Makanan Kucing Selain Ikan
Makanan Kucing Selain Ikan Kesukaan Kucing

Alternatif dan Variasi Makanan Kucing Selain Ikan

Posted on

KucingMania.net – Jika kita memikirkan makanan untuk kucing, sudah umum dan akan terlintas di pikiran semua manusia kalau kucing adalah pemakan ikan. Dan itu sangat wajar karena kucing memang sangat suka sekali makan ikan baik ikan laut maupun ikan air tawar. Ikan pun juga memiliki gizi dan nutrisi yang memang cocok serta sesuai untuk kucing. Namun saat ini terlintas di pikiran apa sih makanan kucing selain ikan yang disukai oleh kucing?

Ikan memang mengandung gizi dan nutrisi yang sangat baik bagi siapapun tidak terkecuali kucing. Salah satunya adalah Omega-3 yang memiliki beberapa manfaat penting bagi tubuh. Sebagai variasi dan alternatif untuk memberikan makanan kucing selain ikan, ada beberapa makanan lain yang bisa sobat berikan kepada si kucing kesayangan. Berikut ini beberapa diantaranya.

Makanan Kucing Selain Ikan

#1. Daging Ayam

Daging ayam bisa menjadi alternatif makan pokok untuk kucing. Bagian terbaik yang bisa dikonsumsi adalah dada ayam. Untuk menyajikan daging ayam bagi kucing, lebih baik berikan dalam keadaan matang. Jika ingin memberikan dalam keadaan mentah, ada baiknya daging ayam dimasukkan ke dalam freezer selama 3 hari untuk membunuh kuman atau bakteri yang mungkin bersarang.

Beberapa cara menyajikan daging untuk kucing:

  • Berikan dalam bentuk suwir / ayam suwir
  • Diberikan dalam keadaan lembut setelah digiling / ayam giling
  • Diberikan utuh

Pastikan memberikan daging ayam setelah dikukus (bukan direbus dengan air) dan jangan di goreng. Untuk menghemat, yang terbaik adalah memberikan daging ayam giling. Sobat bisa mencampurkan beberapa bagian tubuh ayam seperti kepala dan kaki ayam untuk di giling. Karena jika murni daging saja yang digiling tentu akan membutuhkan dana berlebih.

Makanan Kucing Selain Ikan
Makanan kucing selain ikan yang bergizi

#2. Daging Sapi

Makanan kucing selain ikan yang bisa dijadikan alternatif dan variasi adalah daging sapi. Cara menyuguhkan daging sapi yang baik bagi kucing adalah dengan mencincangnya menjadi bagian kecil-kecil atau bisa dalam bentuk setelah di giling. Dan pastikan berikan pada kucing setelah dikukus hingga benar-benar matang.

#3. Tempe

Apakah tempe memang bisa diberikan kepada kucing untuk dimakan? Tentu saja sangat bisa. Bahkan beberapa kucing yang sudah dibiasakan dari kecil untuk makan tempe bisa dengan lahap memakan tempe tanpa dicampur dengan ikan atau makanan lain. Tempe bagus untuk mencegah dan mengurangi resiko kucing mencret. Ingat bukan tempe goreng ya tapi tempe kukus. Berikan dalam bentuk potongan kecil-kecil. Jika kucing sobat ogah-ogahan makan tempe, akali saja dengan mencampur tempe dalam makanan lain seperti ikan, ayam atau daging sapi.

#4. Sayur-sayuran

Sama seperti manfaat sayur bagi manusia, sayur juga bisa memberikan manfaat yang sangat baik bagi kucing. Kandungan vitamin A, C, K, Kalsium, dan zat besi sangat baik bagi tubuh kucing. Untuk memberikan sayur, sobat bisa memberikannya sebagai campuran di makanan basah atau raw food mereka.

#5. Telur

Telur juga bisa menjadi alternatif makanan kucing selain ikan. Telur mengandung vitamin B dan sebagai sumber protein. Sobat bisa memberikan telur dalam keadaan setengah matang atau juga bisa dengan merebusnya.

Baca juga: Cara Memberikan Kuning Telur Pada Kucing

#6. Oatmeal / Sereal

Sobat juga bisa memberikan sereal sebagai alternatif makanan bagi kucing. Sereal mengandung vitamin B dan bisa menjadi sumber energi bagi kucing. Beberapa makanan kucing pabrikan mengandung sereal. Namun yang menjadi kendala adalah tidak semua kucing doyan makan sereal.

Baca juga: Cara Membuat Makanan Kucing Sendiri

Nah itulah beberapa diantaranya makanan kucing selain ikan yang bisa sobat berikan sebagai alternatif dan variasi. Memberikan variasi pada makanan kucing sangat baik lho agar mereka tidak bosan dengan makanan sehari-hari mereka. Karena jika kucing terbiasa hanya makan makanan yang monoton berpotensi akan membuat mereka rewel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *