Penyakit Kucing Anggora
Penyakit Kucing Anggora

Penyakit Kucing Anggora Yang Umum Terjadi

Posted on

KucingMania.net – Sebagai kucing yang memiliki penampilan fisik sangat cantik, kucing Anggora adalah mahluk hidup yang juga memiliki beberapa masalah kesehatan. Dan beberapa penyakit kucing Anggora yang umumnya terjadi adalah masalah kesehatan yang dibawa secara turun temurun  karena faktor genetika. Secara umum, kucing Anggora adalah kucing yang sehat, lincah, cerdas dan bertipe sebagai kucing yang menuntut banyak diperhatikan oleh pemiliknya.

Jika sobat saat ini sudah memiliki kucing Anggora atau sedang merencanakan akan memelihara kucing cantik ini, ada baiknya kita mengetahui apa saja masalah kesehatan yang biasanya menimpa kucing berbulu indah ini. Agar kita bisa mengantisipasi dan mengambil tindakan jika ia terkena penyakit kucing Anggora.

Beberapa Penyakit Kucing Anggora

#1. Tuli

Memiliki mata biru yang indah memang memiliki efek buruk untuk berkembang biak karena hal ini rawan membuat mereka tuli. Jika seekor kucing memiliki satu mata biru dan yang satu lagi berwarna lain, ada kemungkinan mereka akan kehilangan pendengarannya di satu telinga saja. Ada baiknya untuk memeriksakan kucing Anggora yang sudah berusia satu tahun terkait masalah pendengarannya.

#2. Hypertrophic Cardiomyopathy atau HCM

Beberapa kucing Anggora telah dilaporkan mengalami masalah dengan jantung yaitu Hypertrophic Cardiomyopathy atau HCM. Ini adalah masalah jantung yang menyerang cukup banyak ras kucing. Kondisi ini adalah terjadinya penebalan di otot jantung mereka dan khususnya di ventrikel kiri. Hal ini dapat berdampak serius pada kemampuan jantung untuk secara efektif memompa darah beroksigen ke katup aorta kucing yang kemudian dikirim ke seluruh tubuh mereka. Diperkirakan kondisi ini merupakan gangguan yang diwariskan oleh beberapa ras kucing.

Penyakit Kucing Anggora
Mengenal beberapa penyakit kucing Anggora

Kondisi jantung ini biasanya mempengaruhi kucing ketika mereka berusia 5 hingga 7 tahun, tetapi beberapa kucing berumur 3 bulan juga terkena HCM. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa kucing jantan tampaknya lebih cenderung terkena masalah ini dibandingkan dengan kucing betina.

Baca juga: Tips dan Panduan Merawat Kucing Anggora

Gejala Hypertrophic Cardiomyopathy atau HCM pada kucing Anggora:

  • Kucing biasanya kehilangan selera makan, menolak makan apa pun yang kemudian menyebabkan mereka menjadi anoreksia.
  • Mereka lesu, tidak tertarik dengan apa yang terjadi di sekitar mereka.
  • Kucing memiliki denyut nadi yang lebih lemah.
  • Mereka sering mengalami kesulitan bernapas.
  • Kucing kehabisan nafas dengan sangat cepat setiap kali mereka bergerak.
  • Mereka mungkin mengalami kelumpuhan di kaki belakang mereka.
  • Bantalan kucing mungkin berubah warna kebiru-biruan karena fakta bahwa oksigen tidak mengalir ke kaki mereka seperti yang seharusnya.
  • Kucing sering tiba-tiba kolaps dan dapat mengalami gagal jantung total.

Baca juga: Mengenal Sifat Kucing Anggora

Jika sobat berencana mengadopsi kucing Anggora, baik anakan kucing atau kucing Anggora dewasa, pastikan sobat mendapatkan catatan kesehatan terkait kucing ini. Dan ketika usia kucing mencapai satu tahun, ada baiknya sobat melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh untuk mengetahui kondisi kesehatan kucing.

Kucing Angora adalah kucing yang cantik dan salah satu pilihan yang paling populer sebagai hewan peliharaan keluarga. Mereka pandai dan waspada serta sangat mandiri meskipun mereka tidak suka diabaikan pada jangka waktu yang lama. Jenis ini dikenal sehat meskipun ada beberapa masalah kesehatan yang patut diwaspadai. Dengan mengetahui beberapa masalah penyakit kucing Anggora, kita berharap dapat mengantisipasi kondisi ini dengan memberikan penanganan terbaik baik kucing Anggora kita.

Gravatar Image
Tertarik menggeluti dunia kucing. Sementara ini masih memiliki dua peliharaan kucing berjenis Dome (kucing kampung) dan Mix. Menumpahkan rasa ketertarikan dengan kucing pada blog ini. Semoga tulisan ini memberi manfaat bagi para penggemar kucing lainnya.

Silahkan Berkomentar