Penyebab Anak Kucing Tidak Mau Menyusu

Apa penyebab anak kucing tidak mau menyusu? Mari kita bahas masalah yang serius ini. Beberapa minggu pertama kehidupan kucing sangat penting bagi mereka untuk menjadi besar dan kuat.

Seekor anak kucing bisa menyusu sebanyak dua kali lipat dari berat tubuhnya setelah ia baru saja lahir hingga usia 1 minggu. Jika bayi kucing tidak mau menyusu, tentu saja ini adalah hal yang mengkhawatirkan bagi pertumbuhannya.

Penyebab Anak Kucing Tidak Mau Menyusu

Ada sejumlah alasan mengapa bayi kucing yang baru lahir mungkin tidak mau menyusu. Berikut ini beberapa penyebab anak kucing tidak mau menyusu:

  • Trauma ditinggalkan atau ditolak induknya.
  • Tubuhnya merasa terlalu dingin atau terlalu hangat.
  • Sakit yang membuat nafsu makan rendah.
  • Ada masalah pencernaan.
  • Deformitas yang tidak terlihat di mulut atau tenggorokan.
  • Mungkin dia terpisah dari induknya dan terjebak sendiri, atau induknya menolaknya.
  • Bisa jadi bayi kucing itu tidak sekuat saudara-saudaranya dan tidak bisa berebut posisi menyusu di perut induknya.

Baca juga: Makanan Anak Kucing Yang Baru Lahir

Membantu Anak Kucing Tidak Mau Menyusu

Pada akhirnya, apapun penyebab anak kucing tidak mau menyusu bukan menjadi masalah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memberi bantuan kepada bayi kucing yang tidak mau menyusu ini.

1. Induk Pengganti

Ketika anak kucing Anda tidak mau menyusui, sobat bisa mencarikan induk pengganti. Ini bisa saja dilakukan karena beberapa induk kucing tidak masalah menyusui bayi-bayi yang bukan anaknya. Namun biasanya hal ini sulit dilakukan karena menemukan induk pengganti biasanya cukup sulit untuk dilakukan.

2. Beri Susu Formula

Penyebab Anak Kucing Tidak Mau Menyusu
Berikan susu formula khusus bayi kucing

Sobat bisa memberikan susu sendiri kepada anak kucing. Berikan susu yang diformulasikan khusus untuk bayi kucing. Susu formula biasanya berbentuk susu bubuk. Alternatif lain selain susu formula adalah susu kambing. Perhatikan beberpa hal penting ini ketika memberikan susu kepada bayi kucing:

  • JANGAN memberi bayi kucing susu sapi. Susu sapi tidak mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi kucing dan bahkan cenderung akan membuatnya diare.
  • Bayi kucing membutuhkan susu yang sangat banyak. Frekuensi memberikan susu kepada anak kucing adalah antara 1 dan 2 jam dan bahkan di waktu malam hari. Sobat harus siap setiap saat untuk memberikannya susu.
  • Jangan memberikan makanan padat kepada bayi kucing hingga usianya mencapai tiga hingga empat minggu (Baca jugaUmur Berapa Anak Kucing Berhenti Menyusui?)

Yang terbaik tentu saja membawa bayi kucing ke dokter hewan untuk mengetahui secara pasti penyebab anak kucing tidak mau menyusu. Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena susu ada sumber nutrisi utama bagi perkembangan dan pertumbuhan anak-anak kucing.

Catatan: Artikel ini hanya untuk informasi. Kunjungi dokter hewan untuk nasihat dan perawatan medis (Kucingmania.net).

Bagikan di:

22 pemikiran pada “Penyebab Anak Kucing Tidak Mau Menyusu”

  1. Ass..
    Gan…. kucing saya melahirkan 2 anak kucing. Setelah dpt 1 minggu kucing yg 1 nya terkena flu, terus tidak mau menyusu, setelah itu dpt 1 minggu meninggal.
    Nah… kucing sya yg tinggal 1 ini terkena flu juga br kemaren yg terkena flu. Sama juga mulai tidak mau menyusu. Saya takut kalau d biarkan takut meninggal seperti kucing yang satunya. Hidungnya juga seperti gak bisa bernafas,….
    Jadi.saya bingung harus bagai mana….. karna usianya masih blm dapat 1 bulan. Mohon saran nya gan… supaya anak kucing saya bisa sembuh dan mau menyusu lagi seper biasa…

    Balas
    • Langkah terbaik tentu membawanya ke dokter hewan. Namun beberapa usaha yang bisa diberikan untuk menolong:
      1. Beri asupan multivitamin (Biolysin, Curcuma Plus atau Imboost Kids <- pilih salah satu) berikan dengan dosis 1 cc (pakai spuit atau pipet), berikan pagi hari. 2. Beri kuning telur dengan tambahan madu. 3. Di uap (nebulizer), kalau punya kandang, masukkan kucing dalam kandang, tutup penuh jangan ada celah menggunakan selimut atau sarung, beri uap dengan menggunakan air panas yang mendidih yang ditaruh di mangkuk atau baskom, campur minyak kayu putih atau bawang merah (potong-potong) didalam air panas tersebut.

      Balas
    • rata-rata anak kucing yang tidak mau menyusu ini ada kemungkinan sakit. usia kucingnya berapa? kalau masih kecil dibawah 1 bulanan taruh kandang dengan diberi lampu dop atau beri air hangat dalam botol berbahan kaca/beling. intinya supaya si anak hangat. kalau sudah diatas sebulanan, beri madu atau multivitamin seperti Biolysin atau Imboost Kid. jangan sampai tidak terisi sama sekali, bisa dibantu memberikan susu dengan sedikit paksaan.

      Balas
  2. Kucing saya baru lahiran ini hari ketiga, dan ini kelahiran kedua bagi si induk, setelah lahir dari awal sampai sekarang bayi kucing tidak menyusu kpd induknya, hanya tidur an saja setiap hari, dan bentuk bayi nya 3 tiga nya sangat kecil sr kelahiran sebelumnya,
    Saya khawatir jika dibiarkan takut nya mati, karena sy ingat kelahiran pertama si induk bayi kucing setiap saat selalu menyusu, sedangkan kelahiran kedua ini tidak sm sekali, apa yg harus dilakukan?????

    Balas
  3. Saya punya anak kucing 7 induk nya mati terus saya, urus dan beli susu rc pake dot husus kucing juga, tapi ada salah satu kucing tidak mau minum susu trus sakit sakitan, langkah yang harus saya lakuin gmna ya ???
    Mohon saran nya saya bingung

    Balas
  4. Saya baru menemukan kucing dijalan..gk tau usiqnya brapa tp sudah kbuka matanya dan bisa berjalan walau jalannya kaya blajar jalan..saya bliin susu growsyy dan dotnya tapi si anak kucing gak mau mnyusu walau sudah sya paksa sampe menetes2..apa yg harus saya lakukan?

    Balas
  5. Saya mau nanya ni kucing saya baru melahirkan nah dia itu melahirkan di semak-semak trs udh satu jam lewat dia bawa pulang setelah tiga hari dirumah anaknya tdk mau menyusu lagi itu knp ya??

    Balas
  6. Mau tanya gan…saya punya kucing baru melahirkan bayi nya 4 ekor… dan semua sehat2…tapi setelah 1 bulan setengah salah 1 dari bayi kucing ini tiba2 tidak mau menyusu dan makan… ini sudah hampir 1 bulan…dan badannya sangat kurus, kecil, dan lemas..dibandingkan sodara2nya dia jd terlihat seperti baru lahir…padahal soadar2nya besar dan gemuk2…

    Balas
    • Kucing yang saya pelihara ada yang seperti ini. Salah satu anaknya gak mau nyusu, makan dan paling tidak aktif dibandingkan saudara2nya. Akhirnya harus diselamatkan dengan cara diberi susu kambing, kuning telur, minyak ikan. Dan itu dengan paksaan. Untung akhirnya lama-lama dia kembali normal setelah 2 mingguan dirawat khusus.

      Saya sarankan lakukan langkah yang sama agar dia bisa bertahan. Usia segitu sudah tidak diberi susu gpp. Spet madu dan kasih kuning telur yang rutin.

      Balas
      • Salah satu anak kucing saya baru berumur satu hari setengah tidak pernah mentuau dengab induk nya, dan saya coba berikan susu pembantu juga tidak mau diminum, solusi nya apa ya ka?

        Balas
        • Memberikan susunya bagaimana? Solusi tetap harus diberikan susu setiap dua atau tiga jam. Memang harus dengan sedikit paksaan.

          Sepertinya kondisi bayi kucing tersebut kurang baik atau sedang tidak sehat makanya tidak ada keinginan untuk menyusu.

          Beri susu dengan suntikan, lepas jarumnya, pakai yang ukuran 1 cc (yang kecil). Masukkan langsung susunya ke mulutnya pelan2. Kombinasi dengan beri air madu atau air gula supaya dia punya tenaga.

          Balas
  7. Gan mau nanya anak kucing saya dari 5 skrg tgl 2.apa nanti bsa jd mati semua gan….tlg ksh tau gmna biar gk mati lagi

    Balas

Tinggalkan komentar