Makanan Kucing Persia Yang Bagus Untuk Bulu
Makanan Kucing Persia Yang Bagus Untuk Bulu

Makanan Kucing Persia Yang Bagus Untuk Bulu

Posted on

KucingMania.net – Kucing Persia adalah salah satu ras kucing yang paling populer di Indonesia. Salah satu daya tarik yang ada di kucing Persia adalah hidung pesek dan bulunya yang panjang. Dengan bulu panjangnya, kucing Persia perlu mendapatkan perawatan khusus supaya bulunya tetap sehat, bagus dan menarik. Dan salah satu cara menjaga bulu-bulunya tetap indah adalah pemilihan makanan yang cocok. Oleh karena itu mungkin sobat saat ini sedang bertanya-tanya makanan kucing Persia yang bagus untuk bulu itu apa sih ya? Yuk, akan saya berikan beberapa rekomendasinya di artikel ini.

Makanan Kucing Persia Yang Bagus Untuk Bulu

  1. Royal Canin Hair and Skin – Sebagai merk terkenal, Royal Canin mengeluarkan produk makanan khusus untuk memberi asupan Nutrisi yang tepat bagi perawatan bulu kucing. Makanan ini juga diperuntukkan bagi kucing yang mengalami masalah kerontokan bulu parah. Efeknya kepada bulu kucing biasanya akan terlihat setelah 21 hari pemberian secara rutin.

    Makanan Kucing Persia Yang Bagus Untuk Bulu
    Royal Canin Hair and Skin
  2. Pro Plan Derma Plus – Makanan ini dibuat khusus untuk menjadikan kulit dan rambut kucing menjadi lebih sehat serta berkilau. Kandungan nutrisinya dibuat khusus untuk mengurangi kerontokan bulu dan mengontrol hairball.

    Makanan Kucing Persia Yang Bagus Untuk Bulu
    Pro Plan Derma Plus
  3. Royal Canin Persian dan Kitten Persian – Makanan ini diformulasikan khusus untuk kucing Persia berbulu panjang. Kandungan Nutrisi seperti asam lemak Omega 3 (EPA & DHA) dan asam lemak Omega 6 sangat baik untuk menjaga dan merawat bulu panjang kucing Persia.

    Makanan Kucing Persia Yang Bagus Untuk Bulu
    Royal Canin Kitten Persian
  4. Ikan /Daging Kukus – Selain makanan kering, pemberian makanan seperti ikan kukus juga sangat bagus untuk melebatkan dan menjaga kesehatan bulu dan kulit kucing. Jenis ikan yang sangat bagus diberikan dalam keadaan terkukus adalah Tongkol, Salmon, Tuna, Lele, Patin dan semacamnya. Daging ayam dan sapi kukus juga sangat bagus untuk bulu kucing Persia.

Baca juga: Membedakan Kucing Persia dan Anggora

Selain makanan, asupan gizi dan nutrisi lain yang bisa diberikan agar bulu kucing Persia tetap bagus adalah:

  • Minyak ikan
  • Natur-E 100iu (Dosis setengah tablet setiap dua minggu sekali)
  • Megaderm
  • Nutriplus Gel
  • Dermatrix

Bagaimana jika sudah memberi makanan kucing Persia yang bagus untuk bulu dan sudah diberi vitamin serta nutrisi tambahan namun ternyata bulu kucing tidak bagus? Hal ini menandakan ada masalah yang menjangkiti kucing kesayangan sobat. Berikut ini beberapa masalah yang membuat bulu kucing Persia kurang menarik:

  1. Ear Mites / Kutu Telinga – Ear Mites adalah kutu kucing yang berada di dalam telinga. Gigitan kutu telinga ini bisa menyebabkan gatal yang luar biasa serta akan menimbulkan iritasi yang bisa memicu infeksi Bakteri yang menyebar ke seluruh kulit.
  2. Alergi – Sama seperti manusia, kucing juga memiliki alergi terhadap material atau makanan tertentu. Beberapa kucing mengalami alergi terhadap benda seperti karet, plastik dan makanan lainnya yang bisa menyebabkan gatal-gatal.
  3. Kutu – Kutu yang berada di bulu dan kulit kucing seperti kutu pinjal dan kutu bulu akan membuat meraka gatal-gatal serta merontokkan bulu kucing.
  4. Stres – Stres akan membuat bulu kucing rontok dan kusut.
  5. Infeksi Jamur – Jamur pada kucing akan sangat membuat bulu kucing rontok bahkan bisa membuat gundul.
  6. Infeksi Bakteri – Bakteri yang membuat bulu kucing rontok dan kusut adalah Pioderma. Bakteri ini akan membuat kulit menjadi terinfeksi yang tentu saja akan memicu bulu kucing rontok.

Sebagai pemilik kucing Persia, tentu sobat ingin kucing kesayangannya terlihat memiliki bulu yang panjang, sehat, indah dan berkilau. Pemilihan makanan kucing Persia yang bagus untuk bulu yang tepat serta di dukung dengan pemberian vitamin serta nutrisi lain akan membuat kucing Persia tampil memukau. Semoga bermanfat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *