Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Kucing Persia

Kucing Persia identik dengan bulu panjangnya. Bulu panjang ini membutuhkan perawatan tepat terutama dalam hal pemberian makanan. Ada beberapa makanan yang tidak boleh dimakan kucing Persia supaya bulu dan juga kondisi tubuhnya terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.

Pemberian makanan yang kurang tepat dan ideal memberikan beberapa dampak negatif bagi kucing Persia. Beberapa masalah kesehatan yang kerap menimpa kucing Persia adalah:

  • Bulu rontok.
  • Gangguan masalah Ginjal.
  • Gangguan saluran kencing (terutama jantan).

Untuk menghindari kucing Persia kesayangan sobat terkena berbagai gangguan kesehatan, tentu saja ada beberapa makanan yang tidak boleh dimakan kucing Persia. Dengan membaca artikel ini diharapkan sobat bisa mendapatkan informasi tersebut.

Jenis Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Kucing Persia

Biji-bijian

Beberapa produk makanan kering menggunakan bahan campuran dari biji-bijian. Bahan biji-bijian seperti kedelai, gandum, jagung dan beras menyebabkan alergi pada beberapa kucing. Akibat alergi ini kucing akan mengalami gatal-gatal pada kulit mereka dan memicu kerontokan bulu.

Beberapa produk makanan kucing yang memiliki harga murah diketahui menggunakan bahan biji-bijian ini dalam campuran makanan. Oleh karena itu sebisa mungkin berilah makanan bebas biji-bijian (grain free) kepada kucing Persia sobat untuk menghindari masalah alergi ini.

Susu Sapi

Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Kucing Persia
Susu sapi tidak baik diminum kucing

Memberikan susu sapi kepada kucing sangat tidak baik. Terutama kepada anak-anak kucing berusia dibawah 3 bulan. Memberikan susu sapi kepada anak-anak kucing akan menyebabkan mereka mengalami diare dan mencret. Pencernaan kucing sensitif terhadap Laktosa yang ada di susu sapi. Oleh karena itu hindari memberikan susu sapi kepada kucing Persia kesayangan sobat.

Baca juga: Susu Untuk Anak Kucing yang Aman dan Bagus

Kucingmania.net

Bawang

Makanan yang tidak boleh dimakan kucing Persia berikutnya adalah yang mengandung bawang. Jangan memberikan makanan yang mengandung bawang merah dan putih kepada kucing Persia sobat. Bawang akan akan menyebabkan kerusakan sel darah merah kucing yang memicu Anemina.

Oleh karena berhati-hatilah jika memberikan makanan-makanan yang mengandung bawang merah dan putih. Siapa tahu sobat ingin memberikan makanan manusia kepada kucing Persia harus mewaspadai hal ini. Pada beberapa kasus, kucing akan mengalami lemas dan nafsu makan hilang ketika sel darah merahnya rusak.

Makanan Mentah

Pada dasarnya kucing berburu makanan alami sebagai santapan mereka. Makanan alami ini mereka santap dalam keadaan mentah. Namun untuk kucing Persia peliharaan, sangat tidak disarankan memberikan makanan dalam keadaan mentah.

Daging dan telur mentah mengandung bakteri Salmonella atau E. Coli yang tentu saja sangat berbahaya jika bersarang di pencernaan kucing. Bakteri ini bisa menyebabkan diare parah. Oleh karena itu sajikan makanan-makanan ini dalam keadaan matang.

Coklat dan Kafein

Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Kucing Persia
Coklat sangat berbahaya bagi kucing

Hindari memberikan makanan dan minuman yang mengandung Kafein dan coklat. Kedua bahan ini berpotensi menyebabkan diare, muntah, kejang, dehidrasi yang berujung kematian pada kucing.

Makanan Anjing

Pernah berpikir untuk mencoba memberikan makanan anjing kepada kucing Persia?

Makanan anjing tidak cocok dimakan oleh kucing. Meski tidak meracuni kucing, makanan khusus anjing nutrisinya sangat berbeda dan tidak akan bisa diserap dengan baik oleh tubuh kucing. Makanan anjing diketahui memiliki sedikit nutrisi. Berbeda dengan kucing yang membutuhkan asupan nutrisi yang cukup pada makanan mereka.

Jadi jangan sampai memberikan makanan anjing kepada kucing Persia kesayangan sobat.

Makanan yang Digoreng

Makanan yang tidak boleh dimakan kucing Persia berikutnya adalah yang disajikan dalam bentuk makanan yang digoreng. Apapun makanan yang disajikan dalam bentuk makanan matang, jangan disuguhkan dari hasil penggorengan menggunakan minyak goreng.

Baca juga: Rekomendasi Makanan Kucing Premium

Makanan gorengan akan menyebabkan bulu kucing Persia rontok dan kulit mereka tidak sehat. Kucing akan sering menggaruk kulit mereka (meski tidak berkutu) dan bulu-bulu meraka akan rontok dan berpotensi mengalami kebotakan jika makin parah. Sajikan makanan dari proses mengukus terlebih dahulu.

Anggur

Buah anggur sangat berbahaya jika dikonsumsi oleh kucing Persia sobat. Anggur dapat menyebabkan gagal ginjal. Kucing Persia dikenal sebagai ras kucing yang membawa kelainan bawaan pada ginjal mereka. Memberikan anggur malah akan memperbesar peluang terkena gangguan ginjal.

Buah lain yang juga sangat tidak direkomendasikan diberikan kepada kucing adalah alpukat.

Baca juga: Cara Membuat Makanan Kucing Sendiri

Beberapa makanan yang tidak boleh dimakan kucing Persia yang sudah disebutkan diatas sebisa mungkin harus sobat hindari. Beberapa makanan bahkan berpotensi mengancam nyawa kucing jika masih memaksa untuk dikonsumsi. Semoga informasi ini bermanfaat dan kucing Persia sobat bisa mendapatkan makanan yang tepat agar hidup mereka sehat dan berkualitas.

Bagikan di:

Tinggalkan komentar