Kenapa Kucing Tidak Menutup Kotorannya?

Tidak semua kucing menutup atau mengubur kotorannya setelah mereka selesai melakukan ritual rutin tersebut. Tentu saja kita normal kalau merasa penasaran kenapa kucing tidak menutup kotorannya tersebut. Ada beberapa alasan utama kenapa si kucing tidak menutup kotorannya dengan pasir.

Beberapa Alasan Kucing Tidak Menutup Kotorannya

Kucing Alpha

Kucing Alpha ada kucing yang suka mendominasi. Salah satu hal yang ia lakukan untuk menunjukkan dominasinya adalah dengan tidak menutup kotorannya. Hal tersebut adalah untuk mengintimidasi siapapun yang ada di sekitarnya bahkan termasuk pemiliknya.

Aku tidak takut siapapun” hal ini adalah kata-kata yang seolah ia ungkapkan dengan tidak menutup kotorannya. Tidak menutup kotoran adalah salah satu hal saja diantara hal-hal lainnya yang dilakukan oleh kucing alpha untuk menunjukkan dominasinya di teritori yang ia tinggali.

Apakah kebiasaan ini bisa dihilangkan? Bisa namun cukup sulit dan menantang untuk melatih kucing alpha mau dan bisa menutup kotoran mereka.

Kenapa Kucing Tidak Menutup Kotorannya
Kucing Alpha cenderung tidak menutup kotoran mereka (sumber gambar fanimal.jp)

Tidak Berbakat

Meski sedari kecil kucing secara genetika memiliki kemampuan alami untuk mengubur kotorannya, masih banyak sebagian besar kucing tidak memiliki “bakat” untuk menutupi kotorannya. Kucing sadar kalau dia harus menutup kotorannya dan dia berusaha menutup kotorannya dengan pasir namun arahnya salah.

Banyak kucing yang sebenarnya berusaha menutup kotorannya namun salah sasaran bukan kotorannya yang ditutupi melainkan titik lain yang tidak ada kotorannya. Dan yang parah, beberapa kucing yang tidak memiliki bakat menutup kotorannya dia meninggalkan begitu saja kotorannya terbuka.

Kotak Pasir Terlalu Kotor

Alasan lain kenapa kucing tidak menutup kotorannya adalah karena pasir mereka terlalu kotor karena belum dibersihkan. Hal ini kerap terjadi pada kucing peliharaan.

Beberapa kucing peliharaan akan melakukan “protes” secara sengaja dengan tidak menutup kotorannya karena pasirnya yang terlalu kotor (banyak kotoran sebelumnya yang belum dibersihkan). Bahkan tingkat protes tertinggi mereka ketika kotak pasirnya kotor, mereka sengaja buang kotoran sembarangan.

Rajin-rajinlah bersihkan pasir mereka dengan membuang kotoran mereka minimal 1 kali dalam sehari dan yang ideal adalah dua kali dalam sehari pada pagi hari dan ketika kita menjelang tidur.

Baca juga: Kenapa Kucing Suka Menggigit dan Apakah Ini Wajar?

Kucingmania.net

Nah itulah beberapa alasan kenapa kucing tidak menutup kotorannya setelah mereka selesai buang hajat. Jadilah pemilik yang mengerti akan kebutuhan kucing dengan selalu memperhatikan kebersihan lingkungan terutama kotak pasir kucing.

Bagikan di:

Tinggalkan komentar