Cara Mengatasi Kutu Kucing
Cara Mengatasi Kutu Kucing

Panduan Cara Mengatasi Kutu Kucing

Posted on

KucingMania.net – Kucing dengan bulu-bulunya adalah tempat tinggal yang nyaman bagi banyak serangga kecil. Salah satu serangga yang paling sering “bersarang” di tubuh kucing adalah kutu. Ketika tubuh kucing bersentuhan dengan air liur kutu, tubuh bereaksi dengan gejala alergi. Kucing cenderung mulai gatal-gatal dan mereka mungkin bisa saja kehilangan rambutnya. Kutu juga cenderung menghisap darah hewan peliharaan sehingga membuat mereka lemah dan lemas. Bagaimana cara mengatasi kutu kucing? Yuk baca ulasan lengkap berikut ini.

Kutu adalah pembawa parasit cacing pita, yang mempengaruhi usus hewan peliharaan yang menyebabkan mereka kehilangan berat badan dan nyeri tubuh. Cacing pita ini juga bisa menular ke manusia dari kucing yang terinfeksi. Larva kutu menetas dari telur mereka dan menyebar ke setiap bagian rumah kita. Larva kutu ini berkembang menjadi kutu dewasa dan akan membawa banyak cacing pita di sekeliling kita.

Pada kucing berwarna putih, kutu biasanya mudah terlihat berkeliaran. Kadang kita melihat titik-titik hitam kecil yang biasa disebut sebagai kotoran kutu. Kotoran kutu ini tentu saja mengindikasikan kucing sobat terkena serangan kutu.

Mengatasi Kutu Kucing

Sobat dapat melakukan hal-hal berikut ini untuk mengatasi kutu pada kucing:

#1. Sampo anti kutu

Untuk mengatasi masalah kutu pada kucing, langkah-langkah harus diambil adalah menjaga kucing dan habitatnya terbebas dari kutu. Penanganan awal jika kucing sobat terdeteksi terkena kutu adalah memandikan mereka dengan sampo anti kutu. Sampo kutu kucing tidak selalu bisa membersihkan kutu secara total. Namun sampo kutu kucing bisa membuat kutu pada kucing berkurang dan mampu membunuh sebagian kutu di bulu kucing.

#2. Krim anti kutu

Untuk menjauhkan kutu dari tubuh kucing, sobat bisa menggunakan krim anti kutu. Krim anti kutu bisa diberikan secara reguler pada kucing sobat sekalian. Karena jika kutu sudah berkembang menjadi besar, mereka akan sulit untuk dikontrol dan dimusnahkan. Mereka berkembang biak dalam jumlah banyak dan dalam waktu singkat.

#3. Sisir kutu

Sobat juga bisa mempersiapkan sisir kutu atau serit khusus untuk kucing. Di toko hewan peliharaan, sisir kutu dengan mudah bisa dibeli dan alat ini adalah lini pertahanan pertama melawan kutu pada kucing. Meskipun tidak dapat menghilangkan semua kutu hanya dengan menyisir bulu kucing, sisir kutu mampu mengurangi populasi kutu. Selain itu kucing juga akan menikmati proses ketika sobat melakukan penyisiran ini. Penyisiran bisa dilakukan setelah memandikan kucing dengan sampo kutu. Lakukan saja secara rutin untuk mengurangi kutu di bulu kucing.

#4. Semprotan pembasmi kutu

Semprotan pembasmi kutu kucing juga bisa dengan mudah dibeli di toko perlengkapan hewan. Namun menggunakan cara ini terkadang sulit untuk dilakukan dikarenakan reaksi yang akan ditunjukkan oleh kucing. Semprotan ini mengandung air dan kucing tidak suka air. Suara semprotan juga terkadang membuat kucing menjadi tidak nyaman. Namun produk semprotan pembasmi kutu ini cukup efektif untuk membunuh kutu.

#5. Obat Kutu

Ada beberapa obat kutu yang bisa digunakan untuk membasmi kutu secara total. Yang paling terkenal sangat manjur adalah merk Revolution. Harganya berkisar antara 100-140 ribu untuk 1 ampul. Sekali pemakaian bisa membunuh kutu dan telur kutu. Dan efeknya juga bisa mencegah kucing terkena kutu kembali hingga satu bulan pemakaian. Obat ini bisa digunakan rutin setiap bulan untuk mencegah kutu menyerang kembali. Untuk merk revolution ada dua jenis yang harus diperhatikan ketika membelinya. Karena ada produk khusus untuk kucing dewasa dan khusus untuk anak kucing dibawah satu tahun (warna kemasan pink).

Untuk obat kutu dengan harga yang lebih terjangkau, sobat bisa menggunakan merk Detick. Obat kutu ini manjur membunuh kutu namun tidak bisa menyeluruh. Terkadang masih ada sisa-sisa kutu atau telurnya yang belum terbunuh. Sobat masih harus melakukan perawatan ekstra seperti melakukan penyisiran menggunakan serit khusus kucing. Harap diketahui, efek negatif penggunaan obat kutu adalah terkadang setelah diberi obat kutu, kucing akan lemas. Bau obat kutu yang sangat kuat memicu reaksi yang membuat kucing mejadi lemas untuk beberapa saat.

Tips dan cara menggunakan obat kutu pada kucing:

  • Mandikan kucing terlebih dahulu sebelum diberi obat kutu.
  • Gunakan setelah bulu mereka kering.
  • Gunakan dengan meneteskan obat kutu sesuai takaran yang ditentukan.
  • Teteskan obat kutu pada tengkuk kucing, buka bulunya dan teteskan pada bagian kulit, jangan di bulu.
  • Penggunaan obat kutu pada kucing hanya untuk 1 bulan sekali, jangan sering-sering menggunakan obat kutu karena sangat membahayakan keselamatan kucing.
  • Untuk hasil total disarankan menggunakan merk Revolution karena sudah banyak terbukti berhasil membersihkan kutu secara efektif (dengan penggunaan yang benar).

Jika kucing sobat sekalian sudah terkena kutu yang parah, sudah saatnya untuk mengunjungi dokter hewan. Dokter hewan akan memberikan pengobatan untuk menghilangkan kutu pada kucing. Dan yang menjadi masalah adalah, pada umumnya kucing adalah hewan yang paling sulit untuk dirawat di antara hewan peliharaan lainnya. Mereka alergi terhadap sebagian besar obat antibiotik. Obat kutu yang salah bahkan bisa membunuh kucing.

Akibat Fatal Kutu Kucing

Kutu pada kucing jika terus dibiarkan akan menyebabkan kondisi yang fatal bagi kucing. Penyakit seperti anemia bisa menyerang kucing. Jika kucing sobat sudah penuh dengan kutu, warna gusi kucing bisa berubah pucat dan itu menjadi sinyal anemia yang disebabkan oleh kehilangan darah (karena darah kucing dihisap oleh kutu). Jenis anemia kucing yang lebih serius disebabkan oleh mikroorganisme yang ditularkan oleh kutu. Bentuk anemia yang parah ini mungkin memerlukan antibiotik dan steroid. Dalam kasus yang paling serius, transfusi darah mungkin direkomendasikan oleh dokter hewan.

Cacing pita adalah konsekuensi umum dari kutu pada kucing. Terutama anak kucing rentan terhadap cacing. Kucing yang terkena cacing pita biasanya akan menunjukkan gejala seperti bulu yang kusam, berat badan turun dan tampak lesu. Untuk mengatasi ini sobat harus berkonsultasi dengan dokter hewan. Dokter akan memberikan pil kecil yang secara efektif akan membunuh cacing pita. Selain itu, kutu akan membuat kucing sobat gatal dan tidak nyaman serta dapat menyebabkan masalah kulit dan infeksi lebih lanjut.

Mengantisipasi Kutu Kucing

Sebelum masalah kutu pada kucing menjadi serius, sobat sebagai pemilik kucing bisa melakukan beberapa antisipasi agar kucing kesayangan tidak terserang kutu. Sobat harus rajin membersihkan tempat dimana kucing sering “nongkrong”. Karpet, bantal, tempat tidur khusus kucing harus sering mendapatkan pembersihan rutin. Sobat harus menyiapkan vacuum cleaner untuk menyedot kotoran-kotoran tersebut. Jangan menyapunya karena dikhawatirkan akan semakin menyebar ke seluruh ruangan rumah sobat.

Ada semprotan serangga yang diformulasikan khusus untuk membunuh kutu pada furnitur dan bubuk yang dapat ditaburkan di karpet. Sobat bisa menggunakan semprotan ini sebelum melakukan penyedotan.

Bagaimana jika kucing sudah pernah terkena kutu parah? Sobat harus lebih aktif membersihkan lingkungan sekitar. Setelah melakukan penyedotan karpet dan sudut-sudut dimana kutu bisa berkembang biak dengan vacuum cleaner, disarankan agar sobat membakar kantong pembuangan kotoran vacuum cleaner tersebut. Karena jika sobat hanya membuangnya di tempat sampah, kutu-kutu kecil masih bisa saja kembali ke area-area yang tadinya sudah dibersihkan.

Baca juga: Kucing Diare: Tips dan Petunjuk Penanganan

Memanggil pembasmi serangan juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Pembasmi serangga akan memberikan penanganan menyeluruh agar rumah bisa benar-benar bersih dari kutu bahkan sampai sudut-sudut yang tidak bisa kita jangkau.

Membasmi dan menyembuhkan kutu kucing adalah sebuah upaya yang harus dilakukan secara serius. Sebagai pemilik, kita tidak boleh mengabaikan kondisi kutu pada kucing. Jangan biarkan kucing kesayangan sobat menderita terus menerus karena ulah kutu kucing.

Gravatar Image
Tertarik menggeluti dunia kucing. Sementara ini masih memiliki dua peliharaan kucing berjenis Dome (kucing kampung) dan Mix. Menumpahkan rasa ketertarikan dengan kucing pada blog ini. Semoga tulisan ini memberi manfaat bagi para penggemar kucing lainnya.

Silahkan Berkomentar