Makanan Agar Bulu Kucing Tidak Rontok

Posted on

KucingMania.net – Bulu kucing rontok adalah hal yang wajar. Namun jika bulu kucing rontok parah menandakan adanya suatu masalah pada tubuh kucing. Faktor utama yang biasanya membuat bulu rontok adalah makanan. Ada beberapa produk makanan yang tidak cocok untuk beberapa kucing tertentu yang memicu kerontokan bulu ringan hingga parah. Solusinya tentu dengan mengganti makanan agar bulu kucing tidak rontok.

Bulu rontok akan menjadi ancaman berbahaya bagi lingkungan sekitar kita tinggal. Bulu akan berterbangan dimana-mana, menempel di sofa, baju kita dan yang bahaya adalah bulu kucing bisa berbahaya bila masuk ke saluran pernafasan manusia. Sebelum kita membahas beberapa makanan agar bulu kucing tidak rontok, sobat perlu mengetahui beberapa penyebab bulu kucing mudah rontok.

Penyebab bulu kucing rontok:

  1. Makanan tidak cocok
  2. Birahi pada kucing dewasa
  3. Penyakit kulit
  4. Terlalu sering diberi makanan yang digoreng
  5. Serangan parasit (contohnya kutu)
  6. Terlalu sering dimandikan dengan air panas
  7. Sering memandikan kucing dengan sampo manusia (kecuali sampo bayi aman untuk kucing)

Makanan Agar Bulu Kucing Tidak Rontok

1. Royal Canin Hair and Skin Care
Ketika bulu kucing sudah mengalami kerontokan parah, sobat bisa beralih menggunakan makanan kucing Royal Canin Hair and Skin Care. Produk ini memang dikhususkan untuk memberikan asupan nutrisi maksimal yang berguna untuk menjaga dan merawat kulit serta bulu kucing. Penggunaan rutin kurang lebih selama 20-30 hari sudah bisa nampak perubahannya.

Baca juga: Penyebab Bulu Kucing Rontok Berlebihan

2. Pro Plan Adult Derma Plus with OPTIDERMA
Makanan khusus kucing yang diproduksi oleh Pro Plan ini juga menjadi salah satu produk yang bisa mengatasi masalah bulu rontok pada kucing. Pro Plan Adult Derma Plus dengan OPTIDERMA mengandung nutrisi untuk membantu mewujudkan kulit dan lapisan yang sehat, untuk membantu meminimalisasi kerontokan bulu. DERMA PLUS mengontrol pembentukan hairball dan dengan aman memperlancar proses melalui pencernaannya. Formula yang spesifik ini meliputi vitamin tinggi, mineral dan protein, penting untuk bulu dan jaringan epidermal untuk kulit sehat dan bulu berkilau (sumber).

Makanan Agar Bulu Kucing Tidak Rontok
Manfaat Pro Plan Adult Derma Plus with OPTIDERMA (proplan.co.id)

3. Kitchen Flavor Grain Free Beauty Cat Food
Makanan ini memiliki banyak nutrisi yang sangat bagus untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan kulit dan bulu kucing. Jika kucing sobat mengalami kerontokan bulu, bisa mencoba makanan ini sebagai makanan utamanya. Nilai plus makanan ini harganya sangat bersahabat bagi kantong.

4. Me-O Persian
Makanan ini sebenarnya adalah makanan khusus kucing jenis Persia. Namun tidak masalah diberikan kepada kucing selain jenis Persia. Hal ini karena formulasi makanan ini mengandung nutrisi seperti asam lemak Omega-3 dan Omega-6 yang berguna untuk menjaga kulit dan bulu tetap sehat dan berkilau.

5. Royal Canin Persian
Yap, sama seperti dengan merk Me-O Persian, makanan ini juga dibuat untuk jenis kucing Persia namun bisa diberikan kepada kucing selain jenis Persia. Jika kucing sobat mengalami masalah bulu kucing rontok, bisa menggunakan makanan ini untuk merawat kulit serta bulu-bulunya agar tidak mudah rontok.

Baca juga: Makanan Kucing Yang Sedang Sakit

Selain makanan, beberapa hal yang bisa sobat berikan kepada kucing untuk mengatasi masalah bulu rontok adalah:

  • Jangan pernah diberi makanan yang di goreng
  • Beri asupan nutrisi lain seperti minyak ikan atau kuning telur
  • Beri vitamin khusus bulu kucing seperti Megaderm atau Dermatrix
  • Beri variasi makanan dengan sesekali memberi kucing makanan seperti ikan kukus (salmon, lele dan tuna bagus untuk merawat kulit dan bulu)
  • Sering-seringlah menyisir bulu kucing untuk mengangkat bulu mati

Pemberian makanan agar bulu kucing tidak rontok yang sudah diatas normalnya akan terlihat perubahannya minimal dalam 20 harian sejak pemberian makanan awal. Pilih saja seusai kemampuan dana yang sobat miliki (Kucingmania.net).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *