasihat dan perawatan medis (Kucingmania.net).

Bagikan di:

52 pemikiran pada “Penyebab Anak Kucing Tidak Mau Menyusu”

  1. Maaf mau bertanya . Kucing saya baru lahiran 17/11/20 . Tepat nya sekarang sdh 10 hari . Anak nya ada 3 . Tapi dari 3 anak itu ada 1 yang badan nya kecil sendiri dan kayanya kalah bersaing untuk mendapatkan susu induknya . Yang 2 sudah agak besar badan nga tp yang 1 ini kecil dan mata nya baru kebuka sebelah . Tp ada keanehan lidah nya seperti nempel di atas dan agak keluar ( tapi tidak berliur ) saya bingung apa yang harus saya lakukan . Trimakasih

    Balas
    • Maaf kalau ada hal seperti itu (kelainan fisik) ada baiknya langsung dibawa ke drh ya supaya bisa langsung observasi.

      Masalah bersaing mendapatkan susu ada anak kucing yang kalah itu adalah hal yang sering terjadi. Ada kemungkinan juga si anak kucing sedang sakit sehingga memang kurang semangat untuk minum susu.

      Langkah terbaik adalah membantunya diberi susu tersendiri dan diberi tambahan multivitamin seperti biolysin, Curcuma plus atau imboost kids.

      Bisa dibaca beberapa panduan menangani anak kucing berikut ini.

      Panduan Singkat Cara Merawat Bayi Kucing

      Balas
  2. Kucing saya umur sekitar 4 mingguan sebelumnya saya kasih susu bearbrand, trus coba ganti susu KMR top milk, tp pup nya malah encer dan sering bgt, lengket dikaki smp mengering susah dibersihkan akhirnya kyk luka gtu, akhirnya saya balik ke susu bearbrand tp nafsu minumnya sedikit sekali bahkan seperti tidak minat sama sekali, klo dipaksa dia meronta teriak2, saya takut kalau kucing semakin lemas, apa yang bisa meningkatkan nafsu minum susunya ya,mohon bantuannya, saya jd setres sendiri, makasih sebelumnya.

    Balas
    • Kalau susu bear brand kan tidak perlu meracik sehingga takarannya pas dan higienis. Kalau susu formula khusus kucing kalau racikan takaran pemberian kurang pas dan dalam peracikan kurang higienis memang pada akhirnya beresiko membuat kucing mencret. Kalau sudah mencret, hentikan sementara pemberian susunya karena ketika tetap diberi susu maka mencretnya tidak akan berhenti. Fokus mengatasi dulu mencret atau diarenya.

      Obati dulu mencretnya dengan memberikan Royal Canin Gastro Intestinal sampai benar-benar sembuh. Kitten 1 bulanan sudah boleh mengurangi pemberian susu kok. Selain itu juga bisa diberikan ikan kukus + tempe yang dikukus ya (diblender aja jadi satu), itu juga bermanfaat mengurangi mencret. Kalau mencretnya sudah sembuh, beri susu bear breand lagi tidak perlu terlalu sering. Ketika mencapai usia 2 bulanan bahkan boleh tidak diberi susu.

      Semoga berhasil.

      Balas
  3. Dok, kucing saya usia 14hari..
    Dia dua bersaudara, dua2 nya gembul, badannya juga bagus..
    Semalem saya pindah ke kandang, yg udah saya kasih perlak, cuma lokasi kandang ini kan di garasi lumayan kenceng udaranya kalo pintu garasi dibuka.. kebetulan minggu2ini kan anginnya gaenak yah dok..
    Nah, pagi2 abis shubuh mereka sama induknya dipindah ke kasur saya. Yg satu mah masih aktif nen trus jalan muter2 di perlak.. kalo yg satunya merem aja dr pagi, badannya lebih tinggi suhunya dr pd yg sodaranya. Udah saya tempelin ke nen induknya, ttp gamau nen..
    Apa dia kedinginan kena angin di garasi ya dok, jd sakit?
    Saya musti gmn?

    Balas
    • Pilih salah satu:
      1. Kalau punya madu dikasih aja 1 sendok kecil bisa menggunakan pipet atau spuit. Supaya daya tahan terjaga dan meningkat. Beri dua kali sehari pagi dan sore. Kalau bisa madu yang bagus bukan madurasa.
      2. Beri multivitamin seperti imboost kids sirup (ini paling bagus) atau Biolysin dengan dosis 1/2 cc atau 1/2 ml dan berikan pagi hari.
      3. Tidurkan dalam kandang beri kehangatan tambahan seperti lampu dop 5 atau 10 watt. Atau bisa juga masukkan air panas atau hangat dalam botol berbahan kaca yang kemudian dibungkus kain, setelah itu tempelkan pada bayi kucing ketika tidur.
      4. Beri susu merk Bear Brand.
      Intinya adalah berusaha mengembalikan daya tahan tubuhnya yang menurun. Semoga berhasil dan kucing kembali menemukan semangat menyusunya.

      Balas
  4. dok mau tanya kucing saya baru berusia 21 hari dan ada 5 ekor tapi yang satunya itu pertumbuhannya tertinggal dengan yang 4 lainnya.karena kayak malas nyusu gitu. saya kasih susu formula sendiri tidak mau dan juga saya susukan ke induknya sendiri (yang 4 saya pisah) tapi tetap tidak mau minum. sarannya dong dok? atau langsung di bawa ke klinik aja?

    Balas
    • Pertolongan pertama memang bisa dicoba beri susu sendiri. Namun kalau sudah diberi susu dan berusaha disusukan ke induknya masih tidak mau ada kemungkinan dia sakit.

      Coba diberi tambahan multivitamin seperti imboost kids atau biolysin dengan takaran 1 cc pada pagi hari. Kalau punya madu juga bisa diberikan sebagai tambahan energi.

      Namun jika beberapa usaha sudah dilakukan belum ada perubahan memang ada baiknya dibawa ke vet.

      Balas
  5. Maaf jam segini ganggu, anak kucing saya baru berusia hampir 1bln, ada 3. Tapi yg 1 sudah 2hr ini ga mau menyusu, badannya lemes banget. Saya cari tau di g****e katanya kasih bubur beras merah atau kuning telur/madu. Karna madu blm ada jadi saya kasih bubur beras merah sama kning tlr rebus dicmpr, apakah cara ini busa menyelamatkan bayi kucing saya? Atau ada cara lain?tolong, saya khawatir sekali. Terima kasih

    Balas
    • Beberapa langkah yang bisa dilakukan:
      1. Beri multivitamin (imboost kids atau biolysin)
      2. beri susu sendiri, saran saya susu Bear Brand, gunakan pipet/suntikan ukuran 1 cc (lepas jarum) atau dot khusus kucing.
      3. beri air gula (pengganti sementara madu) sebagai tambahan energi.
      4. kuning telur.
      5. beri dia kehangatan, kalau punya kandang taruh dalam kandang dengan tambahan dop 5 atau 10 watt.

      Balas
  6. dok saya punya anak kucing 4 tanpa induk, tp sekarang tinggal 2,awalnya minum susunya banyak, sekarang jadi nggak nafsu setelah dutinggal mati sodaranya, terus pupnya jd mencret dan muntah, ada saran tidak ya dok?
    Terimakasih

    Balas
  7. Dok mau nanya.
    Dulu anak kucing saya mau menyusui di induk nya dan mata nya telah terbuka .
    Tapii saat berumur 1 bulan an ia tidak mau menyusui di induk nya dan mata nya menutup seperti lengket gitu.
    Badan nya lemas,kurus,dan cuma tidur saja.
    Induk nya saja mengurusi nya selalu.

    Ada saran kah dok?Takut nya ia semakin lemas dan mati
    Sudah 3hari lebih kek nya ngga mau menyusui di induk nya.
    Diberi susu dengan pipet seperti tidak mau.

    Ini seperti harapan tinggal sedikit menurut saya dan dalam 1-2hari lagi mati 🙁

    Semoga dokter bisa menjawab dan bisa membantu.

    Balas
    • Tadinya mau diberi saran beri susu sendiri melalui pipet namun ternyata sudah dilakukan. Tentu langkah terbaik dibawa ke klinik hewan atau vet supaya dapat penanganan yang tepat. Tapi kalau masih mau berusaha menolong, bisa diberi vitamin dan asupan nutrisi lain. Beri Imboost Kids 1 cc sehari sekali. Atau bisa diberi madu + kuning telur (untuk menambah tenaganya yang makin lemas).

      Balas
  8. kak kalau kitten saya usia 1 bulan 2 minggu dia tiba2 tidak mau menyusu dan tidak seaktif biasa juga muntah berwarna kuning, penangannya bagaimana?
    mohon dibalas
    terimakasih

    Balas
    • Muntah warna kuning ada dua kemungkinan: ada gangguan dengan lambung atau terkena virus panleukopenia. Kalau sudah muntah kuning tidak ada pilihan lain selain ke dokter. Kalau kena virus panleukopenia sangat berbahaya mematikan.

      Balas
  9. Saya punya 4 anak kucing,tetapi ada 1 anak kucing yang lemas dan sering baring,dia juga kurus dan jarang ikut menyusu dengan anak kucing yang lain,saat tidur juga dia lebih suka sendiri ketimbang dengan anak kucing lainnya gimana cara mengatasinya?

    Balas
    • Saran saya bisa dibantu dengan memberi susu sendiri. Belikan susu bear brand dan berikan melalui pipet (bisa beli di apotik). Dan berikan madu + kuning telur supaya dia bugar dan tidak lemas.

      Balas
  10. Udah hampir 2 minggu anak kucing aku , nah kan ada 2 , yang satu lemes gitu gamau nyusu terus bulunya juga tipis banget badannya kecil , sering banget dipindah pindah sama induknya , beda sama yang satunya badannya udah lumayan besar terus bulunya lebat , kayanya yg satu sakit , harus gimana jadinya dok?:(

    Balas
    • Biasanya kemungkinannya dia sakit. Bisa dibantu diberi nutrisi tambahan seperti kuning telur + madu. Masukkan dengan menggunakan pipet. Beri juga susu sendiri (bisa pakai susu Bear Brand) supaya dia tidak semakin lemas.

      Balas
  11. Permisi saya mau nanya nihh
    Saya kan punya bayi kucing baru beberapa hari tanpa induk, dia suka ngeong2 terus tetapi saat mau diberikan susu dia tidak mau, masalahnya apa ya?

    Balas
  12. Assalamualaikum kenapa kucing saya tidak mau nyusu dan tidak bisa berbicara kenapa ya

    By-khanza lee

    Balas
    • Waalaikumsalam, maaf saya tidak tahu kenapa kok kucingnya tidak mau menyusu karena tidak melihatnya secara langsung. Kalau hanya memperkirakan, kemungkinan sakit. Dibantu menyusu aja dengan memberikan susu melalui pipet atau spuit (suntikan yang dilepas jarum nya).

      Balas
      • Kucing ku lemas masih kecil tidak menyusu pada induk nya gimana cara agar kucing ku bisa menyusu pada induk nya

        Balas
        • Sekecil apa atau berapa usianya? Kebanyakan anak kucing tidak mau menyusu karena sakit. Peluangnya bertahan 50-50. Bisa dibantu menyusui sendiri. Kalau belum punya susu, belikan aja Bear Brand untuk sementara waktu. Pakai pipet (bisa beli di apotik) dan masukkan langsung ke mulutnya. Bantu juga dengan asupan lain seperti madu + kunyit + kuning telur.

          Balas
  13. Di rumah ada anak kucing 6 yg baru lahir, ibu nya mati setelah melahirkan, jd kami bingung mengurus anak2 kucing itu, karena sebelumnya kami tidak pernah memelihara kucing, setelah browsing dan tanya2 tentang perawatannya, akhirnya kami membeli bbrp perlengkapan termasuk susu dan botol nya, tp ada 1 anak kucing yg tidak mau menyusu, membuat kami bingung, apa perlu kami bawa ke dokter ya ?

    Balas
    • Hal seperti itu normal, banyak kasus bahkan ketika induk masih ada pun ada 1-2 anak kucing yang selalu tidak mau menyusu. Kebanyakan dari bayi kucing yang tidak mau menyusu ini kemungkinan besar selalu sakit. Banyak juga kasus induk melahirkan banyak bayi kucing dan hanya 50% dari anak mereka yang bisa tumbuh dengan sehat. Kalau memungkinkan dan memiliki biaya tentu membawa ke dokter hewan sangat disarankan.

      Atau tetap usahakan beri susu, saya lebih menyarankan menggunakan pipet untuk memberikan susu. Karena beberapa bayi kucing kesulitan dan tidak menyukai tekstur dot yang terlalu besar. Pipet lebih mudah masuk dan bisa digunakan untuk sedikit memaksa susu masuk langsung ke mulutnya. Semoga bermanfaat.

      Balas
  14. Ass..
    Gan…. kucing saya melahirkan 2 anak kucing. Setelah dpt 1 minggu kucing yg 1 nya terkena flu, terus tidak mau menyusu, setelah itu dpt 1 minggu meninggal.
    Nah… kucing sya yg tinggal 1 ini terkena flu juga br kemaren yg terkena flu. Sama juga mulai tidak mau menyusu. Saya takut kalau d biarkan takut meninggal seperti kucing yang satunya. Hidungnya juga seperti gak bisa bernafas,….
    Jadi.saya bingung harus bagai mana….. karna usianya masih blm dapat 1 bulan. Mohon saran nya gan… supaya anak kucing saya bisa sembuh dan mau menyusu lagi seper biasa…

    Balas
    • Langkah terbaik tentu membawanya ke dokter hewan. Namun beberapa usaha yang bisa diberikan untuk menolong:
      1. Beri asupan multivitamin (Biolysin, Curcuma Plus atau Imboost Kids <- pilih salah satu) berikan dengan dosis 1 cc (pakai spuit atau pipet), berikan pagi hari. 2. Beri kuning telur dengan tambahan madu. 3. Di uap (nebulizer), kalau punya kandang, masukkan kucing dalam kandang, tutup penuh jangan ada celah menggunakan selimut atau sarung, beri uap dengan menggunakan air panas yang mendidih yang ditaruh di mangkuk atau baskom, campur minyak kayu putih atau bawang merah (potong-potong) didalam air panas tersebut.

      Balas
    • rata-rata anak kucing yang tidak mau menyusu ini ada kemungkinan sakit. usia kucingnya berapa? kalau masih kecil dibawah 1 bulanan taruh kandang dengan diberi lampu dop atau beri air hangat dalam botol berbahan kaca/beling. intinya supaya si anak hangat. kalau sudah diatas sebulanan, beri madu atau multivitamin seperti Biolysin atau Imboost Kid. jangan sampai tidak terisi sama sekali, bisa dibantu memberikan susu dengan sedikit paksaan.

      Balas
  15. Kucing saya baru lahiran ini hari ketiga, dan ini kelahiran kedua bagi si induk, setelah lahir dari awal sampai sekarang bayi kucing tidak menyusu kpd induknya, hanya tidur an saja setiap hari, dan bentuk bayi nya 3 tiga nya sangat kecil sr kelahiran sebelumnya,
    Saya khawatir jika dibiarkan takut nya mati, karena sy ingat kelahiran pertama si induk bayi kucing setiap saat selalu menyusu, sedangkan kelahiran kedua ini tidak sm sekali, apa yg harus dilakukan?????

    Balas
  16. Saya punya anak kucing 7 induk nya mati terus saya, urus dan beli susu rc pake dot husus kucing juga, tapi ada salah satu kucing tidak mau minum susu trus sakit sakitan, langkah yang harus saya lakuin gmna ya ???
    Mohon saran nya saya bingung

    Balas
  17. Saya baru menemukan kucing dijalan..gk tau usiqnya brapa tp sudah kbuka matanya dan bisa berjalan walau jalannya kaya blajar jalan..saya bliin susu growsyy dan dotnya tapi si anak kucing gak mau mnyusu walau sudah sya paksa sampe menetes2..apa yg harus saya lakukan?

    Balas
  18. Saya mau nanya ni kucing saya baru melahirkan nah dia itu melahirkan di semak-semak trs udh satu jam lewat dia bawa pulang setelah tiga hari dirumah anaknya tdk mau menyusu lagi itu knp ya??

    Balas
  19. Mau tanya gan…saya punya kucing baru melahirkan bayi nya 4 ekor… dan semua sehat2…tapi setelah 1 bulan setengah salah 1 dari bayi kucing ini tiba2 tidak mau menyusu dan makan… ini sudah hampir 1 bulan…dan badannya sangat kurus, kecil, dan lemas..dibandingkan sodara2nya dia jd terlihat seperti baru lahir…padahal soadar2nya besar dan gemuk2…

    Balas
    • Kucing yang saya pelihara ada yang seperti ini. Salah satu anaknya gak mau nyusu, makan dan paling tidak aktif dibandingkan saudara2nya. Akhirnya harus diselamatkan dengan cara diberi susu kambing, kuning telur, minyak ikan. Dan itu dengan paksaan. Untung akhirnya lama-lama dia kembali normal setelah 2 mingguan dirawat khusus.

      Saya sarankan lakukan langkah yang sama agar dia bisa bertahan. Usia segitu sudah tidak diberi susu gpp. Spet madu dan kasih kuning telur yang rutin.

      Balas
      • Salah satu anak kucing saya baru berumur satu hari setengah tidak pernah mentuau dengab induk nya, dan saya coba berikan susu pembantu juga tidak mau diminum, solusi nya apa ya ka?

        Balas
        • Memberikan susunya bagaimana? Solusi tetap harus diberikan susu setiap dua atau tiga jam. Memang harus dengan sedikit paksaan.

          Sepertinya kondisi bayi kucing tersebut kurang baik atau sedang tidak sehat makanya tidak ada keinginan untuk menyusu.

          Beri susu dengan suntikan, lepas jarumnya, pakai yang ukuran 1 cc (yang kecil). Masukkan langsung susunya ke mulutnya pelan2. Kombinasi dengan beri air madu atau air gula supaya dia punya tenaga.

          Balas
  20. Gan mau nanya anak kucing saya dari 5 skrg tgl 2.apa nanti bsa jd mati semua gan….tlg ksh tau gmna biar gk mati lagi

    Balas

Tinggalkan komentar