Membedakan Kucing Persia dan Anggora
Membedakan Kucing Persia dan Anggora (foto Wikipedia)

Membedakan Kucing Persia dan Anggora

Posted on

KucingMania.net – Kucing Angora atau lebih populer disebut di Indonesia dengan Anggora beberapa orang masih salah mengira perbedaannya dengan kucing Persia. Seperti sudah menjadi kebiasaan terutama bagi yang awam tentang kucing (bahkan pecinta kucing) mengira bahwa kucing Persia adalah kucing Angora. Kucing ras bulu panjang semua sudah dianggap kucing Angora. Ini tentu menjadi sebuah kekeliruan yang harus diluruskan. Nah bagaimanakah cara membedakan Kucing Persia dan Anggora?

Untuk lebih memahami tentang kucing Angora, sobat bisa membaca beberapa artikel yang sudah saya tulis tentang kucing ini di artikel berikut:

Saya tidak akan membahas panjang lebar tentang kucing Anggora dan Persia di artikel ini karena kita akan fokus membahas perbedaan kedua jenis kucing tersebut.

Kucing Persia yang salah disebut kucing Anggora memiliki ciri fisik yang berbeda dengan Anggora. Perbedaan terlihat dari bentuk wajah dan kondisi fisik tubuhnya. Di Indonesia sendiri ada 3 jenis kucing Persia yang umum diketahui yaitu Persia Medium, Flatnose dan Peaknose. Yang membedakan diantaranya ketiganya ada tentu saja wajah terutama di bagian hidung mereka.

Membedakan Kucing Persia dan Anggora
Kucing Persia Medium

Gambar diatas menampilkan gambar kucing Persia Medium.

Sedangkan apa yang membedakan kucing Persia dan Anggora?

Yang menjadi catatan penting adalah, kucing ras Turkish Angora murni di Indonesia saat ini hanya dimiliki oleh beberapa orang saja dimana salah satunya yaitu Bhinneka Cattery Bandung yang dimiliki oleh Bapak Jimmy Oetji.

Ciri Kucing Angora Asli
Ciri Kucing Angora Asli

Bentuk fisiknya Angora bisa dilihat dari gambar diatas. Bentuk wajah sudah sangat beda jika dibandingkan dengan Persia yaitu Angora memiliki wajah yang lurus tanpa lekukan sedangkan Kucing Persia memiliki bentuk wajah yang BULAT. Gambar dibawah ini menampilkan perbedaan antara Kucing Angora dan Persia.

Membedakan Kucing Persia dan Anggora
Kucing Persia vs Kucing Angora

Gambar atas adalah Kucing Persia dan gambar bawah adalah Turkish Angora.

Persia vs Angora
Persia vs Angora

Ciri kucing Turkish Angora asli:

  1. Berasal dari Turki asli dan perlu ijin dan syarat yang ketat untuk mendapatkan langsung dari Turki.
  2. Harga kucing Angora asli di Indonesia adalah minimal berharga 80 juta rupiah.
  3. Kucing Angora asli memiliki sertifikat yang menunjukkan keaslian jenisnya.
  4. Telinga lebar dan besar.
  5. Bentuk kepala segitiga terbalik.
  6. Hidung tidak pesek cenderung persis seperti kucing domestik/kampung (memiliki moncong atau monyong).
  7. Bulu badannya tidak terlalu panjang
  8. Panjang bulu badan dengan ekornya berbeda (bulu ekornya lebih panjang).
  9. Mata biasa berwarna biru atau kuning dan sebagian ada juga yang oddeyes.

    Membedakan Kucing Persia dan Anggora
    Bulu ekor Kucing Angora lebih panjang dari bulu tubuhnya (gambar oleh Wikipedia)

Jika sobat ingin membeli kucing Angora asli dan mendapati banyak yang menjual dengan harga ratusan ribu saja maka sudah dipastikan itu bukan Kucing Angora asli dan itu adalah jenis Kucing Persia. Untuk mendapatkan Kucing Angora asli dan murni, sobat harus mengimpor langsung dari Turki dengan biaya yang sangat besar dan syarat yang sangat-sangat ketat. Dan satu lagi yang penting adalah penyebutan nama yaitu Anggora adalah salah, yang betul adalah Angora.

Setelah membaca sedikit ulasan diatas semoga saja sobat bisa mendapatkan pengetahuan tentang Kucing Angora dan bagaimana membedakan Kucing Persia dan Anggora (Turkish Angora). Semoga bermanfaat.

Gravatar Image
Tertarik menggeluti dunia kucing. Saat ini memelihara beberapa kucing domestik dan mix dome dimana sebagian besar adalah hasil rescue dari jalanan. Menumpahkan rasa ketertarikan dengan kucing pada blog ini. Semoga tulisan ini memberi manfaat bagi para penggemar kucing lainnya.

Silahkan Berkomentar