Merawat Kucing Anggora
Merawat Kucing Anggora

Tips dan Panduan Merawat Kucing Anggora

Posted on

KucingMania.net – Kucing Anggora adalah salah satu jenis kucing “kuno”. Karena keindahan dan parasnya yang anggun, kucing ini menjadi salah satu jenis kucing yang paling dicari oleh pecinta kucing. Ekor panjang dan bulunya yang lembut semakin membuatnya terlihat mempesona. Untuk merawat kucing Anggora, diperlukan beberapa perlakuan khusus agar ia tetap sehat dan bahagia.

Merawat kucing Anggora tidak sulit. Secara umum tidak ada bedanya dengan merawat kucing-kucing jenis lain. Namun memang ada beberapa sedikit perbedaan dalam memperlakukan kucing Anggora. Berikut inilah tips dan cara merawat kucing Anggora.

Merawat Kucing Anggora

1. Perawatan utama kucing Anggora adalah perawatan bulu-bulunya. Untuk merawat bulu indahnya, kucing Anggora harus sering mendapatkan “servis” penyikatan bulu secara rutin. Tidak perlu menyikatnya setiap hari. Usahakan setiap dua hari sudah cukup. Lakukan penyikatan bulunya secara lembut dengan menggunakan sikat khusus. Selain bagus untuk bulunya, proses menyikat ini juga akan menghilangkan kotoran-kotoran dan bulu-bulu mati yang rontok. Sikat khusus untuk merawat bulu kucing bisa dibeli di toko hewan.

2. Kucing Anggora juga membutuhkan “olahraga”. Olahraga disini adalah aktifitas fisik seperti bermain. Sisihkan waktu sobat untuk bermain bersama kucing ini. Ajaklah ia bermain dengan memberinya beberapa mainan. Mainan favoritnya adalah bola. Lemparkan bola maka ia akan mengejarnya kesana kemari. (Baca jugaMengenal Lebih Dalam Sifat Kucing Anggora)

3. Cara merawat kucing Anggora berikutnya adalah memberi makanan yang berkualitas. Jangan memberikan makanan manusia kepada kucing Anggora. Berikan makanan khusus kucing yang memiliki kualitas terbaik. Dalam memberi makan kucing Anggora, berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan:

  • Berikan makanan yang banyak mengandung protein.
  • Berikan jadwal makanan yang ketat dan rutin, jangan membiarkan kucing makan dengan bebas agar ia terhindar dari obesitas.
  • Untuk memantau berat kucing Anggora, timbang sebulan sekali. Jika kucing terlihat kelebihan berat badan, kurangi makanan mereka.

4. Merawat kucing Anggora, pastikan juga selalu memotong kukunya. Kita bisa memotongnya sendiri. Untuk memotong kukunya, sebelumnya buatlah ia nyaman berada dalam pangkuan sobat, setelah itu tekan dengan lembut cakarnya agar muncul keluar dan kemudian potonglah pelan-pelan. Rapikan saja bagian putih kukunya dan hati-hati jangan memotong terlalu dalam.

5. Cara merawat kucing Anggora yang berikutnya adalah selalu bersihkan telinganya. Lakukan pembersihan telinga pada interval 2-3 mingguan. Pembersihan ini untuk menghilangkan semua kotoran dan menghindari penumpukan. Jangan terlalu sering membersihkan telinganya. Cek secara rutin kondisi telinganya. Untuk membersihkan telinganya, gunakan bola kapas lembab atau kain kasa. Gosok lembut bagian dalam telinga dengan kasa atau bola kapas dan hindari saluran dalam telinga. Jika telinganya terlalu kotor dan berbau busuk, jangan memaksa untuk membersihkannya sendiri, lebih baik untuk membawanya ke dokter hewan untuk melihat kondisi telinganya.

Perhatikan masalah pendengarannya. Beberapa kucing Anggora yang memiliki mata biru dapat memicu masalah pendengaran. Jika kucing Anggora sobat berwarna putih dengan dua mata biru, mereka rawan terkena masalah pendengaran seperti tuli di kedua telinga mereka. Jika Anggora sobat hanya memiliki satu mata biru, mereka bisa terkena tuli pada salah satu telinganya.

6. Kucing Anggora juga perlu mendapatkan perawatan gigi. Sikat giginya secara rutin untuk menghindari masalah penyakit gigi/periodontal. Ada sikat gigi dan pasta gigi khusus untuk kucing yang bisa dibeli di toko hewan. Jangan gunakan pasta gigi manusia pada kucing. Fluoride atau fluorinya beracun untuk kucing.

7. Pertimbangkan untuk memandulkan kucing Anggora betina dan untuk jantan dikebiri. Lakukan hal ini jika sobat tidak berencana untuk mengembangbiakkan mereka. Pengebiran dan memandulkan memiliki dampak positif lain seperti bisa mengurangi perilaku negatif seperti kencing sembarangan (meninggalkan tanda mereka) dan membantu mengurangi risiko tumor mammae dan infeksi rahim yang umum terjadi pada kucing betina.

8. Pantau masalah jantung. Kucing Anggora secara genetik cenderung memiliki masalah kardiomiopati hipertrofik. Ini adalah jenis penyakit jantung yang umum terjadi di mana otot menjadi tebal. Bawa kucing ke dokter hewan untuk mendapatkan skrining jantung. (Baca jugaPenyakit Kucing Anggora Yang Umum Terjadi)

9. Bawa kucing ke dokter hewan secara rutin. Seperti yang tertulis diatas, kucing Anggora rawan terkena masalah pendengaran dan masalah jantung. Untuk memastikan mereka tetap sehat, bawa kucing untuk mendapatkan perawatan dokter hewan secara teratur. Pastikan ia mendapatkan semua vaksinasi yang dibutuhkan. Beberapa vaksin dasar yang harus didapatkan oleh kucing Anggora adalah FPV (distemper), Rabies, FeLV, FIV, FIP, Chlamydophila Felis, Bordetella, dan program vaksin Feline Giardia. Selain itu mereka juga membutuhkan vaksin rabies tahunan.

Baca juga: Informasi Tentang Kucing Anggora

Setelah membaca beberapa tips merawat kucing Anggora diatas, apakah menurut sobat merawat kucing ini sulit? Tentu saja tidak. Kucing Anggora adalah kucing yang mudah dirawat karena ia sangat jinak dan penurut kepada pemiliknya. Yang penting berilah ia perhatian yang besar dan perhatikan makanan serta kesehatannya. Kucing cantik ini bisa menjadi partner hidup dalam jangka waktu yang panjang (usianya bisa mencapai 18 tahun).

Gravatar Image
Tertarik menggeluti dunia kucing. Sementara ini masih memiliki dua peliharaan kucing berjenis Dome (kucing kampung) dan Mix. Menumpahkan rasa ketertarikan dengan kucing pada blog ini. Semoga tulisan ini memberi manfaat bagi para penggemar kucing lainnya.

Silahkan Berkomentar