Makanan Penggemuk Kucing
Makanan Penggemuk Kucing

Makanan Penggemuk Kucing – Gemukkan Si Kurus

Posted on

KucingMania.net – Sobat memiliki kucing yang kurus? Jika kucing peliharaan terlihat kurus, secara tidak langsung seolah pemiliknya terlihat tidak peduli kepada kucingnya. Seolah-olah sobat sebagai pemilik kucing tidak pernah memberikannya makanan. Kucing bisa menjadi pemakan yang pemilih. Kucing bisa menjadi rewel dan pemilih makanan. Jika kucing sobat kurus, beberapa perubahan pola makan yang sederhana dan memberikan makanan penggemuk kucing bisa mengubah dirinya dari kucing yang “tipis” menjadi “berisi kembali”.

Mari kita mencari tahu terlebih dahulu kenapa kucing menjadi kurus. Selain karena penurunan seleran makan, beberapa kucing menjadi kurus karena adanya masalah kesehatan. Kucing yang lebih tua mungkin memiliki masalah kesehatan, seperti hipertiroidisme atau diabetes yang menyebabkan penurunan berat badan. Kedua masalah kesehatan ini bisa ditangani dengan baik melalui bantuan dokter hewan. Jika kucing sobat suka keluyuran keluar, bisa saja dia terkena parasit atau cacing yang merongrong makanannya dari dalam. Tindakan pengobatan cacingan bisa untuk mengatasi masalah cacingan pada kucing (Baca jugaCara Mengobati Kucing Cacingan)

Bagaimana jika ia tidak memiliki masalah kesehatan namun tidak doyan makan? Sudah saatnya melakukan variasi pemberian makanan dan merubah pola makannya.

Makanan Penggemuk Kucing 

Untuk menggemukkan kucing, pilih makanan yang mengandung banyak protein dan lemak.  Sobat bisa dengan mudah mencari makanan kalengan atau makanan kucing komersil baik secara online atau membelinya langsung di toko perlengkapan hewan. Makanan kalengan memiliki aroma atau bau yang menggoda dan akan menarik minat kucing untuk makan.

Carilah makanan kalengan dengan protein dengan lemak tinggi seperti sarden. Cobalah untuk menghindari makanan kaleng yang mengandung biji-bijian seperti jagung, gandum dan kedelai. Makanan ini sebenarnya bisa membuat kucing cepat merasa kenyang, tetapi makanan ini tidak akan membantunya menambah berat badan.

Berikut ini beberapa makanan penggemuk kucing yang bisa diberikan kepada kucing kurus:

1. Pet Stimulant – Ini adalah stimulan untuk menambah nafsu makan kucing. Pemberian stimulan ini bisa diberikan untuk merangsang kembali nafsu makan kucing yang hilang. Biasanya pemberian stimulan ini diberikan ketika kucing baru saja mengalami sakit yang berakibat hilangnya nafsu makan mereka.

2. Fancy Feast Kitten – Makanan ini adalah makanan basah yang memiliki kandungan Protein dan Nutrisi dan menambah nafsu makan serta memperbaiki pertumbuhan pada kucing. Penggunaannya dicampur dengan makanan kering kucing dengan perbandingan sama rata (1:1), jika nafsu makan kucing sudah mulai membaik, kurangi makanan basahnya dengan perbandingan 1:2.

3. SuperCat – Ini adalah makanan penggemuk kucing yang akan membantu kucing kurus menjadi gemuk dengan cara yang aman. Supercat meningkatkan nafsu makan kucing kesayangan sehingga perubahan berat tubuhnya langsung bisa terlihat dalam waktu 1 – 2 minggu dengan penggunaan yang tepat dan benar. Supercat mengandung Vitamin A, D dan E dosis tinggi serta aneka vitamin dan mineral lainnya yang dibutuhkan oleh kucing sehingga membuatnya lebih lincah dan gesit serta nafsu makannya meningkat.

4. Royal Canin Fit 32 – Royal Canin Fit adalah makanan penggemuk kucing yang aktif di luar ruangan. Kucing yang aktif di luar ruangan memiliki akses terbuka untuk bertemu dengan hewan lain, seperti parasit yang mengganggu sistem kekebalan tubuhnya. Untuk itu, Royal Canin Fit diformulasikan khusus untuk menjaga kesehatan kucing lebih dari 1 tahun yang aktif di luar ruangan. Kucing yang aktif memerlukan pasokan kalori yang lebih tinggi, sesuai dengan aktifitas mereka. Royal Canin Fit mempunyai mannan-oligosakarida dan antioksidan kompleks (vitamin E dan C, taurin, dan lutein) yang membantu membangun pertahanan kekebalan dari kucing dari bahaya radikal bebas.

Makanan Penggemuk Kucing Olahan Sendiri

Makanan penggemuk kucing juga bisa berasal dari makanan rumahan yang bisa kita olah sendiri. Makanan rumahan yang biasa dikonsumsi manusia yang bisa dimakan kucing untuk menambah berat badan seperti telur orak-arik tanpa mentega atau tambahan bumbu adalah sumber protein dan lemak yang bagus, dan kebanyakan kucing sangat doyan dengan telur. Memberikan yogurt murni juga sangat bagus untuk kucing, yogurt menyediakan probiotik yang baik untuk membantu pencernaan kucing. Makanan kalengan sarden atau mackerel juga memiliki kadar protein dan lemak sehat yang baik, dan kucing pasti akan sangat menyukai makanan ini.

Baca juga: Kenapa Kucing Tidak Mau Makan Setelah Melahirkan?

Hal penting lainnya adalah kucing harus minum banyak air. Jika ia sangat malas minum, mungkin kita bisa membantunya dengan memberikan makanan basah kepada kucing (karena mengandung air).

Beberapa makanan penggemuk kucing diatas sudah terbukti memiliki manfaat untuk kucing. Namun ingat, jangan terlalu berlebihan dalam memberikan makanan kepada kucing. Berikan makanan dengan jadwal yang sudah diatur dengan baik. Jangan sampai kucing nantinya mengalami kegemukan yang berlebihan (obesitas).

Gravatar Image
Tertarik menggeluti dunia kucing. Sementara ini masih memiliki dua peliharaan kucing berjenis Dome (kucing kampung) dan Mix. Menumpahkan rasa ketertarikan dengan kucing pada blog ini. Semoga tulisan ini memberi manfaat bagi para penggemar kucing lainnya.

Silahkan Berkomentar