Penyebab Anak Kucing Tidak Mau Menyusu

Sangat mengkhawatirkan jika anak kucing tidak mau menyusu karena susu adalah nutrisi utama mereka. Inilah beberapa penyebab anak kucing tidak mau menyusu.

Apa penyebab anak kucing tidak mau menyusu? Mari kita bahas masalah yang serius ini. Beberapa minggu pertama kehidupan kucing sangat penting bagi mereka untuk menjadi besar dan kuat.

Penyebab Anak Kucing Tidak Mau Menyusu
Penyebab Anak Kucing Tidak Mau Menyusu

Seekor anak kucing bisa menyusu sebanyak dua kali lipat dari berat tubuhnya setelah ia baru saja lahir hingga usia 1 minggu. Jika bayi kucing tidak mau menyusu, tentu saja ini adalah hal yang mengkhawatirkan bagi pertumbuhannya.

Penyebab Anak Kucing Tidak Mau Menyusu

Ada sejumlah alasan mengapa bayi kucing yang baru lahir mungkin tidak mau menyusu. Berikut ini beberapa penyebab anak kucing tidak mau menyusu:

  • Penyebab utama dan paling besar adalah sakit
  • Trauma ditinggalkan atau ditolak induknya
  • Tubuhnya merasa terlalu dingin atau terlalu hangat
  • Sakit yang membuat nafsu makan rendah
  • Ada masalah pencernaan
  • Deformitas yang tidak terlihat di mulut atau tenggorokan
  • Mungkin dia terpisah dari induknya dan terjebak sendiri, atau induknya menolaknya
  • Bisa jadi bayi kucing itu tidak sekuat saudara-saudaranya dan tidak bisa berebut posisi menyusu di perut induknya.

Baca juga:

Membantu Anak Kucing Tidak Mau Menyusu

Pada akhirnya, apapun penyebab anak kucing tidak mau menyusu bukan menjadi masalah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memberi bantuan kepada bayi kucing yang tidak mau menyusu ini.

1. Induk Pengganti

Ketika anak kucing Anda tidak mau menyusui, sobat bisa mencarikan induk pengganti. Ini bisa saja dilakukan karena beberapa induk kucing tidak masalah menyusui bayi-bayi yang bukan anaknya. Namun biasanya hal ini sulit dilakukan karena menemukan induk pengganti biasanya cukup sulit untuk dilakukan.

2. Beri Susu Formula

Penyebab Anak Kucing Tidak Mau Menyusu
Berikan susu formula khusus bayi kucing

Sobat bisa memberikan susu sendiri kepada anak kucing. Berikan susu yang diformulasikan khusus untuk bayi kucing. Susu formula biasanya berbentuk susu bubuk. Alternatif lain selain susu formula adalah susu kambing. Jika kondisi darurat dan butuh susu secara cepat, beri susu Bear Brand karena mudah dibeli dimana saja.

Baca juga:

Bagaimana cara memberikan susu ke anak kucing yang mogok minum susu?

  • Gunakan pipet. Menggunakan pipet sangat mudah untuk memasukkan langsung susu ke dalam mulutnya
  • Menggunakan spuit. Spuit adalah alat suntik namun lepas saja jarumnya. Untuk bayi kucing, supaya mudah masuk ke mulutnya pilih spuit berukuran 10 cc karena kecil
  • Dot khusus kucing. Bisa dibeli di petshop. Namun terkadang beberapa anak kucing kesulitan minum menggunakan dot.

Perhatikan beberapa hal penting ini ketika memberikan susu kepada bayi kucing:

  • JANGAN memberi bayi kucing susu sapi. Susu sapi tidak mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi kucing dan bahkan cenderung akan membuatnya diare
  • Bayi kucing membutuhkan susu yang sangat banyak. Frekuensi memberikan susu kepada anak kucing adalah antara 1 dan 2 jam dan bahkan di waktu malam hari. Sobat harus siap setiap saat untuk memberikannya susu
  • Jangan memberikan makanan padat kepada bayi kucing hingga usianya mencapai tiga hingga empat minggu (Baca jugaUmur Berapa Anak Kucing Berhenti Menyusui?)

3. Jamu

Jamu bisa menjadi nutrisi dan energi tambahan jika kucing lemas karena tidak mau menyusu. Sobat bisa memberikan perpaduan madu + kunyit + kuning telur. Parut dulu kunyit dan peras airnya, kemudian tambahkan madu dan kuning telur. Berikan lewat pipet atau spuit.

Atau jika tidak memiliki bahan diatas, langkah tercepat bisa membantu memberi air gula. Air gula bisa membantu memberikan kekuatan kepada kucing yang mengalami lemas.

Baca juga:

Yang terbaik tentu saja membawa bayi kucing ke dokter hewan untuk mengetahui secara pasti penyebab anak kucing tidak mau menyusu. Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena susu ada sumber nutrisi utama bagi perkembangan dan pertumbuhan anak-anak kucing.

Catatan: Artikel ini hanya untuk informasi. Kunjungi dokter hewan untuk nasihat dan perawatan medis.

Kurang lebih 20 tahun berkutat dengan dunia kucing. Mengabdikan sebagian hidupnya melayani 5 ekor kucing peliharaan. Senang mempelajari perilaku kucing dan membagikan pengetahuan tentang kucing dengan para pecinta kucing.

128 pemikiran pada “Penyebab Anak Kucing Tidak Mau Menyusu”

  1. Dok tgl 17 Juli 2021 kemarin saya nemu bayi kucing sepertinya baru beberapa hari (setelapak tangan/ mata belum terbuka) di pasar senen, nangis2 sendirian selama ini saya paksa beri susu, krn tidak mau menyusu (growess) tidur terus lemas. solusinya gimana ya supaya sehat dan mau menyusu. trimakasih dok.

    Balas
  2. Selamat pagi dok, saya mau nanya, saya punya kucing 2 umur sekitar 2-3 minggu(tanpa induk) sebelumnya kucing saya minum susu growsy tapi pup nya cair dok, cara ngatasinnya gimana ya dok, apakah dikasih watfood saja?dan kalau boleh tau watfood/susu yg bagus merk apa ya dok untuk kitten 2-3minggu

    Balas
  3. Gimana kaka gea keadaan kucing nya sudah sehat?
    Soalnya kucing saya mengalami gejala yg sama persis sama yang di alamin kucing kaka:(

    Balas
  4. Kucing saya sudah 4 kali melahirkan tpi smpe sekarang ga ada anak nya yg hidup. Lalu beranak lagi sekarang sisa 2, bru berumur 1 bulan si induk udah gamau nyusuin lagi. Baiknya gimana yaa supaya anaknya dapat susu? Trus susu induknya itu mengeras, stiap anaknya mau nyusu pasti langsung di geser2. Boleh minta solusinya, trimakasih.

    Balas
    • Puting susu mengeras itu karena memang dia berhenti menyusui belum pada waktunya. Jadi air susu masih terus berproduksi namun tidak dikeluarkan sehingga putingnya akan mengeras. Puting susu induk bisa dikompres dengan air hangat secara rutin supaya tidak terus mengeras dan induk dalam kondisi nyaman. Karena kitten sudah usia 1 bulanan, sudah bisa disuguhkan susu dalam mangkuk supaya minum mandiri. Bisa diberi susu formula khusus kitten, bear brand atau susu kambing (baca di sini: Susu Manusia yang Cocok untuk Anak Kucing). Dan juga sudah bisa diajari dan disuguhkan makanan yang lembek (bisa dryfood dicampur wetfood atau beri saja ikan kukus).

      Balas
  5. Selamat malam, kucing saya mempunyai 2 ekor anak namun hari ini yg satunya mati karena sakit. Usia anak kucing saya kira” 1 bulan, sebelum mati anak kucing saya sering masuk ke kamar mandi kemudian mengeong dengan keras. Setelah anak kucing saya mati, anak yg satunya lagi mulai menunjukan gejala yang sama. Sering pergi ke kamar mandi kemudian mengeong dengan keras atau hanya berdiam diri di stu dan juga sekarang anak kucing saya tidak aktif bermain lagi dan tidak mau menyusu dengan induknya.
    Saya takut anak kucing saya juga akan mati, apa yang harus saya lakukan? Terima kasih

    Balas
    • Kucing sering ke kamar mandi ada alasannya, salah satunya ada yang kurang beres dengan kondisinya (sakit) sehingga mencari tempat yang dingin-dingin (dalam hal ini kamar mandi). Langsung beri multivitamin agar daya tahan tubuhnya tidak makin drop dan supaya bisa meningkat lagi. Rekomendasi saya, berikan Imboost Kids Sirup, berikan dengan dosis 0.5 cc (gunakan pipet atau spuit untuk memasukkan ke mulutnya). Berikan dua kali sehari pagi dan sore. Jika dalam 3 hari kondisinya tidak membaik, ada baiknya langsung dibawa ke dokter hewan.

      Balas
  6. Selamat malam, kucing sy lahiran 7 ekor, 3 dari anaknya kondisinya kurus, sy sudah bantu memberika sufor, kira2 apa anak kucing sy bisa bertahan & akan sehat ga ya, adakah tips / saran buat saya?, & Ada 1 ekor, badannya paling besar, kebetulan hr ini mereka baru lahir dan udh -6 jam nyusu trus keinduknya, sampe klo tidur tetep nyusu diinduknya, sy pindahin dia ttp balik nyusu lg diinduknya, sy takut malah terkena diare, dan pupnya bewarna hijau dan agak lembek, apa itu wajar ya? Terimakasih

    Balas
    • Karena bayinya masih menyusu, fokus saja terus pada induknya dengan diberi makanan pendukung yang tepat, bisa baca di sini:
      https://www.kucingmania.net/makanan-untuk-kucing-menyusui/

      Sedangkan untuk pertanyaan “kira2 apa anak kucing bisa bertahan dan sehat”, maaf saya tidak bisa memperkirakan ya kak. Namun bagaimanapun juga harus siap dengan beberapa kemungkinan terburuk. Sudah sangat umum dan wajar jumlah bayi kucing bisa berkurang karena masing-masing kondisinya berbeda. Tindakan membantu memberikan sufor sudah tepat.

      Kemudian jika tidur masih dalam kondisi menyusu itu wajar, nanti kelamaan kebiasaan itu akan hilang seiring bertambahnya ukuran tubuhnya.

      Balas

Tinggalkan komentar