10 Manfaat Pelihara Kucing Berdasar Studi Ilmiah

Memelihara kucing apapun jenisnya ternyata memiliki berbagai manfaat. Tidak hanya sekedar untuk peliharaan saja, berdasarkan penelitian ada beberapa manfaat pelihara kucing yang ternyata menguntungkan bagi manusia.

Berikut ini beberapa manfaat pelihara kucing yang beberapa diantaranya terbukti secara ilmiah memberikan manfaat bagi manusia di sekitarnya.

Beberapa Manfaat Pelihara Kucing

1. Efek Posifif Bagi Kesehatan Mental

Cats Protection mengadakan penelitian kepada 600 orang yang separuh diantaranya mengalami masalah dengan mental. 76% persen diantara mereka mengatakan jika memiliki kucing mampu membantu mereka mengatasi stres dan tekanan mental di hidup mereka.

Manfaat Pelihara Kucing
Manfaat Pelihara Kucing Bagi Mental

Pada kenyataannya memang demikian, banyak pecinta kucing yang menganggap kucing peliharaan mereka seolah seperti anak mereka sendiri dan memberikan dampak positif dalam mengurangi stres yang berdampak pada kesehatan mental mereka.

2. Berpeluang Besar Mendapatkan Pasangan

Seorang peneliti hewan yaitu Dr. June Nicolls meneliti bahwa bagi seorang pria yang memelihara kucing lebih memiliki peluang besar memperoleh pasangan wanita.

Manfaat Pelihara Kucing
Wanita lebih tertarik pada pria yang memelihara kucing (sumber gambar freepik)

Beberapa wanita lebih tertarik kepada pria yang memiliki hewan peliharaan terutama kucing. Survei yang dilakukan oleh Dr. June Nicolls dilakukan kepada sejumlah wanita yang jomblo dan 90% diantara mereka lebih tertarik kepada pria yang memelihara kucing.

Jadi jika sobat masih menjomblo dan ingin segera memiliki pasangan, memelihara kucing mungkin bisa menjadi alternatif terbaik untuk memperbesar peluang mendapatkan pasangan wanita.

3. Dengkuran (purring) Kucing Bermanfaat untuk Tulang

Suara kucing purring (mendengkur) dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Leslie A. Lyons, asisten profesor di School of Veterinary Medicine di University of California memiliki efek positif pada mobilitas sendi setelah cedera.

Suara kucing purring diklaim mampu membantu mempercepat pemulihan cedera pada tulang, tendon dan otot mereka. Getaran purring kucing memiliki frekuensi yang tepat untuk memberikan efek positif pada cedera.

4. Membantu Anak-anak Autisme

Peneliti dari University of Missouri menemukan bahwa interaksi sosial anak-anak dengan autisme meningkat secara dramatis ketika berada di sekitar hewan peliharaan terutama kucing.

Anak-anak dengan autisme yang memelihara kucing, dalam beberapa penelitian diketahui memiliki keterampilan dan interaksi sosial pada diri mereka (anak autisme dikenal sulit dalam interaksi sosial).

5. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa memelihara kucing mampu mengurangi tingkat stres yang tentu saja akan mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

Memelihara kucing memiliki efek positif pada mengurangi resiko terkena masalah kardiovaskular seperti serangan jantung dan penyakit stroke.

6. Membantu Cepat Tidur

Sebuah studi kasus di Inggris memperlihatkan beberapa efek positif mengajak kucing tidur di samping manusia. Kucing mampu membantu beberapa pasien sulit tidur (insomnia) mengatasi gangguan sulit tidur.

7. Persahabatan

Kucing bagi sebagian orang terutama yang suka menyendiri bisa memberikan arti sebuah persahabatan. Kucing adalah hewan yang mandiri (jika dibandingkan dengan anjing dan hewan lainnya). Meskipun mandiri, kucing akan sangat terikat dengan pemilik yang memperlakukan ia dengan baik.

8. Menurunkan Tekanan Darah

Ikatan yang erat antara kucing dengan pemiliknya ternyata dalam beberapa keadaan mampu membantu mengurangi tekanan darah. Ketika sobat sebagai pemilik dan mengajak kucing berbicara, ternyata kegiatan tersebut bisa membantu menurunkan tekanan darah dalam tubuh.

9. Efek Terapeutik

Dalam sebuah studi kasus, memelihara kucing bisa membantu manusia menghilangkan kesedihan mereka dengan cepat. Orang-orang yang sedang merasa sedih dan berbicara dengan kucing mereka, sebagian besar diantara mereka ternyata lebih cepat hilang perasaan sedihnya.

Baca juga: 8 Jenis Kucing Kaki Pendek yang Menggemaskan

Bahkan beberapa orang yang sedang dalam masa sedih menganggap lebih merasa mudah berbicara (curhat) dengan kucing daripada manusia.

10. Kebersihan

Kucing adalah hewan yang suka kebersihan. Mereka rajin membersihkan diri mereka dan tidak suka jika tubuh mereka kotor. Memelihara kucing secara umum tidak akan membuat rumah sobat kotor.

Bonus

Manfaat pelihara kucing yang utama adalah: coba sobat lihat gambar kucing berikut ini. Apa efek yang sedang sobat rasakan ketika melihat gambar kucing berikut ini?

Manfaat Pelihara Kucing
Kucing Lucu

Jika sobat mencari apa saja manfaat pelihara kucing, semoga beberapa manfaat diatas bisa memberikan gambaran dan jawaban apa yang dicari. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.