Makanan Kucing Kampung Hemat dan Sehat

Posted on

Memelihara kucing kampung bagi sebagian orang lebih disukai daripada memelihara kucing ras. Kucing kampung dikenal memiliki daya tahan tubuh yang lebih “bandel” jika dibandingkan kucing ras seperti contohnya Kucing Persia. Hal lain yang menjadikan memelihara kucing kampung lebih mengasyikkan adalah pemberian makanan. Sebagian besar kucing kampung tidak rewel dalam pilihan makanan. Meski memberi makan kucing kampung mudah, mungkin sobat saat ini masih bertanya-tanya makanan kucing kampung yang pas itu apa sih?

Secara umum, makanan kucing kampung tidak berbeda dengan makanan kucing jenis lain. Memberikan makanan kepada kucing jenis apapun yang penting adalah sejauh mana kemampuan finansial atau budget sobat. Kali ini saya akan membagikan beberapa rekomendasi makanan yang bisa diberikan kepada kucing kampung yang hemat dan menyehatkan.

Rekomendasi Makanan Kucing Kampung Hemat dan Sehat

1. Ikan Kukus

Ikan adalah makanan favorit segala jenis kucing. Beberapa jenis ikan yang direkomendasikan untuk diberikan kepada kucing kampung adalah Tongkol, Tuna, Patin dan Lele karena harganya yang lebih terjangkau dan sangat ideal bagi kucing. Sajikan setelah dikukus hingga matang. Jika sobat ingin lebih menghemat dan bergizi, ikan kukus bisa dicampur dengan tempe kukus. Rutin memberikan makanan ikan kepada kucing akan membuat kucing sehat dan cepat gemuk.

Baca juga: Cara Menggemukkan Kucing Kampung

2. Kepala Ayam Kukus

Makanan berikutnya yang hemat serta menyehatkan bagi kucing adalah kepala ayam yang sudah dikukus. Sebelum disajikan, kepala ayam silahkan di presto terlebih dahulu. Setelah di presto, lanjutkan dengan mem-blender kepala ayam tersebut. Ketika di blender, sobat bisa mencampurkan beberapa tambahan seperti tempe, Vitamin B Complex (yang murah dan terjangkau bisa menggunakan VITAMIN B COMPLEX TAB IPI) dan minyak ikan . Sobat bisa membuat makanan ini dalam jumlah banyak dan kemudian simpan di dalam freezer.

3. Ayam Giling

Daging ayam giling juga sangat bagus untuk kucing. Supaya lebih hemat, sobat hanya membutuhkan beberapa bagian tubuh pada ayam yang murah untuk dibeli seperti kepala ayam, kaki/ceker dan hati/rempelo/ampela. Untuk menggiling bahan-bahan ini tentu saja membutuhkan mesin penggiling khusus.

Makanan Kucing Kampung
Daging ayam giling kemasan khusus untuk kucing

Kalau saya pribadi selama ini jika menggilingkan ayam dengan membawanya ke jasa penggilingan daging. Dengan ongkos sekali giling 5000 untuk 2-3 KG, hasil yang didapatkan juga masih sangat hemat bagi saya pribadi. Jika terkendala waktu, sobat bisa membeli olahan daging ayam giling khusus makanan kucing yang biasanya dijual dengan harga terjangkau perkilonya.

4. Makanan Kemasan

Selain memberikan beberapa makanan yang sudah disebutkan diatas, untuk variasi lain sobat bisa memberikan makanan khusus kucing yang dibuat oleh pabrikan. Makanan kering (dry food) harga hemat yang direkomendasikan untuk kucing kampung adalah: Maxi, Bolt, Minino, Cuties dan Whiskas. Untuk makanan basah kucing (wef food), sobat bisa menggunakan Whiskas atau Friskies.

Makanan Kucing Kampung
Makanan Kucing Friskies

Untuk pemberian makanan basah, tidak dianjurkan setiap hari. Ada baiknya pemberian makanan basah kemasan diberikan hanya sebagai selingan. Terlalu sering memberikan makanan basah kemasan akan membuat gigi kucing cepat kotor dan menimbulkan karang gigi. Untuk variasi, sesekali sobat bisa mencampur atau memadukan makanan kering yang dicampur dengan makanan basah.

Baca juga: Pilihan Makanan Kucing Murah Harga Hemat

5. Camilan

Selain makanan utama, sesekali memberikan makanan lain sebagai camilan juga bagus untuk variasi. Makanan seperti Labu yang dikukus bagus dan aman bagi kucing. Labu kukus juga sangat mengenyangkan bagi kucing dan beberapa kucing juga doyan. Memberikan pisang juga bagus dan aman bagi kucing serta sangat mengenyangkan. Namun tidak semua kucing menyukai pisang.

Nah itulah beberapa rekomendasi makanan kucing kampung yang hemat dan menyehatkan. Dengan pemberian makanan dan nutrisi yang tepat, kucing kampung pun juga bisa tampil mempesona. Hindari menyajikan makanan yang digoreng ya sobat. Makanan yang digoreng tidak baik bagi kucing terutama salah satunya akan membuat bulu kucing rontok. Salam penggemar kucing kampung! (Kucingmania.net).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *