Kenapa Kucing Tidur di Laptop dan Sangat Menikmatinya

Ketika kita sedang asik mengetik atau menggunakan laptop, tiba-tiba kucing kesayangan kita dengan polos dan santainya duduk atau bahkan tiduran diatas laptop kita. Mungkin hal ini bisa bikin kita jengkel atau mungkin malah bagi sebagian orang terlihat lucu. Tentu kita penasaran dong kenapa kucing tidur di laptop.

Ketika kucing menduduki laptop, dia mempunyai alasannya tersendiri lho sobat. Dan ada penjelasan ilmiah terkait kebiasaan kucing yang satu ini. Baca artikel ini sampai tuntas untuk menemukan jawabannya.

1. Mencari Perhatian

Salah satu alasan yang umum terjadi adalah dia mencari perhatian sobat. Kucing merasa “gatal” ketika sobat mengabaikan dirinya ketika sibuk mengerjakan sesuatu di laptop. Kucing yang manja dan haus kasih sayang akan sering melakukan hal ini kepada kita.

2. Menandai Wilayah

Alasan lainnya kenapa kucing tidur di laptop adalah menandai daerah favoritnya. Dengan ia duduk atau tiduran di laptop maka bau tubuhnya akan menempel dan itu adalah peringatan bagi kucing lain agar tidak berada di area tersebut.

3. Mencari Kehangatan

Laptop setelah beberapa saat digunakan tentu akan mengeluarkan hawa yang hangat. Hawa yang hangat ini memancing niat kucing untuk menguasai area tersebut. Beberapa kucing seperti yang kita ketahui sangat menyukai permukaan yang hangat.

4. Penasaran

Kucing adalah hewan yang suka mencari tahu dan mudah penasaran. Tampilan bergerak-gerak di layar laptop memicu rasa penasaran kucing yang ditandai dengan ia akan mulai memegang atau bahkan cenderung mencakar-cakar layar laptop.

5. Permukaan Keyboard yang Nyaman

Ketika kucing berjalan diatas keyboard laptop dan kemudian tombolnya tertekan bagi beberapa kucing memberikan sensasi rasa nyaman. Kucing menganggap keyboard adalah permukaan lembut seperti busa dan dianggap zona yang sangat nyaman untuk dijadikan tempat tidur.

Perpaduan permukaan hangat, keyboard yang terlihat empuk serta aroma tubuh sobat adalah perpaduan kenyamanan sempurna bagi kucing untuk “mengganggu” kegiatan kita dengan laptop.

Kucing Tidur di Laptop
Kenapa kucing suka tiduran diatas laptop (sumber gambar rd.com)

√ Tips Mengatasi Kucing yang Suka Tidur di Laptop

Kebiasaan tidur dan mengganggu pekerjaan ketika menggunakan laptop tentu tidak bagus. Selain pekerjaan yang bisa tertunda, keyboard tentu bisa cepat rusak ketika tertimpa tubuh kucing yang cukup berat. Belum lagi bulu-bulu kucing yang bisa masuk ke sela-sela keyboard atau sela laptop lainnya.

Ketika kucing sudah terlihat dan terbiasa mendatangi sobat saat menggunakan laptop, siapkan tempat khusus di dekat laptop untuk dia tidur. Ketika kucing mulai merangkak naik laptop, segera angkat dia ke tempat tidur tersebut. Usahakan tempat tidurnya nyaman dan berada dekat dengan sobat. Atau cukup pangku saja kucing agar ia tetap nyaman dan dekat dengan sobat.

Baca juga: Kenapa Kucing Suka Laser dan Mengejarnya?

Kucingmania.net

√ Kesimpulan

Melihat tingkah dan karakteristik kucing yang penasaran adalah hal yang baik. Rasa penasaran kucing menandakan ia aktif dan sehat. Namun jika kucing terlalu sering tiduran diatas laptop tentu juga bukan kebiasaan yang bagus. Selain mengganggu pekerjaan, aktifitas kucing tersebut juga berpotensi membuat laptop kita mengalami kendala teknis.

Oleh karena itu segera lakukan beberapa tips yang sudah disebutkan diatas agar kucing tidak memiliki kebiasaan tidur diatas laptop dan berpotensi mengganggu pekerjaan kita.

Bagikan di:

Tinggalkan komentar