Berbagai Manfaat Kuning Telur untuk Kucing

Telur adalah makanan yang kaya akan protein. Selain untuk dikonsumsi manusia, telur juga bermanfaat bagi kucing. Ini berbagai manfaat kuning telur untuk kucing.

Namun hanya bagian kuning telur yang sangat direkomendasikan diberikan kepada kucing. Memberikan kuning telur secara rutin kepada kucing terbukti memberikan manfaat yang sangat baik. Sobat ingin tahu apa saja manfaat kuning telur untuk kucing? Yuk simak penjelasan berikut ini.

Manfaat Kuning Telur Untuk Kucing
Manfaat Kuning Telur Untuk Kucing (shutterstock)

Manfaat Kuning Telur Untuk Kucing

1. Menggemukkan Kucing

Memberikan kuning telur secara rutin terbukti mampu menggemukkan kucing dengan cepat. Kuning telur mengandung banyak lemak. Jika sobat ingin kucingnya cepat gemuk, berikan kuning telur rutin 1 kali sehari. Atau setidaknya berikan 3 kali dalam seminggu.

2. Menjaga Kesehatan

Kuning telur juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan kucing. Telur mengandung banyak Kalori yang mampu memberikan energi untuk aktifitas kucing. Protein tinggi pada telur sangat bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh kucing.

Manfaat Kuning Telur Untuk Kucing
Berbagai Manfaat Kuning Telur Untuk Kucing

3. Nafsu Makan

Manfaat kuning telur untuk kucing berikutnya adalah mampu menjaga dan meningkatkan nafsu makan.

4. Merawat Kucing Sakit

Jika kucing sobat sakit dan susah makan, memberikan kuning telur bisa membantu mereka menemukan kembali selera makan yang hilang.

5. Baik Untuk Tulang dan Gigi Kucing

Kuning telur mengandung Vitamin D. Vitamin D seperti yang kita ketahui sangat bermanfaat bagi tulang dan gigi.

6. Menjaga Kesehatan Mata Kucing

Kandungan lutein dan zeaxanthin pada telur bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata kucing.

Baca juga:

7. Menyehatkan Bulu

Kuning telur juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan bulu kucing. Jika kucing sobat memiliki masalah bulu kucing rontok, berikan kuning telur secara rutin. Pemberian secara rutin mampu menguatkan bulu kucing dan melebatkannya.

Untuk diketahui:

  1. Jangan terlalu berlebihan memberikan kuning telur kepada kucing. Idealnya cukup berikan 3 kali dalam seminggu. Dalam telur terdapat senyawa Avidin. Dalam jumlah berlebihan, senyawa ini mampu menggerogoti Vitamin B7 atau Biotin dalam tubuh kucing. Kandungan Biotin ini memiliki manfaat untuk membantu proses dalam tubuh kucing. Jika sobat terlalu berlebihan, kucing akan sangat gemuk dan berpotensi obesitas
  2. Telur yang baik adalah telur ayam kampung (ayam jawa).

Bucing yang berada di balik blog kucingmania.net ini. Mengabdikan sebagian hidupnya melayani 5 ekor kucing peliharaan. Senang mempelajari perilaku kucing dan membagikan pengetahuan tentang kucing dengan para pecinta kucing.

Tinggalkan komentar