Kutu Telinga Kucing
Kutu Telinga Kucing

Waspada Kutu Telinga Kucing! Bisa Mematikan

Posted on

KucingMania.net – Kutu seperti menjadi masalah klasik yang selalu ada pada kucing. Selain kutu yang berada di badan, ada kutu lain yang bersarang di telinga kucing. Kutu telinga kucing ini berbeda dengan kutu yang berada di badan kucing. Kutu telinga atau ear mites bisa menyebabkan beberapa masalah yang jika dibiarkan bisa berujung kematian pada kucing.

Salah satu ciri paling nampak ketika kucing telinga terdapat kutu adalah kucing akan sering menggaruk telinganya. Bahkan pada kondisi yang parah, kucing bisa menggaruk telinganya hingga berdarah! Berikut ini beberapa kondisi membahayakan yang diakibatkan oleh kutu yang ada di telinga kucing:

  • Pada bagian atas mata dan belakang telinga kucing bisa mengalami kebotakan karena aktifitas menggaruk yang berlebihan.
  • Otitis atau radang telinga. Radang telinga parah jika tidak disembuhkan akan menyebabkan kematian. Ciri ketika kucing terkena Otitis adalah telinga akan mengeluarkan cairan yang berbau busuk.

Hal yang bisa menyebabkan kutu pada telinga kucing adalah kondisi telinga yang kotor. Kotoran pada telinga kucing yang berbentuk seperti cairan lilin berwarna hitam (ketika masih basah) atau juga bisa terlihat seperti kumpulan serbuk kopi (ketika sudah kering). Kutu telinga sangat menyukai kotoran ini karena ini adalah makanan favorit mereka.

Kutu Telinga Kucing
Telinga kucing kotor akan memicu kutu telinga bersarang (gambar oleh grup MCL)

Untuk mencegah kucing terkena masalah kutu pada telinga ini kuncinya adalah selalu menjaga kebersihan telinga. Setidaknya minimal tiga hari sekali atau seminggu sekali selalu bersihkan telinga kucing sobat.

Sedangkan untuk mengobati kutu pada telinga kucing, berikut ini beberapa obat yang bisa diberikan untuk memberantas kutu ini. Obat-obatan ini sudah terbukti mampu memberantas masalah kutu telinga kucing atas petunjuk atau resep yang diberikan oleh dokter hewan.

Obat Kutu Telinga untuk Kucing

#1. Vet-Otic Ear Mites Treatment

Ini adalah obat tetes telinga yang memang diformulasikan khusus untuk membasmi kutu di telinga kucing (dan anjing). Obat ini mudah ditemukan di pet shop.

Kutu Telinga Kucing
Vet-Otic Ear Mites Treatment

#2. Ilium Ear Drops

Ilium Ear Drops adalah obat yang diformulasikan khusus untuk membasmi kutu telinga pada kucing. Obat ini sangat ampuh untuk membasi kutu telinga. Namun memang harga obat ini termasuk mahal. Di pasaran saat ini harga Ilium Ear Drops sekitar 100-200 ribuan.

Kutu Telinga Kucing
Ilium Ear Drops untuk membasmi kutu di telinga kucing

#3. Allium Drops

Allium Drops adalah obat yang memang diformulasikan khusus untuk membasmi kutu di telinga kucing (dan anjing). Penggunaan rutin sangat ampuh untuk membasmi serangan kutu pada telinga kucing.

Kutu Telinga Kucing
Allium Drops obat untuk kutu telinga pada kucing

#4. Otolin

Otolin adalah obat tetes telinga untuk manusia namun aman diberikan untuk membasmi kutu di telinga kucing. Harganya berkisar 40-45 ribuan.

Kutu Telinga Kucing
Obat tetes telinga Otolin untuk membasi kutu telinga kucing

#5. Otopain

Otopain sama seperti Otolin adalah obat tetes telinga untuk manusia namun sangat ampuh untuk membasmi kucing yang terkena kutu pada telinga. Harga Otopain saat ini berkisar antara 60-70 ribuan.

Kutu Telinga Kucing
Otopain ampuh untuk membasmi kutu di telinga kucing

TIPS: Sebelum memberikan obat tetes ini pada kucing, bersihkan terlebih dahulu kotoran yang masih ada di dalam telinga kucing. Gunakan cotton bud yang diberi baby oil atau teteskan dahulu obat tetes Healthy Ears (ini obat tetes khusus kucing dan anjing untuk membersihkan kotoran telinga). Setelah dipastikan kotorannya bersih, teteskan obat diatas dengan dosis dua tetes (1 kali dalam sehari cukup).

Baca juga: Panduan Cara Mengatasi Kutu Kucing

Nah itulah beberapa obat kutu telinga kucing yang bisa sobat berikan untuk membasmi kutu-kutu di dalam telinga. Silahkan pilih yang mudah ditemukan dan harga yang sesuai dengan budget yang sobat miliki. Obat yang saya sebutkan diatas sudah teruji ampuh untuk membasmi masalah kutu pada telinga kucing. Semoga bermanfaat dan berhasil.

Gravatar Image
Tertarik menggeluti dunia kucing. Saat ini memelihara beberapa kitten domestik, mix dome dan persia medium. Menumpahkan rasa ketertarikan dengan kucing pada blog ini. Semoga tulisan ini memberi manfaat bagi para penggemar kucing lainnya.

Silahkan Berkomentar