Merawat Kucing Kecil
Merawat Kucing Kecil

Tips dan Panduan Merawat Kucing Kecil

Posted on

KucingMania.net – Anak kucing atau kucing kecil adalah hewan yang tidak bisa dipungkiri memiliki kelucuan dan sangat menggemaskan. Secara naluriah, anak kucing atau kucing kecil memiliki naluri yang liar. Untuk merawat kucing kecil ini kelihatannya adalah urusan yang mudah. Bisa dikatakan merawat kucing kecil memang mudah namun hal tersebut adalah sebuah tanggung jawab yang besar.

Banyak yang harus dipersiapkan ketika kita akan merawat kucing kecil. Terutama bagi kita yang masih awam dalam menangani kucing kecil. Ada beberapa tips dan panduan untuk merawat kucing kecil agar ia mendapatkan semua perhatian dan semua kebutuhannya.

Tips dan Panduan Merawat Kucing Kecil

1. Persiapkan Rumah

Kucing kecil adalah mahluk yang suka bermain-main. Sobat harus mempersiapkan lingkungan yang akan mendukung aktifitasnya. Ia akan suka berlarian kesana kemari. Pastikan kondisi rumah aman untuk kucing kecil. Pastikan lemari dan pintu rumah selalu dalam keadaan tertutup. Jauhkan benda-benda kecil yang berbahaya dari jangkauannya. Siapkan juga tempat tidur khusus untuk anak kucing dengan memberikannya lapisan selimut atau handuk hangat.

2. Makanan dan Minuman

Siapkan kebutuhannya akan makanan dan minuman. Siapkan minuman agar mereka tidak dehidrasi. Berikan makanan sehat kaya protein, kalsium, taurin, dan nutrisi lainnya yang baik untuk kucing. Jika ingin memberikan susu, jangan berikan susu yang dikonsumsi oleh manusia seperti susu sapi. Lebih baik memberinya banyak minum air putih daripada memberinya susu. Siapkan makanan dan minumannya di dalam sebuah mangkuk khusus. Namun ingat, berilah jadwal makan yang teratur pada dirinya. Jangan selalu menyiapkan makanan dan minuman tersedia kapanpun untuk anak kucing.

3. Area Kotak Pasir

Kotak pasir adalah sebuah fasilitas yang harus disediakan jika sobat memelihara kucing. Ini adalah sebuah area “intim” bagi kucing mengeksplorasi dirinya.

4. Area Bermain

Ketika semua persediaan sudah dipersiapkan, hal lain adalah menyiapkan area bermain bagi anak kucing. Lebih baik sobat menyiapkan tempat bermain khusus daripada ia bermain-main di sofa dan mencakar korden rumah. Jauhkan semua benda-benda kecil yang rawan tertelan oleh kucing. Jauhkan juga bahan-bahan kimia seperti sabun agar tidak terjangkau oleh kucing kecil.

Tips dan Panduan Merawat Kucing Kecil
Tips dan Panduan Merawat Kucing Kecil

5. Waktu Berkualitas

Semua persiapan diatas akan terasa hambar jika sobat tidak menyediakan waktu khusus untuk merawat kucing kecil ini. Gendong, peluk, mengelus dan bermain dengan kucing kecil akan menambah interaksi dan meningkatkan hubungan dengan pemiliknya. Jangan biasakan ia bermain menggigit jari jemari kita karena jika ia terbiasa menggigit kebiasaan ini akan terbawa hingga ia dewasa.

6. Perawatan Kesehatan

Hal yang sangat penting ketika merawat kucing kecil adalah perawatan kesehatannya. Tidak perlu menunggu hingga ia dewasa untuk memeriksakan kesehatannya ke dokter hewan. Dokter akan melakukan tindakan-tindakan seperti vaksinasi kucing. Dokter hewan juga akan melakukan pemeriksaan mendalam seperti pemeriksaan feses untuk memastikan kucing kecil ini bebas dari masalah cacing dan parasit.

7. Siapkan Tempat Hangat

Biarkan anak kucing tetap hangat. Kucing kecil tidak dapat mengatur suhu tubuh mereka dan biasanya mereka mendapatkan kehangatan dengan meringkuk ke induk mereka. Hangatkan tubuhnya perlahan dengan membungkusnya dengan selimut bulu dan memeluknya di samping tubuh.

8. Rawat Bulunya

Selalu rawat bulu-bulunya dengan rajin menyikat bulunya supaya tetap halus. Gunakan sikat khusus untuk menyikat bulu kucing.

9. Perlengkapan Anak Kucing

Berikut adalah daftar barang-barang penting yang harus dimiliki untuk merawat kucing kecil:

  • Kalung untuk memberikannya identitas.
  • Mangkuk makanan yang terbuat keramik.
  • Litter box/kotak pasir.
  • Tempat tidur kucing yang hangat dan nyaman.
  • Sikat bulu kucing.
  • Sikat gigi kucing.

10. Waspada Terhadap Masalah Penyakit Kucing

Anak kucing lebih rentan terhadap sejumlah penyakit (Baca juga: Penyakit Kucing – Panduan Bagi Pemilik Kucing). Berikut ini adalah beberapa gejala masalah kesehatan yang biasa terjadi pada kucing (terutama kucing kecil):

  • Kurang nafsu makan.
  • Berat badan turun.
  • Muntah.
  • Perut bengkak atau nyeri.
  • Lethargy (kelelahan).
  • Diare.
  • Sulit bernafas.
  • Batuk.
  • Gusinya pucat.
  • Mata merah atau mata membengkak.
  • Ketidakmampuan untuk buang air kecil atau besar.

Kunci merawat kucing kecil adalah memberikannya perhatian yang besar. Jika ia memiliki induk, sebagian besar urusan perawatan akan ditangani dengan baik oleh induknya. Kita hanya menyiapkan saran pendukung bagi induk kucing. Jika anak kucing tidak memiliki induk, maka tugas kita sebagai pemilik adalah merawatnya dengan penuh perhatian selayaknya induk kucing merawat anak kucing.

Gravatar Image
Tertarik menggeluti dunia kucing. Sementara ini masih memiliki dua peliharaan kucing berjenis Dome (kucing kampung) dan Mix. Menumpahkan rasa ketertarikan dengan kucing pada blog ini. Semoga tulisan ini memberi manfaat bagi para penggemar kucing lainnya.

Silahkan Berkomentar