3 Cara Ini Mampu Mengatasi Kucing Betina Birahi

Salah satu kondisi alami yang akan terjadi ketika kucing dewasa adalah birahi. Masa birahi kucing normalnya akan dimulai ketika kucing berusia 11-12 bulanan. Bahkan beberapa kucing akan mengalami birahi pada usia muda seperti usia 5-10 bulanan. Birahi kucing pada usia muda sangat tidak baik bagi kondisi tubuh mereka terutama betina karena secara fisik rahim mereka belum matang untuk dibuahi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kucing betina birahi.

Cara Mengatasi Kucing Betina Birahi

Sebelumnya sobat harus mengetahui apa yang terjadi ketika kucing mengalami birahi. Birahi pada kucing betina adalah sebuah bahasa tubuh yang menandakan bahwa dia sudah siap untuk hamil karena kondisi hormonal. Berikut ini adalah tanda-tanda umum ketika kucing betina mengalami birahi.

Tanda-tanda Kucing Birahi

  1. Kucing akan lebih berisik dan akan berlangsung sepanjang hari tanpa henti hingga ia berhasil kawin.
  2. Haus kasih sayang yang berlebihan. Kucing betina akan lebih menginginkan tubuhnya dibelai dan dia akan menunjukkan bahwa ia membutuhkan banyak perhatian.
  3. Jika dia kucing rumahan, dia akan berusaha mencari jalan keluar rumah untuk mencari pasangan kawin.
  4. Ketika sobat mengelusnya, dia akan menungging pada posisi kawin.
  5. Bulu rontok dan nafsu makan menurun drastis.

Ada tiga cara untuk mengatasi kucing betina birahi dimana salah satu cara memiliki efek permanen yaitu birahi akan hilang. Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi kucing betina ketika birahi.

1. Mengawinkan

Tentu saja cara untuk mengatasi kucing betina birahi adalah memberi mereka kesempatan untuk kawin. Sobat harus mencarikan pasangan kucing jantan agar kucing betina sobat tidak berusaha kabur keluar rumah.

Sedari awal, sobat bisa memelihara sepasang kucing jantan dan betina yang seusia agar ketika mereka sama-sama birahi maka mereka bisa segera menyelesaikan hasrat mereka untuk kawin. Jika sobat tidak memiliki kucing jantan, alternatif berikutnya adalah mencari jasa pemacakan kucing. Ini adalah jasa mengawinkan kucing dengan biaya tertentu yang disepakati.

Mengatasi Kucing Betina Birahi
Mandi mampu mengatasi kucing betina birahi (sumber gambar mofutan.net)

2. Menghilangkan Birahi Sementara

Cara kedua ini sebenarnya hanya “mengaburkan” atau menghilangkan birahi mereka untuk sementara waktu. Dan cara ini membutuhkan upaya lebih agar si kucing betina bisa hilang birahinya. Cara menghilangkan kucing betina birahi untuk sementara waktu.

  1. Mandi – Memandikan kucing dengan air dingin ketika birahi mampu menghilangkan rasa birahi mereka. Hal ini dikarenakan ketika birahi, tubuh kucing akan terasa panas dan menyiksa. Mendinginkan tubuh mereka dengan mandi mampu menghentikan birahi untuk beberapa waktu.
  2. Dimanjakan – Memberikan perhatian berlebih seperti sering mengajak kucing berinteraksi, bermain, sering mengajak mereka bicara serta sering membelai mereka mampu menghentikan proses birahi untuk sementara waktu.
  3. Isolasi – Jika sobat tidak berencana memiliki bayi-bayi kucing baru, isolasi kucing betina yang sedang birahi. Jangan biarkan kucing berhasil keluar rumah untuk mencari pasangan.
  4. Catnip – memberikan catnip juga sangat manjur untuk menghilangkang kucing birahi untuk sementara waktu.

*Untuk diketahui:

  • Masa birahi kucing betina biasanya berlangsung selama 3-7 hari (seminggu). Setelah itu birahi akan hilang namun akan muncul kembali setiap 3 minggu.
  • Untuk birahi perdana kucing yang masih muda biasanya akan berlangsung hingga 7 hari.
  • Masa birahi akan muncul dan hilang sepanjang tahun hingga kucing betina benar-benar berhasil kawin dengan pasangannya.
  • Tanda-tanda birahi mulai hilang adalah kucing akan terlihat lebih kalem dan kembali ke keadaan normal.
  • Kucing betina yang birahi dan tidak bisa melampiaskan birahinya, memiliki resiko terkena Pyometra.

Baca juga: Awas! Pil KB untuk Kucing Sangat Berbahaya

3. Menghilangkan Permanen

Satu-satunya cara permanen untuk mengatasi kucing betina birahi adalah dengan melakukan steril. Ini adalah solusi terbaik jika memang sobat tidak ingin mengembangbiakan kucing. Banyak hal positif yang di dapat ketika kucing sudah disteril selain hilangnya birahi tersebut. Dengan tidak birahi, kucing akan lebih betah berada di dalam rumah dan tidak ada resiko hilang serta hal-hal negatif lainnya.

Penting: jangan gunakan kontrasepsi manusia seperti pil KB pada kucing!

Baca juga: Manfaat Steril Kucing atau Kastrasi Kucing

Biaya Steril Kucing

Biaya steril untuk kucing betina saat ini memang masih mahal jika dibandingkan kucing jantan. Normalnya, biaya steril untuk kucing betina berkisar antara 600 ribu hingga satu jutaan. Sedangkan untuk biaya steril kucing jantan adalah berkisar antara 250-500 ribu. Namun sobat tidak perlu patah semangat atau gentar melihat harga ini.

Ada beberapa program steril bersubsidi dan bahkan gratis yang biasanya diadakan oleh komunitas pecinta kucing yang bekerja sama dengan dokter hewan. Sobat hanya perlu menggali informasi dengan mengikuti informasi di komunitas pecinta kucing kota sobat.

Dengan membaca beberapa cara mengatasi kucing betina birahi diatas, semoga sobat bisa mendapatkan gambaran apa saja yang harus dilakukan. Ingat sekali lagi, birahi pada kucing akan berlangsung selama seumur hidup mereka kecuali mereka sudah dalam keadaan steril. Jadi apapun keputusan yang sobat ambil, semoga itu yang terbaik bagi kucing sobat.

Bagikan di:

Tinggalkan komentar