Manfaat Steril Kucing
Manfaat Steril Kucing

Manfaat Steril Kucing atau Kastrasi Kucing

Posted on

KucingMania.net – Kucing semakin dewasa kebutuhannya pun juga semakin bertambah. Kebutuhan kucing yang sudah menginjak dewasa salah satunya adalah kawin. Birahi adalah hal yang pasti akan datang pada kucing. Dan jika kucing sudah birahi akan timbul beberapa masalah yang akan ditulis dibawah. Salah satu hal untuk mencegah efek buruk birahi dan mengendalikan populasi kucing adalah melakukan sterilisasi atau kastrasi. Steril punya banyak manfaat untuk kucing. Ingin tahu apa saja manfaat steril kucing?

Sebelum kita mengetahui apa saja manfaat steril kucing, saya akan memberikan beberapa hal negatif yang ditimbulkan oleh kucing ketika birahi. Ketika birahi, kucing itu:

  • Akan lebih berisik, mengeong-ngeong sampai hasratnya tersalurkan.
  • Agresif. Kucing baik jantan atau betika akan menjadi lebih agresif. Terutama kucing jantan bisa saja melukai kucing lain di sekitarnya.
  • Nafsu makan menurun.
  • Bulu rontok.
  • Keluyuran mencari pasangan untuk kawin.

Birahi pada kucing hanya bisa dicegah sementara saja seperti dengan memandikan kucing ketika ia birahi. Namun beberapa saat setelah mandi kucing akan kembali birahi kembali. Oleh karena itu sobat sebagai pemilik kucing sudah saatnya mempertimbangkan untuk melakukan sterilisasi pada kucing. Banyak lho manfaat yang bisa diperoleh setelah kucing di steril. Berikut inilah beberapa manfaat steril kucing yang harus sobat ketahui.

Manfaat Steril Kucing atau Kastrasi Kucing

1. Kalem

Kucing terutama kucing jantan, akan menunjukkan perilaku lebih kalem setelah di steril. Berkurangnya hormon testosteron mengurangi agresi yang ditimbulkan oleh kucing jantan.

2. Manja

Sebagian besar efek positif steril kucing adalah sifatnya menjadi lebih manja. Beberapa pecinta kucing menceritakan bahwa ia mempunyai kucing yang cuek dan kurang dekat dengan pemiliknya. Setelah di steril, sifatnya menjadi lebih manja dan semakin dekat dengan pemiliknya.

3. Suka Bermain

Beberapa kucing dewasa menunjukkan sifat ketika seperti masih anak-anak. Ia menjadi lebih suka bermain-main dimana sebelumnya hanya suka makan dan tidur-tiduran.

Manfaat Steril Kucing
Salah satu manfaat steril kucing adalah kucing menjadi lebih gemuk

4. Kondisi Fisik Berubah ke Arah Positif

Banyak kondisi fisik kucing berubah ke arah yang lebih baik sejak di steril. Beberapa diantaranya adalah:

  • Tubuh semakin gemuk berisi
  • Bulu menjadi lebih lebat dan halus

5. Mengurangi Resiko Gangguan Kesehatan

Manfaat steril kucing berikutnya adalah bisa memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan kucing. Steril pada kucing jantan akan mengurangi resiko terkena penyakit seperti kanker/tumor pada testis, penyakit saluran kencing, masalah ginjal dan organ dalam lainnya. Kucing jantan yang menahan birahi dan tidak tersalurkan akan sangat berbahaya bagi organ saluran kencing dan ginjalnya. Steril kucing jantan juga mengurangi resiko luka-luka akibat perkelahian memperbutkan betina dan wilayah.

6. Mengurangi Populasi Berlebihan dan Penelantaran

Salah satu manfaat steril kucing tentu saja adalah mengendalikan populasi kucing. Bayangkan jika kucing betina dalam 1 tahun ia hamil 3 kali dan setiap melahirkan minimal 3 anak kucing. Bisa dibayangkan ledakan populasi kucing liar tentu akan sangat merugikan lingkungan sekitar kita. Bahkan beberapa pemilik kucing sendiri malah membuang kucingnya ketika tahu ia hamil atau membuang anak-anak kucingnya yang malah akan menelantarkan kucing-kucing tersebut. Steril menjadi salah satu jalan keluar terbaik untuk mengatasi masalah ini.

7. Mengurangi atau Menghentikan Kebiasaan Keluyuran

Kucing akan semakin mengurangi atau bahkan berkurang kegiatannya keluyuran. Kucing akan lebih suka berada di rumah atau indoor. Kucing birahi akan selalu keluyuran untuk mencari pasangan kawin.

8. Kebersihan Lebih Terjaga

Semakin jarang kucing keluyuran, kebersihan kucing juga lebih terjaga. Resiko tertular penyakit dari kucing lain juga terminimalisasi.

Muncul pertanyaan: jika di steril apakah kucing masih bisa birahi dan kawin? Jabawannya adalah BISA namun tidak akan ada proses pembuahan. Steril tidak serta merta membuat kucing kehilangan birahinya secara total. Namun birahi ini akan sangat berkurang drastis setelah kucing di steril.

Hambatan Sterilisasi pada Kucing

Beberapa pemilik kucing enggan melakukan steril pada kucing dikarenakan harganya yang memang cukup menguras kantong. Harga steril kucing di masing-masing kota berbeda. Harga steril kucing jantan saat ini berada di kisaran 250-500 ribu. Sedangkan harga steril kucing betina berada di kisaran 600-1 jutaan. Untuk mengakali kendala biaya ini, sobat bisa mengikuti kegiatan bakti sosial steril kucing dimana biasanya bebas biaya atau mencari steril kucing bersubsidi yang biasanya hanya perlu membayar separuh dari harga total proses.

Baca juga: Alternatif dan Variasi Makanan Kucing Selain Ikan

Proses penyembuhan luka setelah proses steril juga bervariasi tergantung dari kondisi fisik kucing tersebut. Rata-rata waktu pemulihan setelah proses steril bagi jantan adalah 3-7 harian dan betina 7 mingguan (betina butuh waktu pulih lebih lama karena proses steril memerlukan tindakan operasi lebih besar). Sedangkan usia kucing bisa di steril adalah ketika mencapai usia 7-8 bulanan.

Saya pribadi sangat menyarankan bagi sobat pemilik kucing untuk melakukan steril kucing. Lebih banyak manfaat positif dari steril kucing kesayangan kita. Semoga ulasan ini memberikan pandangan dan gambaran bagi sobat sekalian yang sedang mempertimbangkan untuk steril kucing. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *