Rekomendasi Makanan Untuk Kucing Hamil

Posted on

Ketika kucing betina sedang hamil, ada beberapa perlakuan khusus yang bisa kita berikan kepadanya. Salah satu adalah dalam hal pemberian makanan. Secara umum sebenarnya tidak ada perbedaan yang besar antara memberikan makanan kucing ketika hamil maupun tidak hamil. Namun sebagai pemiliki kucing yang baik, tidak ada salahnya kita memberikan yang terbaik bagi calon induk agar sang induk dan calon anaknya mendapat asupan makanan serta gizi yang terbaik. Di artikel ini saya akan memberikan beberapa rekomendasi makanan untuk kucing hamil.

Salah satu kandungan dalam makanan bagi kucing hamil yang sangat dibutuhkan adalah Protein dan Kalori. Di pasaran, beberapa pakan kering khusus kucing yang mengandung banyak protein adalah makanan yang diperuntukkan untuk anak kucing. Kuncinya sobat adalah mencari makanan yang mengandung banyak Protein dan Kalori. Namun Protein dan Kalori yang banyak tidak hanya bisa didapatkan dari makanan kering kucing. Berikut ini adalah kandungan yang menjadi prioritas bagi kucing hamil:

  • Kalori untuk energi dan juga produksi susu bagi induk kucing.
  • Protein untuk pertumbuhan janin kucing.
  • Lemak untuk memberikan asupan Kalori bagi induk yang hamil.
  • Kalsium dan Fosfor untuk pertumbuhan sempurna janis kucing.

Rekomendasi Makanan Untuk Kucing Hamil

A. Makanan alami (raw food)

  1. Ikan – Jenis ikan yang sangat baik diberikan kepada kucing hamil adalah Tuna, Salmon, Tongkol dan ikan sejenisnya. Penyajian terbaik adalah dengan memberikan ikan dalam keadaan matang dan harus dikukus (jangan di goreng).
  2. Ayam – Bagian terbaik dari ayam yang mengandung banyak protein adalah dada ayam. Bagian lain yang juga sangat baik untuk diberikan kepada kucing hamil adalah hati ayam.
  3. Telur – Telur terkenal mengandung banyak protein. Rajin memberikan telur kepada kucing hamil sangat baik. Sobat bisa memberikan secara mentah atau sajikan setengah matang. Telur yang baik adalah telur ayam kampung namun juga tidak masalah memberikan telur ayam biasa.
  4. Daging sapi atau domba mengandung Protein dan Kalori yang sangat baik untuk kucing hamil.

    Rekomendasi Makanan Untuk Kucing Hamil
    Ikan tuna sangat direkomendasikan untuk kucing hamil

B. Makanan komersial

Mencari makanan khusus kucing yang dijual di pasaran tidak sulit. Bagi kucing hamil, carilah makanan yang mengandung lebih banyak Protein. Makanan kucing yang mengandung banyak Kalori dan Protein kebanyakan adalah makanan anak kucing. Beberapa merk makanan untuk kucing hamil yang baik adalah:

  1. Maxi
  2. Proplan (Proplan Kitten)
  3. Meo Kitten
  4. Royan Canin Kitten
  5. Royal Canin Mother & Babycat
  6. Royal Canin Pro Queen
  7. Felibite Mother & Kitten
  8. Im Organic Kitten Baby & Mom (IMO KBM)
  9. Equilibrio

*Jika beberapa merk makanan diatas sulit ditemukan di tempat sobat, tidak usah terpaku pada merk tersebut. Sobat bisa mencari merk lain namun yang terpenting usahakan kandungan protein dalam makanannya diatas 30%.

Baca juga: Tips dan Cara Merawat Kucing Hamil

Sobat bisa memberikan makanan-makanan yang sudah saya sebutkan diatas. Semoga saja rekomendasi makanan untuk kucing hamil yang sudah disebutkan diatas bisa memberikan jawaban bagi sobat yang saat ini sedang mencari makanan yang tepat bagi si calon ibu kucing. Semoga bermanfaat (KucingMania.net).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *