Penyebab Mata Kucing Belekan dan Penanganannya

Posted on

Ketika sobat melihat kucing-kucing liar yang ada di jalanan banyak diantara mereka yang mengalami masalah mata seperti belekan. Mata kucing belekan adalah masalah klasik yang selalu menimpa kucing apapun. Namun mata belekan pada kucing juga harus tetap diwaspadai jika terlalu berlebihan dan terjadi terus menerus. Ada beberapa masalah kesehatan pada kucing yang diawali dengan kondisi mata mengeluarkan kotoran.

Sebelum melanjutkan tentang masalah kotoran mata pada kucing, perlu sobat ketahui juga ada beberapa ras kucing yang secara alami akan sering mengeluarkan air mata terus-menerus. Yang paling dikenal sering mengeluarkan air mata adalah kucing berhidung sangat pesek seperti contohnya jenis Persia Peaknose. Kucing ini akan selalu mengeluarkan air mata meski dalam kondisi sehat. Dan air mata yang jika tidak segera dibersihkan akan menimbulkan belekan dan kerak. Jadi jika sobat memelihara kucing jenis ini supaya tidak kaget dan heran jika kucing terus-menerus mengeluarkan kotoran meski tidak sakit.

Penyebab Mata Kucing Belekan

  1. Cacingan – salah satu indikator kucing menderita cacingan adalah belekan. Pada kondisi cacingan parah, belek bisa menutup sebagian atau bahkan seluruh mata. Kasus ini banyak ditemui pada anak-anak kucing liar yang terabaikan. Daya tahan tubuh anak kucing yang masih lemah dan belum terbentuk dengan baik akan memicu masalah ini.
  2. Sakit mata – mata kucing mengeluarkan kotoran terus-menerus juga menandakan kucing mengalami gangguan pada matanya. Banyak kasus kucing mengalami kebutaan yang diakibatkan sakit mata parah dimana awalnya dimulai dengan munculnya belekan.
  3. Efek samping – beberapa efek samping pemberian multivitamin atau nutrisi adalah belekan. Beberapa kucing tidak cocok atau terlalu berlebihan diberi asupan nutrisi. Salah satunya adalah pemberian Nutriplus Gel yang berlebihan pada kucing bisa menyebabkan kucing mengalami belekan.
  4. Sakit – beberapa kondisi gangguan kesehatan seperti kucing flu/pilek dan demam akan memicu air mata keluar terus-menerus dan akan memicu timbulnya belekan. Dalam kondisi flu atau pilek parah, air mata bahkan bisa keluar secara berlebihan dan menimbulkan belekan yang parah.
  5. Iritasi – iritasi pada mata kucing akan memicu munculnya kotoran di sekitar mata. Iritasi biasanya disebabkan ketika proses memandikan kucing yang tanpa sengaja sampo mengenai mata kucing. Penyebab lain iritasi adalah seperti tercakar atau tergores bulu.

    Mata Kucing Belekan
    Masalah mata serius pada anak kucing liar yang diawali dengan belekan (gambar oleh Diah Wulandari @MCL)

Munculnya kotoran pada mata secara terus menerus pada kucing bisa sangat membahayakan. Jika tidak ditangani dengan baik akan menimbulkan gangguan mata seperti Katarak dan bisa berujung kebutaan. Berikut ini beberapa cara untuk menangani belekan pada mata kucing.

  1. Ketika kucing sudah terindikasi mengalami belekan, rajin-rajinlah membersihkan mata kucing dengan air hangat.
  2. Untuk mencegah iritasi dan belekan menjadi lebih parah, sobat bisa membersihkan mata kucing dengan menggunakan air rebusan daun sirih. Membersihkan dengan air rebusan daun sirih terbukti mampu mengatasi kondisi masalah mata ringan.
  3. Memberikan obat cacing sangat diperlukan bagi kucing-kucing yang mengalami gangguan belekan terus-menerus. Jika sebelumnya sudah diberi obat cacing namun masih mengalami belekan, ada masalah dengan kondisi matanya.
  4. Kondisi keluarnya kotoran mata parah yang menyebabkan gangguan mata pada beberapa kasus bisa diatasi dengan memberikan obat mata. Beberapa obat mata untuk manusia yang bisa diberikan kepada kucing adalah seperti Erlamycetin, Terramycin dan Terra-Cortril (obat-obat ini diresepkan dan direkomendasikan oleh beberapa dokter hewan).
  5. Pembersihan dengan rebusan air daun sirih adalah dua kali dalam sehari tergantung tingkat keparahan kotoran matanya. Dalam kondisi parah, bersihkan mata setiap kotoran sudah mulai muncul.
  6. Pemberian obat salep mata idealnya adalah dua kali dalam sehari. Kombinasikan dengan membersihkan mata dengan air daun sirih dan kemudian oleskan salep mata.
  7. Jika dalam 3 hari dan maksimal 1 minggu perawatan dengan menggunakan metode diatas tidak mampu menyembuhkan masalah belekan pada kucing, segera bawa kucing ke dokter hewan untuk mendapatkan perawatan yang lebih tepat.

Baca juga: Penyakit Kulit Pada Kucing dan Berbagai Penyebabnya

Semua langkah-langkah perawatan diatas adalah berdasarkan pengalaman pribadi, rekomendasi dokter hewan dan informasi dari sesama pecinta kucing. Ketika mata kucing belekan, sobat harus segera membersihkannya. Jika kotoran menumpuk, maka akan mengeras dan beberapa kasus akan meninggalkan bekas mengelupas pada daerah sekitar mata. Oleh karena itu jangan remehkan kondisi ini. Semoga bermanfaat.

Catatan: Artikel ini hanya untuk informasi. Kunjungi dokter hewan untuk nasihat dan perawatan medis (Kucingmania.net).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *