Makanan Kucing yang Sedang Sakit

Artikel ini akan mengulas tentang makanan kucing yang sedang sakit. Ketika mengalami sakit, sebagian besar kucing akan selalu lemas, tidur terus, nafsu makan berkurang / hilang dan malas melakukan aktifitas apapun. Ketika kucing kehilangan selera makannya atau bahkan tidak mau makan sama sekali tentu hal ini akan membuat mereka makin sakit.

Ada beberapa santapan yang bisa diberikan kepada kucing yang sedang sakit yang diharapkan mampu memberikan mereka energi dan membantu mengembalikan kesehatan mereka. Berikut ini akan kami ulas rekomendasi makanan kucing yang sedang sakit.

Memberi makan kepada kucing sakit yang tidak mau makan tentu saja sulit. Bahkan untuk sekedar mengendus makanan mereka tidak berminat. Beberapa cara agar mereka mau makan adalah dengan metode paksaan atau memberikan makanan yang memiliki aroma sangat kuat.

Makanan kucing yang sedang sakit yang akan diulas disini adalah berdasarkan pengalaman pribadi, rekomendasi dokter hewan dan informasi dari sesama pecinta kucing.

Makanan Kucing Yang Sedang Sakit

1. Bubur Bayi

Produk bubur bayi sangat bagus diberikan kepada kucing yang sedang sakit. Untuk memberikan bubur bayi kepada kucing sakit memang sulit, jika ia menolak makan, gunakan sedikit paksaan.

Makanan Kucing Yang Sedang Sakit
Ilustrasi kucing sedang sakit (japaclip.com)

2. Royal Canin Recovery

Makanan ini adalah makanan khusus bagi kucing (dan anjing) yang sedang mengalami sakit atau pemulihan dari sakit. Aromanya sangat kuat yang biasanya sangat menggoda bahkan bagi kucing yang sulit makan. Makanan ini mempunyai densitas energi tinggi dan konsentarasi nutrisi esensial tinggi yang sangat mudah dicerna oleh tubuh kucing.

3. Bubur Beras + Ayam

Buat bubur yang berasal dari beras yang dicampur dengan ayam suwir atau digiling. Beri tambahan minyak ikan dan kuning telur. Campuran nutrisi dan kalori dari olahan ini berguna untuk menambah energi kucing.

4. Ayam Giling + Kaldu

Memberikan daging ayam giling bagian dada ayam yang kemudian dicampur dengan kaldu ayam mampu memberikan tambahan energi bagi kucing yang sedang sakit.

5. Ikan Kukus + Vitamin + Kuning Telur

Berikan ikan kukus yang dicampur dengan Vitamin B Kompleks + minyak ikan. Caranya kukus ikan hingga matang, kemudian blender bersamaan dengan minyak ikan + Vitamin B Kompleks + kuning telur.

Sobat bisa menggunakan Vitamin B Complex tablet IPI. Ikan yang baik untuk dikukus seperti tongkol, salmon, tuna, lele, patin dan ikan gabus.

Baca juga: Jenis Ikan Yang Baik Untuk Kucing Peliharaan

Selain makanan, ketika kucing sakit sobat juga bisa memberikan asupan nutrisi dan gizi alami seperti:

  • Perasan kunyit + madu. Berikan 2 kali dalam sehari untuk membantu mengembalikan daya tahan tubuh dan menambah energi.
  • Susu kambing murni yang sangat bagus untuk membantu proses pemulihan dari sakit.

Jika lebih dari 3 hari kucing tidak mengalami perbaikan kondisi, segera bawa kucing menemui dokter hewan untuk mendapatkan perawatan obat-obatan yang tepat.

Baca juga: Menangani Kucing Lemas Tidak Mau Makan

Makanan-makanan yang disebutkan diatas selama ini sudah saya coba dan selalu saya berikan kepada kucing yang sedang sakit. Selama kucing sakit belum terlalu lama dan parah, tidak sampai 3 hari biasanya kondisi kucing sudah pulih kembali. Semoga bermanfaat (Kucingmania.net).

Bagikan di:

Tinggalkan komentar