Kucing Ukrainian Levkoy: Si Botak Telinga Lipat

Kucing Ukrainian Levkoy atau kucing Levkoy Ukraina adalah salah satu jenis ras kucing tanpa bulu yang terlihat unik. Namun ada 1 ciri khas utama kucing ini yang membedakan dengan jenis kucing botak lainnya. Kucing ini memiliki telinga yang melipat ke bagian depan. Sobat tahu darimana asal telinga yang melipat ini?

Kucing Ukrainian Levkoy
Kucing Ukrainian Levkoy (cosmolunya)

Telinganya yang melipat didapatkan dari jenis kucing Scottish Fold. Ya, kucing ini adalah jenis yang didapatkan dari persilangan dua kucing berbeda jenis. Tampilan tanpa bulunya didapatkan dari kucing Donskoy. Jadi, kucing Ukrainian Levkoy adalah hasil persilangan Donskoy dan Scottish Fold.

Sekilas Tentang Kucing Ukrainian Levkoy

Berat Tubuh3.6 kg – 5.5 kg
Warna BuluAlami, Hitam, Krem, Abu-abu
Pola BuluSolid, Bicolor, Calico, Poin
Warna MataKuning, Tembaga, Biru, Emas, Odd-eye
Rentang Usia12 – 15 Tahun
PerawatanTinggi
KarakteristikAdaptif, Sosial, Aktif, Enerjik, Penyayang, Setia, Cerdas
PengakuanICFA RUI, ICFA WCA
HargaRp. 14.000.000 – Rp. 21.000.000

Kucing Ukrainian Levkoy “tercipta” karena adanya campur tangan manusia yang melakukan eksperimen. Seperti apa karakter dan profil lengkap kucing Ukrainian Levkoy? Kucingmania akan mengulasnya secara lengkap berikut ini.

Sejarah

Kucing ini berasal dari Ukraina. Termasuk jenis kucing yang masih baru. Kemunculannya diawali pada tahun 2004. Seorang peternak kucing yang berasal dari Ukraina yaitu Elena Vsevolodovna Birjukova memiliki ide untuk menyilangkan jenis Donskoy dan Scottish Fold.

Tujuannya sangat jelas, yaitu menginginkan kucing dengan penampilan tanpa bulu serta memiliki telinga lipat. Tanpa kesulitan, Elena berhasil mewujudkan impiannya. Hadirlah anak-anak kucing tanpa bulu yang memiliki telinga melipat. Dipilihlah nama Ukrainian Levkoy. Levkoy adalah nama bunga dengan daun yang menunduk atau melipat.

Karakteristik

Mungkin sebagian dari Anda “ngeri” melihat penampilan kucing ini. Kucing tanpa bulu memang tidak semua orang menyukainya. Namun bagi yang merasa ngeri melihat kucing ini, Anda harus tahu bahwa kucing Ukrainian Levkoy adalah kucing yang ramah dan penyayang.

Dengan perawatan dan perhatian yang layak, kucing ini akan membalasnya dengan kesetiaan. Ukrainian Levkoy juga termasuk kucing yang cerdas. Bisa dilatih untuk mempelajari perintah dan melakukan trik-trik sederhana.

Kucing Ukrainian Levkoy
Kucing Ukrainian Levkoy (jacekprada)

Kucing ini berorientasi kepada manusia favoritnya. Artinya adalah, Ukrainian Levkoy akan memberikan kasih sayang kepada orang-orang yang merawatnya. Mereka akan sangat menikmati duduk di pangkuan dan ikut tidur bersama pemiliknya. Tingkat aktifitasnya juga tinggi.

Kucing yang adaptif dan sosial. Mereka cepat beradaptasi dengan lingkungan dan kebiasaan baru, cocok dengan anak-anak kecil dan tidak masalah hidup berdampingan dengan hewan peliharaan lain.

Kucing Ukrainian Levkoy sangat menyukai perhatian sehingga tidak cocok dipelihara oleh orang-orang yang sering bepergian atau meninggalkannya sendirian dalam waktu lama.

Catatan: kepribadian masing-masing kucing bisa berbeda. Namun kepribadian ini sudah mendarah daging dan tertanam dalam DNA mereka. Jadi bisa saja sifat kucing satu dengan lainnya akan berbeda.

Fisik

Kucing berukuran sedang namun bertubuh panjang. Kepalanya berbentuk baji, daun telinga besar dengan ujung yang melipat ke arah depan, mata berukuran sedang. Kaki-kakinya memiliki tulang yang kuat dan otot yang tebal. Kucing ini mungkin seperti tidak memiliki bulu sama sekali. Namun sebenarnya kucing ini memiliki bulu-bulu super tipis yang akan terasa lembut ketika dibelai.

Kesehatan

Sejauh ini kucing Ukrainian Levkoy belum dilaporkan memiliki masalah kesehatan yang diturunkan oleh orang tua mereka. Jadi mereka secara umum adalah kucing yang sehat. Masalah kesehatan yang mungkin menyerang sama seperti yang dialami kucing pada umumnya.

Kucing Ukrainian Levkoy
Kucing Ukrainian Levkoy (vikokosun)

Salah satu penyakit yang kerap menyerang kucing dan wajib diwaspadai adalah serangan virus. Beberapa virus kucing sangat berbahaya dan berpotensi mengancam nyawa kucing. Salah satu contohnya adalah distemper kucing. Pemberian vaksin secara rutin adalah tindakan pencegahan yang terbaik.

Perawatan

Kucing ini memerlukan perawatan ekstra. Karena tanpa bulu atau bulunya super pendek, kulitnya akan sering berminyak. Minyak-minyak ini harus sering dibersihkan dengan lap atau tisu yang lembut. Mandikan secara rutin setiap minggu. Jangan sampai minyak menumpuk karena akan meninggalkan bekas minyak di permukaan yang ditempati kucing.

Hal penting berikutnya yang harus diperhatikan adalah kebersihan telinganya. Telinga yang melipat ke bagian depan berpotensi membuat telinga selalu tertutup dan lembab. Bersihkan telinganya secara rutin supaya kotoran tidak menumpuk. Hal ini untuk menghindari beberapa masalah seperti infeksi telinga dan serangan parasit.

Baca juga: 20 Kucing Termahal, Harganya Fantastis!

Gosok giginya secara rutin. Kucing juga memerlukan pembersihan gigi secara rutin agar terhindar dari berbagai masalah mulut, gusi dan gigi. Kucing juga bisa mengalami sariawan dan masalah penyakit periodontal pada kucing.

Kucing ini sangat rentan pada cuaca yang ekstrim. Disarankan untuk memelihara secara penuh di dalam ruangan. Mereka sangat rentan ketika terkena sengatan sinar matahari secara langsung. Hindari membiarkan kucing terlalu lama berada diluar.

Kucing Ukrainian Levkoy
Anak Kucing Ukrainian Levkoy (moon_rabbit_farms)

Ketika cuaca dingin, kucing ini juga akan membutuhkan bantuan untuk menambah kehangatan tubuhnya. Beri baju atau sweater khusus kucing agar tubuh mereka mendapatkan kehangatan.

Rentang Usia

Dengan perawatan yang tepat dan kondisi kesehatan yang selalu terjaga dengan baik, rentang usia kucing Ukrainian Levkoy berkisar antara 12 hingga 15 tahun.

Adopsi

Harga Kucing Ukrainian Levkoy

Berapa harga kucing Ukrainian Levkoy? Untuk mengadopsi kucing ini, Anda harus menyiapkan dana berkisar antara Rp. 14.000.000 hingga Rp. 21.000.000 tergantung usia dan kualitasnya. Namun harga tersebut masih belum termasuk biaya tambahan seperti biaya impor.

Hal penting

Sangat penting untuk mengadopsi kucing yang sehat. Beberapa sertifikat kesehatan atau keterangan bahwa kucing yang diadopsi tidak memiliki masalah kesehatan serius sangat dibutuhkan. Dan pastikan memilih breeder atau cattery yang memiliki sertifikasi resmi.

Baca juga: Kucing Dwelf: Si Mini Perpaduan Dwarf dan Elf

Serta pastikan kucing yang dibeli juga mendapatkan sertifikat atau Ped (Pedigree) yang diterbitkan oleh organisasi kucing agar mendapatkan jaminan kemurnian ras kucing yang sobat adopsi.

Bagikan di:

Tinggalkan komentar