Makanan Kucing Hutan Paling Ideal

Kucing hutan Indonesia adalah salah satu jenis kucing eksotis yang memiliki penampilan sangat menarik. Beberapa jenis kucing hutan memiliki motif menyerupai kucing Bengal. Sesuai namanya, jenis kucing ini hidup di hutan. Indonesia memiliki beberapa jenis kucing hutan seperti Macan Dahan, Kucing Batu, Kucing Emas Asia dan Kucing Congkok. Nah mungkin saat ini sobat sedang bertanya-tanya apa sih makanan kucing hutan itu?

Sebelum kita membahas makanan kucing hutan. Ada baiknya sobat mengetahui jika kucing jenis ini sangat dilindungi di Indonesia. Memelihara dan memperjualbelikan kucing hutan ini sangat dilarang dan memiliki konsekuensi hukum jika nekat melanggar. Namun meski begitu sangat banyak pecinta kucing yang tetap nekat memelihara kucing jenis ini karena penampilannya yang sangat-sangat eksotis.

Secara alami kucing hutan berburu santapan mereka sendiri. Mereka sangat mandiri dan mahir dalam mencari makanan. Di alam liar banyak tersedia santapan alami yang menjadi kegemaran kucing hutan. Namun jika sobat saat ini mungkin sedang memelihara kucing hutan dan bingung mau memberi santapan ideal apa bisa dilihat di daftar berikut ini.

Makanan Kucing Hutan

  1. Daging
    Jenis daging yang cocok dijadikan santapan kucing hutan adalah: daging ayam, daging bebek, daging sapi, daging domba dan daging kambing.
  2. Ikan
    Untuk makanan yang berasal dari ikan-ikanan, sobat bisa memberikan: nila, mujair, gurame, bawal, belut, gabus, sidat, lele, patin, tongkol, tuna dan salmon.
  3. Makanan Alami di Hutan
    Untuk makanan alami kucing hutan yang biasa mereka buru adalah: kadal, katak, krustasea (udang), tikus, ular dan ayam hutan.

Secara alami makanan ini mereka makan dalam keadaan mentah. Jika sobat memelihara kucing jenis ini dan masih sangat liar silahkan memberikan makanan-makanan diatas dalam keadaan mentah saja. Kucing jenis ini secara pelan-pelan juga bisa dilatih untuk makan makanan kemasan seperti dry food atau wet food. Namun tetap bagaimanapun juga makanan kucing hutan yang terbaik bagi mereka adalah seperti yang sudah disebutkan diatas.

Baca juga: Rekomendasi Makanan Kucing Paling Bagus

Namun sekali lagi karena memelihara dan memperjualbelikan kucing hutan sangat dilarang, sebaiknya sobat mengurus perijinan terlebih dahulu. Dalam beberapa kesempatan, memelihara kucing hutan diperbolehkan dengan mengurus ijin terlebih dahulu kepada pihak terkait (Kucingmania.net).

Bagikan di:

Tinggalkan komentar