Kucing Toyger: 100% Cakep dan Eksotis

Kucing Toyger memiliki warna dan pola bulu mirip dengan harimau, namun dia adalah kucing rumahan yang jinak dan memiliki sifat sebagai kucing peliharaan keluarga. Toyger adalah kucing hasil kawin silang dengan tujuan agar berpenampilan semirip mungkin dengan harimau namun bersifat jinak.

Kucing Toyger
Kucing Toyger (misty webb)

Dari percampuran jenis kucing apakah Toyger ini? Kucing Toyger adalah hasil perkawinan silang antara kucing Bengal dengan kucing tabby domestik bulu pendek. Itulah mengapa kucing ini memiliki penampilan seperti kucing liar karena didapatkan dari Bengal yang eksotis.

Sekilas Tentang Kucing Toyger

Berat TubuhJantan: 4.5 kg – 6.8 kg
Betina: 3 kg – 5 kg
Warna BuluOranye, Emas, Hitam, Putih
Pola BuluStrip, Tabby
Warna MataHijau Lemon, Coklat Gelap, Hazel, Emas, Tembaga
Rentang Usia12 – 15 Tahun
PerawatanRendah
KarakteristikManja, Aktif, Sosial, Penyayang, Adaptif, Cerdas, Setia
PengakuanTICA
HargaRp. 7.500.000 – Rp. 70.000.000

Nama Toyger sendiri adalah gabungan dari Toy (mainan) dan Ger (dari tiger atau harimau) jika diartikan secara kasar adalah harimau mainan. Namun tentu maksudnya adalah harimau yang bisa dijadikan kawan bermain. Dan Toyger adalah kucing yang langka sehingga jumlahnya tidak banyak.

Mungkin sobat masih penasaran untuk mengetahui lebih jauh tentang kucing Toyger ini? Kucingmania akan mengulas profil dan karakteristiknya secara lengkap berikut ini.

Sejarah

Kemunculan awal kucing Toyger dimulai pada tahun 1980. Orang pertama yang memiliki ide untuk “membuat” kucing dengan penampilan harimau adalah seorang peternak kucing bernama Judy Sugden. Judy Sagen adalah anak dari Jean Mill (orang yang menciptakan ras kucing Bengal).

Awalnya Judy Sugden melihat salah satu kucing domestik miliknya memiliki pola dan beberapa ciri khas bintik-bintik menyerupai pola harimau. Judy Sugden menyadari secara genetik sangat memungkinkan untuk menghasilkan kucing dengan pola tersebut.

Untuk mewujudkan niatnya tersebut, Judy Sugden melakukan seleksi terhadap puluhan kucing yang berasal dari beberapa negara berbeda yang akan dijadikan calon indukan dan pejantan. Bahkan Judy juga mengimpor beberapa kucing jalanan India yang memiliki pola yang dianggap ideal untuk mewujudkan idenya.

Kucing Toyger
Kucing Toyger (v.tanke)

Pada akhirnya beberapa calon yang akan dijadikan cikal bakal Toyger ini mengerucut ke beberapa kucing. Seekor kucing domestik berbulu pendek bernama Scrapmetal, kucing bengal bernama Millwood Rumpled Spotskin dan Jammie Blu yang berasal dari India.

Singkat kata, pada tahun 1993, Judy kemudian mendaftarkan kucing Toyger ke TICA. TICA menerima statusnya dengan status sementara. Kucing Toyger mendapatkan pengakuan penuh oleh TICA pada Februari 2007.

Kepribadian

Mungkin kucing ini terlihat seperti kucing hutan yang liar. Namun Toyger adalah kucing domestik sepenuhnya. Sifatnya manja, jinak dan penuh kasih sayang. Cinta dan kasih sayang yang diberikan pemiliknya akan dibalas dengan kesetiaan.

Kucing yang lincah dan aktif, suka memanjat, dan sangat menikmati permainan. Aktifitas tingginya karena energi besar yang mereka miliki. Termasuk kucing yang adaptif dan sosial. Cepat beradaptasi di lingkungan dan kebiasaan baru dan cocok dengan hewan peliharaan lain yang tinggal bersamanya.

Kucing Toyger juga memiliki kecerdasan yang baik. Dengan latihan yang tekun, kucing ini bisa mempelajari menerima perintah yang diberikan dan juga melakukan trik-trik sederhana. Sebagian besar Toyger akan sangat menyukai air.

Catatan: kepribadian masing-masing kucing bisa berbeda. Namun kepribadian ini sudah mendarah daging dan tertanam dalam DNA mereka. Jadi bisa saja sifat kucing satu dengan lainnya akan berbeda.

Fisik

Ukuran tubuh kucing Toyger sedang dan memanjang serta bertulang dan berotot kuat. Kepalanya berukuran sedang, telinganya kecil namun lebar, mata terbuka lebar, moncong panjang dan lebar. Ekornya panjang, tidak terlalu tebal dengan ujung tumpul membulat.

Kucing Toyger
Anak Kucing Toyger (misty webb)

Bulu pendek, halus dan lembut. Pola warna dan bulunya digambarkan sebagai gelap dengan latar belakang oranye yang terang dengan dasar warna putih di bagian bulu terdalam yang diperkuat dengan percikan emas di bagian atasnya.

Kesehatan

Sejauh ini belum ditemukan gangguan kesehatan atau penyakit yang serius pada kucing Toyger. Beberapa Toyger ditemui mengalami masalah obesitas dan berpotensi terkena masalah murmur jantung. Obesitas bisa dikendalikan dengan memperhatikan pemberian makanan.

Baca juga: Kucing Termahal, Harganya Fantastis!

Masalah kesehatan lain sama seperti yang dialami oleh kucing pada umumnya. Gangguan kesehatan yang sangat berbahaya dan serius sering disebabkan oleh serangan virus. Beberapa virus sangat berbahaya dan mengancam nyawa kucing seperti distemper kucing. Untuk mencegah virus dibutuhkan penyuntikan vaksin secara rutin.

Perawatan

Bagaimana perawatan kucing Toyger ini? Merawat Toyger sangat mudah. Bulu-bulunya pendek sehingga tidak perlu mendapatkan perhatian khusus dan rumit. Cukup sikat dan sisir saja secara rutin setidaknya dua kali dalam seminggu untuk membantu mengangkat bulu mati.

Mandikan saja seperlunya (tidak perlu sering-sering). Jaga kebersihan telinganya dengan rutin membersihkan kotoran di dalam telinga. Hindari terjadinya penumpukan kotoran yang bisa saja memicu beberapa masalah seperti infeksi telinga dan serangan parasit seperti kutu telinga.

Kucing Toyger
Kucing Toyger (v.tanke)

Satu hal lagi yang penting adalah bersihkan giginya secara rutin. Menggosok gigi kucing secara rutin sangat bermanfaat seperti mengurangi resiko terkena masalah seperti penyakit periodontal pada kucing.

Kucing Toyger adalah kucing mahal dan langka, tentu saja perawatannya harus maksimal. Tentu saja memiliki kucing mahal dan langka tidak boleh disia-siakan begitu saja bukan?

Rentang Usia

Dengan perawatan yang tepat dan ideal serta kondisi kesehatan yang selalu terjaga dengan baik, rentang usia atau harapan hidup kucing Toyger berkisar antara 12 hingga 15 tahun.

Adopsi

Harga Kucing Toyger

Apakah Anda tertarik untuk memelihara kucing yang eksotis ini? Sebagai informasi awal, harga kucing Toyger saat ini berkisar antara Rp. 7.500.000 hingga Rp. 70.000.000 tergantung pada usia, jenis kelamin dan kualitasnya. Dan harga tersebut masih belum termasuk biaya lain seperti biaya impor.

Hal Penting

Sangat penting untuk mengadopsi kucing yang sehat. Beberapa sertifikat kesehatan atau keterangan bahwa kucing yang diadopsi tidak memiliki masalah kesehatan serius sangat dibutuhkan. Dan pastikan memilih breeder atau cattery yang memiliki sertifikasi resmi.

Baca juga: Mengenal Kucing Ocicat yang Eksotis

Serta pastikan kucing yang dibeli juga mendapatkan sertifikat atau Ped (Pedigree) yang diterbitkan oleh organisasi kucing agar mendapatkan jaminan kemurnian ras kucing yang sobat adopsi.

Bagikan di:

Tinggalkan komentar